Untuk Pertama Kalinya, Tol Listrik Hadir Di Jerman

24/05/2019

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Untuk Pertama Kalinya, Tol Listrik Hadir Di Jerman
Selamat datang di pintu masa depan. Itulah kiranya kesan pertama ketika mengetahui kebijakan tol listrik di Jerman. Langkah tersebut diambil baru-baru ini dan sudah mulai masuk dalam tahap uji coba di jalan raya Jerman. Tentu, pergerakan inovatif ini akan diadaptasi oleh berbagai negara lainnya dalam beberapa tahun ke depan. Kira-kira apa canggihnya?

Tol listrik merupakan teknologi otomotif terbaru yang dirancang langsung oleh Siemens. Hal positif semacam ini mendapat respon lebih lanjut dari Pemerintah Jerman dengan menggelontorkan dana sebesar 70 juta Euro untuk merealisasikannya.

>>> Baca juga: Apa Alasan Teknologi Mobil Di Luar Negeri Lebih Canggih?

Teknologi ini memanfaatkan rangkaian kabel yang nantinya akan dipasang di setiap ruas jalan tol. Setiap truk yang tersambung dengan kabel tersebut akan mendapatkan daya listrik secara langsung. Dampaknya? Siemens menjelaskan akan ada dua keuntungan dari sistem eHighway yakni bahan bakar lebih efisien karena menggunakan listrik serta menjaga kestabilan truk.

Jerman melakukan tes uji coba tol listrik untuk truk

>>> Ingin ganti mobil baru? Coba simak dulu harga mobil lengkap di Indonesia berikut ini

Siemens juga percaya bahwa sistem eHighway akan menghemat biaya bahan bakar hingga 20.000 Euro untuk setiap 100 Km yang dilalui. Dampak positif lainnya juga diklaim dapat mengurangi emisi gas buang CO2 dan Nitrogen sehingga lebih ramah lingkungan.

Tol Listrik Untuk Truk Di Jerman sudah mulai diberlakukan di tahun 2019 ini

Di Jerman, teknologi terbaru ini dinamai Electric Highway Toll

Untuk saat ini, Jerman baru mengaplikasikannya di Autobahn, di antara bandara Frankfurt dan Industrial Park. Dua ruas jalan tol listrik juga akan dihadirkan dalam waktu dekat. Memang tak dipungkiri, kebijakan ini sejalan dengan upaya Jerman dalam menghadapi tantangan mengurangi emisi gas buang hingga tahun 2050 mendatang.

>>> Simak terus berita otomotif terupdate dari dalam dan luar negeri hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Ada Banyak Kemajuan, Inilah Ragam Teknologi Mesin Diesel Modern

25/04/2019

Pengemudian

Mesin diesel modern telah menjelma menjadi mesin yang perkasa dengan banyak keuntungan untuk konsumen. Kapabilitas itu tidak lepas dari kandungan teknologi di dalamnya. Sudah ada banyak kemajuan pada dan beragam teknologi mesin diesel modern yang digunakan pada mobil-mobil masa kini.

Lihat juga

Mulai 2022, Kendaraan di Eropa Akan Dipasang Teknologi Pembatas Kecepatan

03/04/2019

Pengemudian

Dengan perkembangan teknologi yang dipasang pada kendaraan bermotor, berbagai fitur keselamatan wajib untuk kendaraan baru, termasuk teknologi pembatas kecepatan akan diperkenalkan di Uni Eropa (UE).

Lihat juga

5 Teknologi Otomotif Terbaru yang Memenuhi Geneva Motor Show 2019

08/03/2019

Event - Promosi

Sama seperti industri otomotif yang selalu berkembang, teknologi juga mendapatkan pergantian dan disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Dan dalam Geneva Motor Show 2019 ini, ada banyak teknologi otomotif terbaru yang dipamerkan.

Lihat juga

Masa Depan Kian Dekat, Hyundai Siapkan Teknologi Membuka Mobil Tanpa Kunci

Semakin banyaknya pencurian mobil yang menggunakan kunci fob membuat Hyundai memikirkan cara baru yang mungkin bisa dibilang radikal, yaitu menghilangkan kunci mobil. Lalu, bagaimana cara membuka mobil tanpa kunci?

Lihat juga

Lebih Banyak Teknologi, Mobil Lebih Rentan Terhadap Serangan Siber

Dewasa ini, produsen berlomba-lomba meningkatkan teknologi kendaraan, salah satunya memberikan fitur keyless entry. Tetapi tahukah Anda, fitur-fitur canggih tersebut membuat mobil lebih rentan terhadap serangan siber, menurut laporan terbaru.

Lihat juga
 
back to top