Untuk Kedua Kalinya Suzuki Ertiga Diuji Tabrak Oleh ASEAN NCAP, Hasilnya?

03/12/2019

Pasar mobil

3 menit

Untuk Kedua Kalinya Suzuki Ertiga Diuji Tabrak Oleh ASEAN NCAP, Hasilnya?
Suzuki All New Ertiga tak hanya dinikmati warga Indonesia, tapi juga di ekspor ke mancanegara. Lantas, seberapa amankah mobil buatan Cikarang ini? Berikut hasil uji kecelakaan yang dilakukan ASEAN NCAP!

Uji tabrak atau uji kecelakaan New Car Assessment Program (NCAP) jadi salah satu cara konsumen mengetahui seberapa produk otomotif aman buat dikendarai. Uji ini juga penting bagi produsen sebagai bahan evaluasi terhadap kekurangan yang dimiliki untuk kemudian melakukan perbaikan-perbaikan.

Suzuki All New Ertiga, sebagai mobil keluarga yang cukup laris manis hingga ke luar negeri pastinya sangat memperhatikan sisi keselamatan pengemudi dan penumpangnya. Mobil buatan pabrik Suzuki Cikarang ini baru saja melalui uji tabrak kedua ASEAN NCAP setelah yang pertama tahun 2016 silam mendapatkan bintang 4. Bagaimana hasil uji tabrak kedua kali ini?

ASEAN NCAP melakukan uji tabrak Suzuki All New Ertiga pada bulan Agustus 2019

Dari tiga kategori penilaian yaitu Adult Occupant Protection (Perlindungan Penumpang Dewasa), Child Occupant Protection (Perlindungan Penumpang Anak), dan Safety Assist (Alat Bantu Keselamatan), Suzuki All New Ertiga GX 1,5L MT (unit yang digunakan untuk test) mendapatkan skor 65,41 poin. Rinciannya Adult Occupant Protection 35,66 point, Child Occupant Protection 18,85 poin dan Safety Assist 10,90 poin. Atas hasil penilaian ini Suzuki All New Ertiga kembali mendapat bintang 4 ASEAN NCAP.

Artinya mobil ini memiliki memiliki fitur keselamatan yang baik, terutama karena mobil sudah dilengkapi dengan dua airbag, sistem pengereman ABS, dan seatbelt warning untuk penumpang baris depan, dan juga electronic stability control (ESC).

>>> Baca selengkapnya Review Suzuki All New Ertiga GX MT 2019 di sini!

Lebih lengkapnya, Anda bisa lihat hasilnya pada frame berikut!

Sebagai catatan, Suzuki All New Ertiga merupakan line up andalan PT Suzuki Indomobil Sales untuk pasar Indonesia, selain Carry PU. Sejak diluncurkan di ajang Indonesia International Motor Show (IIIMS) 2018 silam, mobil keluarga 7 penumpang ini terus memberikan kontribusi cukup besar.

Mobil ini mengalami perubahan total dari pendahulunya baik dari sisi dimensi, desain, fitur hingga dapur pacu. Dimensi All New Ertiga kini lebih besar yang membuat ruang kabin semakin nyaman dan lega. Desainnya juga lebih kekinian. Sedangkan untuk fitur, baik keselamatan, keamanan maupun hiburan terbilang cukup lengkap. Begitu pula dengan dapur pacunya, kini lebih bertenaga dibanding Ertiga lama karena penggunaan mesin yang lebih besar.

>>> Tertarik membeli mobil Suzuki, Cek koleksi dan harganya di sini!

>>> Simak juga berita otomotif terkini lainnya di Cintamobil.com

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top