Update Apple Maps Mudahkan Pengguna Mobil Listrik

25/10/2020

Pasar mobil

5 menit

Share this post:
Update Apple Maps Mudahkan Pengguna Mobil Listrik
Apple Maps sudah mendapat perombakan total dengan menambahkan banyak fitur baru terutama untuk menciptakan perjalanan yang lebih ramah lingkungan. Namun mungkin dibeberapa negara di luar Amerika Serikat fitur-fitur ini belum berfungsi optimal.

Apple telah mengumumkan ada pembaharuan total untuk Apple Maps. Ada banyak fitur baru yang disuntikkan pada aplikasi navigasi digital tersebut. Menurut Apple, semuanya demi meningkatkan kesadaran berkendara yang lebih ramah lingkungan.

Dan perusahaan juga menjanjikan, kalau fasilitas update untuk aplikasi mobile tersebut bukan hanya bisa dinikmati oleh pengguna di Amerika Serikat (AS) namun juga negara dan kota-kota lain diseluruh dunia. Sebagai tahap awal, sepertinya Apple akan mengumumkan kalau pengguna di Kanada sudah bisa mengunduh versi terbaru dari Apple Maps tersebut. Karena aplikasi ini terdeteksi tengah dilakukan uji coba oleh sejumlah kelompok terbatas.

Sayangnya sampai saat ini perusahaan yang berbasis di Cupertino itu tetap bungkam terkait apa saja detil fitur-fitur baru dari aplikasi peta digital itu yang bisa dinikmati oleh pelanggan di luar Amerika Serikat.

>>> SmartNavi Diklaim Lebih Baik dari Google Maps dan Waze, Benarkah?

Apple Maps Berikan Fitur Baru yang Lebih Lengkap Bagi Pengemudi

Update Apple Maps

Fitur-fitur baru di versi update ini baru bisa dinikmati pengguna di Amerika Serikat

Dikutip dari Autoevolution, Sabtu (24/10/2020), jika melihat update peta digital besutan Apple untuk pengguna di Amerika Serikat, maka ada banyak fitur baru yang disematkan. Misalnya keterangan tentang lampu lalu lintas, serta indikator untuk berhenti di sepanjang rute jalan yang akan dilalui penggunanya.

"Dengan iOS 14, Maps semakin memudahkan navigasi dan penjelajahan dengan cara yang lebih ramah lingkungan. Dengan menggunakan zona kemacetan untuk membantu mengurangi lalu lintas di area padat , ekarang Maps memungkinkan penggunanya melihat zona ini di peta, termasuk rute disekitarnya," tulis keterangan resmi Apple.

Selain dapat menampilkan zona kemacetan, update Apple Maps juga akan memberikan petunjuk rute untuk para pesepeda, memeriksa jam-jam sibuk disebuah ruas jalan, sampai rute yang direkomendasikan jika menggunakan kendaraan listrik dengan menambahkan informasi fasilitas pengisian daya listrik di sepanjang rute yang akan ditempuh itu.

>>> Ini Dia Sumber Tenaga Terbarukan Ideal Untuk Isi Ulang Daya Mobil Listrik

Bisa Diunduh di Apple CarPlay

Apple CarPlay

Pengguna CarPlay bisa mengunduh versi terbaru Maps dari Apple

>>> Review Nissan Skyline 2020: Sang Legenda Kini Makin Canggih

Untuk beberapa negara, versi terbaru dari Apple Maps ini sudah tersedia di Apple iStore. Aplikasi navigasi tersebut juga bukan cuma bisa diunduh dan dipasang pada perangkat iPhone bersistem operasi iOS 14, namun juga pada CarPlay. Khusus di CarPay, tersedia pula aplikasi tambahan yang bisa digunakan untuk kendaraan listrik (EV/Electric Vehicle).

Selain di Amerika Serikat, Apple juga telah menyediakan update untuk Apple Maps bagi penggunanya di Inggris Raya dan Republik Irlandia. Namun aplikasi ini baru bisa dinikmati jika pengguna telebih dulu update iOS 14. Sementara untuk negara lain, masih menunggu pengumuman berikutnya dari Apple.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top