Upaya TAM Tekan Harga Toyota C-HR Hybrid di Indonesia

14/03/2019
PT Toyota-Astra Motor (TAM) secara terang-terangan mengutarakan niat membawa Toyota C-HR Hybrid masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Meski waktu persisnya masih tanda tanya, persiapan produknya sudah berjalan. Proses yang tengah dilakukan salah satunya menetapkan harga Toyota C-HR Hybrid agar kompetitif.

Toyota C-HR Hybrid Warna Biru

Wujud eksterior Toyota C-HR Hybrid.

Mobil crossover Toyota C-HR Hybrid dapat dipastikan akan menjadi salah satu mobil Toyota yang meluncur di Indonesia tahun ini. CintaMobil.com mendapatkan informasi tersebut dari Direktur Pemasaran PT Toyota-Astra Motor Anton Jimmy Suwandi pekan lalu.

Dirinya pun menjelaskan proses yang sedang dijalani Toyota untuk menghadirkan C-HR terbaru dalam bentuk Completely Build Up (CBU) dari Thailand. Salah satu tahap yang tengah dijalani ialah finalisasi harga.

>>> [Infografik] Sang Pencipta Mobil Hybrid Pertama, Ferdinand Porsche

Untuk hal ini Toyota terus melakukan koordinasi dengan prinsipal di Jepang untuk memberikan harga Toyota C-HR Hybrid yang terbaik untuk Indonesia. TAM pun berharap bisa jual mobil hybrid murah untuk model-model selanjutnya.

“Persiapan yang juga belum kita finalisasi adalah masalah harga. Price positioning juga lagi kita bicarakan dengan prinsipal. Tapi pastinya kita ingin supaya kali ini benar-benar harganya memang kompetitif. Supaya kita ingin hybrid ini, bukan hanya jualan C-HR tapi kita ingin jualan hybrid model yang harganya cukup memadai dibandingkan dengan hybrid-hybrid lainnya,” ungkap Anton.

>>> Simak kumpulan informasi menarik dari industri mobil di sini.

Tak kalah penting, persiapan menjual Toyota C-HR Hybrid juga meliputi aspek pelayanan purna jualnya. Anton mengakui pelayanan teknis untuk mobil hybrid berbeda dengan produknya yang masih menggunakan mesin biasa. “Dari sisi salesnya, kemudian dari sisi service-nya. Apalagi ini hybrid ya jadi butuh persiapan dari sisi tools, kemudian man power-nya. Ini berbeda persiapannya dan skill-nya dibanding mobil biasa,” sambungnya.

Toyota C-HR Hybrid Warna Putih Sedang Melajur

Toyota tidak terlalu ngotot jual Toyota C-HR di Indonesia.

Di lain sisi, konsumen yang menaruh minat pada mobil crossover Toyota C-HR Hybrid perlu sigap meluncur ke dealer nantinya karena jumlah yang masuk terbilang sangat sedikit. Anton menyebut jumlahnya yang diimpor per bulan tak lebih dari 30 unit. Jumlah tersebut mengacu pada penyerapan produknya yang memang sangat kecil.

>>> Ingin membeli mobil baru? Lihat dulu daftarnya di sini

“Dari awal kita sudah tahu ini segmennya ke niche segmen ya. Jadi saya rasa penjualan 20 sampai 30 unit tak ada masalah buat Toyota,” imbuhnya.

Kehadiran Toyota C-HR Hybrid nantinya akan melengkapi varian mobil crossover Toyota yang satu ini. Sekarang yang tersedia di pasaran ialah C-HR dengan mesin 1.800cc dilengkapi CVT (Continuously Variable Transmission).

>>> Tertarik dengan Toyota C-HR? Lihat daftar mobil Toyota C-HR dijual di CintaMobil.com.

Prastya

Ulasan anda

berita lain