Valentino Rossi Bakal Lanjut Balap GT3 Tahun Depan?

07/08/2021

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Setelah resmi mengumumkan akan pensiun di akhir musim, Valentino Rossi dilaporkan siap mencoba tantangan baru, yaitu dengan mengikuti balap mobil GT3.

Mungkin tak perlu waktu lama bagi Valentino Rossi untuk kembali ke dunia balap setelah menyatakan pensiun dari MotoGP di akhir musim ini. Beberapa waktu lalu, The Doctor disebut-sebut sedang mempersiapkan keinginannya untuk mengikuti balap mobil, salah satunya dengan ajang ketahanan Le Mans 24 Jam hingga GT3.

Siap balapan mobil

Valentino Rossi sepertinya tak ingin jauh dari dunia balap. Bahkan pembalap berusia 42 tahun tersebut sudah mempersiapkan rencana untuk kembali ke trek. Dilansir dari Motor Sport, juara dunia MotoGP sembilan kali ini seringkali mengungkapkan niatnya untuk mengikuti balapan Le Mans 24 Jam.

mobil balap reli yang ditunggangi oleh Valentino Rossi
Ia finish di urutan ke 12 pada Wales Rally GB tahun 2008

Tapi di satu sisi, ia menyebutkan bahwa mengikuti balapan reli lebih berat jika dibandingkan dengan balapan di sirkuit. Rossi juga pernah mencoba balapan GT3 dalam beberapa tahun terakhir dan mengaku bahwa ia lebih menyukai balapan di dalam sirkuit.

“Saya juga melakukan balapan kejuaraan dunia, tetapi bagi saya reli pada akhirnya sulit karena sangat menuntut [daya tahan] dan saya ingin balapan di sirkuit karena saya menyukainya, saya lebih menyukainya,” ungkapnya ketika diwawancara oleh Autosport.

>>> Aksi Valentino Rossi di Balapan MotoGP Bakal Bikin Kangen

Valentino Rossi sedang mengendarai mobil balap F1
Valentino Rossi mengendarai mobil balap F1 di trek Mugello tahun 2008

Bukan hanya Le Mans, tapi ia juga mengkuti berbagai balapan lainnya. Bahkan selama 26 tahun mengikuti ajang MotoGP, Rossi bahkan pernah mencoba berada di balik kemudi mobil balap Formula 1 pada beberapa kesempatan.

“Saya sudah mengatakan bahwa saya suka balapan dengan mobil, hanya sedikit kurang jika dibandingkan dengan sepeda motor,” katanya. “Saya pikir saya akan mengikuti balap mobil mulai tahun depan. Tapi sekarang, [itu] semua masih dalam proses... belum ada keputusan.”

>>> Ternyata Balap Mobil Pernah Jadi Cabang Olahraga di Olimpiade!

Suka dari kecil

Usut punya usut, Rossi memang memulai karirnya di dunia balap melalui Go-Kart. Sang ayah, Graziano Rossi, berpikir bahwa balapan roda empat lebih aman bagi sang anak. Tapi Rossi kemudian beralih ke balapan motor, hingga akhirnya menjadi legenda di dunia balap MotoGP.

“Saya selalu suka balapan dengan mobil, karena saya memulainya dengan go kart,” jelas Rossi. “Graziano takut balapan motor karena banyak cedera. Dan dia berpikir bahwa mobilnya sedikit lebih aman. Jadi saya mulai dengan go kart. Dan setelah dua atau tiga tahun dengan go kart. Saya mencoba sepeda mini, dan untungnya saya balapan dengan sepeda motor.”

Valentino Rossi mengendarai go-kart dengan helm
Rossi kecil ikut dalam kejuaraan go-kart

Dalam wawancara dengan Motor Sport di tahun 2008 silam, Rossi menyebutkan bahwa ia berencana untuk masuk ke arena balapan mobil setelah pensiun dari MotoGP.

“[Mobil] tetap di hati saya,” katanya. “Dan selama karier dengan motor ini, saya selalu berusaha meningkatkan keterampilan saya dengan mobil untuk balapan di kemudian hari.”

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top