Uniti Memperkenalkan Mobil Masa Depan yang Ramah Lingkungan

15/12/2017

Pasar mobil
Share this post:
Uniti Memperkenalkan Mobil Masa Depan yang Ramah Lingkungan
Penemuan mobil listrik selama beberapa dekade sebelum ini terlihat sama dengan mobil bertenaga gas dengan menukar mesin menjadi baterai. Seiring perkembangan tersebut, sebuah start up di Swedia mengemukakan gagasan tentang mobil listrik terbaru.

Sejauh ini, mobil listrik yang ditampilkan oleh kebanyakan produsen mobil ternama menunjukan mobil yang sama dengan mobil berbahan bakar minyak biasa. Tapi, Uniti berpikiran berbeda. Start up yang meluncurkan prototype mobil listrik terbarunya mulai mengajak kita untuk berpikir kembali tentang ukuran mobil masa depan.

sebuah mobil listrik Uniti dengan penampilan sangat unik berwarna silver

Mobil listrik terbaru dari Uniti

Kepada Fast Company, CEO dan pendiri Uniti, Lewis Horne menjelaskan bahwa mobil yang besar akan menghambat aktifitas pengemudi yang kebanyakan hanya bolak balik daerah perkotaan saja. Dia menjelaskan, “Pergeseran ke mobil listrik itu positif. Tapi jelas kita masih membuat kendaraan bermesin bahan bakar tradisional. Dengan badan mobil yang berat, baterai tidak membawa penumpang, tetapi lebih membawa bodi mobil yang terlalu berat tersebut.”

Prototype terbaru buatan Uniti ini mempunyai rangka dari karbon fiber, lebih ringan dibandingkan rangka mobil biasa. Meskipun karbon tersebut tidak bisa bertahan untuk selamanya, karbon fiber tersebut bisa di daur ulang. Dan Uniti mengetakan bahwa serat karbon berbasis bio bisa menjadi pilihan di masa depan.

Lewis Horne, CEO dan pendiri Uniti sedang berbicara dengan journalis dalam sebuah pameran otomotif

Lewis Horne, CEO dan pendiri Uniti

Baterai mobil ini juga lebih kecil, hanya 22kWh, bandingkan dengan baterai sebesar 100kWh yang dimiliki oleh mobil-mobil Tesla. Tapi jangan salah, baterai tersebut bisa tahan sampai sejauh 186 mil, atau hampir 300 km. Cukup untuk pemakaian sehari di dalam kota.

>>> Berminat berita baru mengenai pasar otomotif, jangan ragu mengklik di sini!

Selain itu, pengguna mobil ini bisa melakukan pengisian ulang secara gratis selama 5 tahun di rumah masing-masing. Hal ini bisa dilakukan karena Uniti melakukan kerjasama dengan menggunakan listrik tenaga surya, sehingga mobil ini memiliki jejak karbon yang lebih sedikit.

>>> Mungkin Anda berminat, Pemerintah Mengembangkan Pembangunan Mobil Listrik Untuk 2025

Sebuah perusahaan energy Eropa, E.On, akan membeli energi matahari untuk mengimbangi pengisian rumah dan biaya pengisian akan dibebankan pada tagihan listrik.

Meskipun saat ini hanya dipasarkan di Swedia, Horne berharap mobil ini bisa dipasarkan ke seluruh Eropa mupun dunia. “Mobil kami tidak dirancang untuk memecahkan masalah emisi, kemacetan, biaya, serta kerumitan mengemudi dan memiliki mobil. Ini adalah rencana jangka panjang kami”

Share this post:
 
back to top