Update 5 Fitur Google Maps Terbaru, Ada yang Khusus Pandemi

24/05/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Yang terbaru update fitur Google Maps setelah pembaharuan dari Google menawarkan berbagai peningkatan dalam peta, terlebih untuk perjalanan di masa pandemi.

Lima fitur Google Maps terbaru telah diumumkan selama keynote Google IO 2021 beberapa waktu lalu. Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa berkendara di jalanan. Mencakup berbagai fitur baru yang memungkinkan Anda mengetahui lebih tepat posisi dan informasi tempat yang Anda tuju. Berikut beberapa fitur baru yang dipersiapkan Google untuk Anda.

1. Peningkatan kualitas peta

Pembaruan terbaru yang mungkin paling sering digunakan adalah pemilihan rute yang memiliki peluang terendah untuk momen “pengereman dengan keras”. Yaitu Google memprediksi jalanan dan menghindari rute yang memiliki potensi kemacetan lalu lintas yang mendadak, persimpangan yang membingungkan, maupun penutupan jalan.

pembaharuan dari rute peta Google Maps
Pembaharuan Maps akan memilih rute yang lebih aman

Google mengklaim teknologi terbarunya akan membantu mengurangi jumlah kecelakaan di jalanan raya. Klaim ini disampaikan setelah melakukan pengembangan dengan Virginia Tech Transportation Institute guna mengurangi 100 juta insiden yang mungkin terjadi setiap tahunnya.

Google menyebutkan bahwa pembaharuan ini akan mengambil rute tercepat dan mengevaluasi peta serta jalanan. Jika ada perkiraan waktu tempuh yang sama atau hanya sedikit lebih lama, maka Google akan memiliki rute yang paling aman.

>>> Ulang Tahun ke-15, Logo Anyar dan Fitur Baru Google Maps

2. Peta yang lebih detail

Bersaing dengan aplikasi lainnya, Google menambahkan lebih banyak detail ke petanya. Bertujuan untuk memberikan pengguna gambaran yang lebih jelas mengenai suatu area, mulai dari informasi tentang penyeberangan dan trotoar, hingga area yang bisa diakses oleh pengguna kursi roda.

Maps tentang lampu penyeberangan dan trotoar
Maps menawarkan peta yang lebih detail tentang rambu-rambu

Peta jalan yang lebih terperinci saat ini hanya tersedia di beberapa kota. Tapi Google akan memperluas jangkauannya hingga 50 kota besar lainnya pada akhir tahun 2021. Kota-kota seperti Seattle, Singapura, Berlin, dan Sao Paulo semuanya akan mendapatkan peningkatan tahun ini.

3. Penyesuaian peta

Tambahan detail lainnya seperti menawarkan penyesuaian yang lebih baik bagi peta yang ditampilkan. Contohnya bagi Anda yang ingin menghapus informasi yang tidak diinginkan, maupun menyimpan informasi yang penting bagi Anda. Termasuk menawarkan tempat umum yang menarik ketika Anda berkendara di daerah yang baru berdasarkan kesukaan dan aktivitas Anda sebelumnya.

penyesuaian rute dan aktivitas dari Google Maps
Ada berbagai informasi yang sesuai dengan preferensi Anda

Fitur Google Maps baru juga bisa mempelajari rute dan aktivitas yang sering Anda lakukan. Misalnya sering mampir ke kedai kopi setiap pagi, Maps akan menampilkan berbagai kedai kopi sepanjang perjalanan. Sementara malam hari, Maps akan menyoroti restoran dan bar.

>>> Jangan Panik! Fitur Google Maps Baru Berikan Peringatan Ketika Bencana

4. Pembaharuan Live View

Penyempurnaan Live View di Google yang akan diluncurkan di Android dan iOS secara global dalam beberapa bulan mendatang menawarkan tampilan jalanan berbentuk AR (Augmented Reality). Fitur ini akan memaparkan informasi penting seperti nama jalan dan arah navigasi langsung dari kamera smartphone Anda.

peta Augmented Reality yang lebih jelas
Live View menawarkan peta dengan tampilan Augmented Reality

Live View luar ruangan sudah dipasang di 100 negara, termasuk pembaharuan Live View dalam ruangan, termasuk di pusat perbelanjaan, bandara, stasiun kereta api, dan museum. Live View dalam ruangan yang diperbaharui siap diluncurkan pertama kali di Zurich, diikuti di Tokyo pada bulan berikutnya, dan berbagai kota di belahan dunia di masa mendatang.

>>> Fitur Baru dan Google Maps Dark Mode di Update Anyar Android Auto

5. Peningkatan paska pandemi

Pandemi COVID-19 membuat kita lebih berhati-hati ketika berada di tempat umum. Orang-orang berusaha menghindari tempat-tempat yang sibuk dan ramai, memungkinkan untuk menjaga jarak lebih efektif. Google melihat tren paska pandemi ini dan sedang mengembangkan fitur untuk menandai area yang sibuk di Google Maps.

peta yang menjelaskan jika ada jalanan sibuk
Fitur Google Maps menawarkan informasi jalanan atau tempat yang sibuk

Google sudah memberikan informasi mengenai lokasi tertentu, seperti restoran dan bar. Namun pembaharuan ini memberikan informasi tentang seluruh area. Tujuannya untuk membantu pengguna mengetahui apakah jalanan atau lingkungan tersebut lebih sibuk dari biasanya

Google telah merilis pembaharuan ini pada 18-21 Mei lalu. Rencananya fitur Google Maps baru ini bisa diunduh dalam waktu dekat di semua platform pengguna Android dan iOS. Kapan masuk ke Indonesia? Sepertinya Anda harus menunggu sedikit lebih lama.

>>> Tips dan trik seputar otomotif lainnya bisa ditemukan disini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top