Update Google Maps Terbaru Sudah Tersedia untuk Apple CarPlay

26/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Update Google Maps Terbaru Sudah Tersedia untuk Apple CarPlay
Bagi pemilik Apple CarPlay maupun iPhone kini sudah bisa mengunduh versi Google Maps terbaru 5.55. Namun jangan kaget kalau mengalami sedikit masalah ketika akan menjalankan aplikasi tersebut untuk pertama kalinya setelah diunduh.

Selain Apple Maps yang sudah menyediakan versi perbaikan terbaru, Google juga baru saja mengumumkan ada versi update dari aplikasi kompetitor Apple Maps. Dan pihak Google menegaskan, kalau update Google Maps terbaru ini lebih ditujukan bagi pengguna iPhone dan Apple CarPlay.

Hal ini karena semakin banyak produsen otomotif yang menawarkan mobil dengan head unit sudah berbekal fitur Apple CarPlay. Selain itu, Google Maps juga bukan lagi didominasi para pengguna Android. Pemilik iPhone pun nyatanya semkain marak yang menyukai aplikasi peta digital besutan dari Google tersebut.

Ada beberapa perbaikan yang dilakukan Google pada aplikasi navigasi digital unggulannya. Terutama tentu ditujukan bagi para pengguna Apple seperti pemilik iPhone atau CarPlay yang selama ini masih mengalami masalah saat menjalankan Google Maps.

>>> Polisi India Gunakan Google Maps untuk Atasi Kemacetan

Google Maps 5.55 Bisa Diunduh dan Terpasang pada Semua Sistem iOS

Update Google Maps 5.55

Diklaim sudah atasi masalah koneksi GPS pada iPhone dan CarPlay

Dikutip dari Autoevolution, Senin (26/10/2020), Google telah mengumukan ketersediaan Google Maps 5.55 awal pekan ini. Versi Google Maps terbaru itu sudah bisa diunduh melalui Apple Play Store dan terpasang pada semua sistem iOS serta perangkat Apple CarPlay.

Google memang tidak menjelaskan secara rinci apa saja pembaharuan dari versi anyar aplikasi peta digital tersebut. Namun menurut klaim Google, semuanya adalah masukan dari apra pengguna aplikasi digital tersebut. Diantaranya penyempurnaan sistem pelacakan GPS pada iPhone yang selama ini menjadi masalah pengguna iPhone yang mengakses Google Maps.

Karena tanpa data GPS yang akurat, tentunya aplikasi tidak dapat menentukan lokasi pengguna secara tepat demi menentukan rute yang harus ditempuh saat penggunanya akan menuju titik lokasi tertentu. Akhirnya aplikasi ini bisa menampilkan rute jalan yang keliru.

>>> Ingin Gunakan Apple CarPlay Secara Wireless di Mobil BMW? Ikuti Cara Singkat Berikut Ini

Masih Banyak Dikeluhakan Penggunanya

Google Maps Apple CarPlay

Semua versi iOS dan CarPlay sudah bisa update Google Maps 5.55

>>> Review BMW Seri-4 Convertible 2021: Kesan Mewah Penuh Kebebasan Gaya BMW

Walau sudah diumumkan versi updatenya, ternyata para pengguna Google Maps terbaru masih banyak yang mengelukan aplikasi tidak berjalan mulus. Sejumlah pengguna CarPlay mendapati setelah mengunduh versi terbaru Google Maps, maka ketika aplikasi dijalankan malah layar head unit berubah jadi hitam. Hal yang sama juga terjadi disejumlah pengguna iPhone, bahkan aplikasi ini menyebabkan iPhone reboot.

Namun sejumlah pengguna lainnya memberikan solusi untuk mengatasi masalah pada Google Maps ini. Caranya adalah menutup terlebih dulu aplikasi tersebut, kemudian mengkoneksikan ponsel ke head unit, baru membuka kembali aplikasi itu. Masalah ini pun diketahui tidak terdampak pada semua pengguna iPhoen dan CarPlay, serta hanya terjadi saat pertama kali aplikasi dijalankan setelah diunduh.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Huawei Luncurkan Petal Maps, Aplikasi Navigasi Digital Pesaing Google Maps

23/10/2020

Event - Promosi

5 menit

Mengingat pengguna Huawei tak bisa menikmati layanan yang disediakan Google termasuk Google Maps, maka diluncurkanlah Petal Maps sebagai aplikasi navigasi peta digital.

Lihat juga

Google Maps Bisa Terhubung dengan Fitur Adaptive Cruise Control

18/09/2020

Pasar mobil

5 menit

Semakin maju perkembangan teknologi informasi, maka bisa seiring sejalan dengan perkembangan pula di dunia otomotif. Misalnya Google Maps yang kabarnya sudah bisa terintegrasi dengan fitur Adaptive Cruise Control.

Lihat juga

Tips Menghubungkan Android Auto pada Update Terbaru Google

03/09/2020

Perawatan dan service

2 menit

Laporan terbaru mengungkapkan Google sudha meluncurkan tampilan baru dari Android Auto pada mobil. Ini cara menghubungkan Android Auto pada update terbaru.

Lihat juga

Tampilan Perdana Google Maps dan Waze Pada iOS 12 Apple CarPlay

23/09/2018

Pengemudian

Dengan iOS 12 baru, Apple menambahkan dukungan untuk layanan pemetaan atau navigasi dari pihak ketiga, yaitu Google Maps. Penambahan ini membuat pengguna Apple CarPlay bisa menggunakan navigasi asli Google tersebut.

Lihat juga

Tak Ingin Tersesat? Hati-Hati dengan Google Maps!

07/01/2019

Pengemudian

Google Maps paling sering jadi rujukan mencari jalan tercepat ke satu tempat. Namun terkadang, hasil yang ditunjukkan tak sesuai dengan harapan. Bermaksud menemukan jalan tercepat, pengguna kadang malah tersesat.

Lihat juga
 
back to top