V60 akan Menjadi Mobil Bermesin Bensin Terakhir yang Dikembangkan Volvo

26/02/2018

Pasar mobil
V60 akan Menjadi Mobil Bermesin Bensin Terakhir yang Dikembangkan Volvo
Kita sudah tahu apa rencana Volvo selanjutnya: fokus pada pengembangan mobil listrik. Tentu saja hal ini menjadi akhir dari mesin bensin mereka. Mesin pembakaran V6 terbaru saat ini akan menjadi yang terakhir bagi Volvo.

Berfokus pada sisi pembakaran internal, Volvo mengumumkan berkali-kali bahwa ketenagalistrikan sangat penting bagi kelangsungan hidup para produsen mobil tahun 2020 dan seterusnya. Inilah yang memacu Volvo untuk meninggalkan sistem ‘gaya lama’ dan memandang masa sepan dengan mobil listrik.

Gambar yang menunjukan tampilan mesin bensin turbocharged pada mobil

V60 akan menjadi mesin bensin terakhir yang dikembangkan Volvo

Secara umum, perusahaan akan mengembangkan powertrains hibrida yang lebih kuat dan efisien sampai  nanti akhirnya bergerak sepenuhnya ke tenaga listrik. Tentu tidak mengherankan, namun hal yang mengejutkan adalah mesin internal turbocharged V60 akan menjadi mesin pembakaran bensin terakhir yang dikembangkan Volvo.

>>> Baca juga Review Volvo V40

Hal inilah yang diungkapkan oleh CEO Volvo, Hakan Samuelsson, ketika melakukan presentasi mobil terbaru Volvo, V60 di Stockholm, Swedia. Terlebih, Samuelsson tahun lalu mengatakan bahwa model berbahan bakar diesel akan dipunahkan pada tahun 2023.

Pembuat mobil asal Swedia ini tidak berhenti pada pergantian dari pembakaran internal ke kendaraan listrik berbaterai. Selama presentasi tersebut, CEO menjelaskan bahwa “…mesin inline single atau twin-charged saat ini mewakili keluarga bensin terakhir Volvo.”

Gambar yang menunjukan mesin bensin turbocharged yang ada pada Volvo V60

Mesin turbocharged Volvo V60 2018

Pergantian ini sepertinya akan terjadi secepatnya. Dengan generasi baru arsitektur SPA yang direncanakan pada tahun 2021, Volvo juga akan terus menggunakan generasi ICE yang telah banyak mendapatkan modifikasi.

Tak hanya itu, dalam pembuatan platform barunya, Samuelsson juga menjelaskan bahwa Volvo akan terus mengandalkan baja Swedia dan memprioritaskan keselamatan penumpang. Hal ini tetap menjadi masalah utama Volvo, namun menjadi lebih ringan dengan pondasi yang dibangun Volvo selama beberapa tahun belakangan ini.

>>> Baca juga berita pasar mobil lainnya disini

Kabar baiknya adalah armada V60 akan memainkan peran uatam dalam barisan marque, meski beralih ke model SUV. Namun, kendaraan khusus, seperti coupe atau pick up tidak ada dalam list. Deretan mobil ini akan dikembangkan dan diluncurkan oleh Polestar yang sekarang menjadi merek mandiri di bawah payung Volvo.

Gambar yang menunjukan contoh aplikasi infotainment Volvo dengan proses pembuatan yang bekerja sama dengan Google

Perkembangan infotainment Volvo akan menghadirkan aplikasi berbasis Google

Dalam berita terkait, Volvo akan beralih ke sistem infotainment berbasis Android tahun depan. Perangkat lunak baru ini akan menghadirkan aplikasi berbasis Google dengan menu yang lebih baik. Selain itu, V60 akan ditawarkan dengan program berlangganan Volvo Car terbaru yang sudah mendapatkan 100 pemesanan dari seluruh dunia.

>>> Baca juga berita otomotif lainnya disini

 
back to top