Mantan Pebalap Formula E Sulap Velg Mobil Jadi Case PC Gaming

20/09/2021

Pasar mobil

2 menit

Mantan pembalap Formula E, Daniel Abt, dan YouTube 'der8auer' merakit PC gaming menggunakan case yang tidak biasa, yaitu menggunakan sebuah velg mobil.

Dampak lain dari pandemi seiring dengan meningkatnya lockdown hingga pembatasan jarak atau social distancing membuat sebagian orang mengulik banyak hal. Salah satunya adalah Daniel Abt, mantan pembalap Formula E dari rumah tuning ABT Jerman dengan YouTuber der8auer merakit sebuah velg mobil menjadi PC gaming.

Ajak der8auer

Melalui video yang diunggah di akun YouTube der8auer, pembalap kelahiran Swedia tahun 1992 ini ingin memiliki PC gaming miliknya sendiri. Namun ia tidak hanya membuat casing komputer biasa. Ia mengajak seorang insinyur overlocking ekstrim Roman Hartung yang menggunakan alias ‘der8auer’ mengubah velg yang dimilikinya menjadi casing komputer.

Youtuber dan mantan pembalap Formula E Daniel Abt
Daniel Abt yang merupakan mantan pembalap Formula E

>>> Audi e-Tron GT Ternyata Pakai Velg Berteknologi Khusus

Bagi Anda yang belum tahu, der8auer dikenal sebagai salah satu desainer komputer yang pernah merakit berbagai komputer kelas dunia. Yang paling populer adalah seri 011 yang dirakit dari Lian Li, salah satu manufaktur aksesoris dan case komputer dari Taiwan.

Memulai karir professional di Formula 3 Euro Series, Daniel debut pertama kali di Formula E pada tahun 2014 ketika bergabung dengan Audi Sport ABT Schaeffler dan NIO 333 FE Team. Ia akhirnya mengumumkan hiatus dari Formula E setelah finish di posisi ke-21 pada balapan tahun 2020 lalu.

>>> Velg Mobil Ini Butuh Waktu 5 Tahun Sampai Bisa Diproduksi, Kok Bisa?

Pakai CPU 16 core

Ia pun mengunggah proses pengerjaan dan hasil akhirnya di video YouTube berdurasi 20 menit. Berbeda dengan merakit PC gaming dengan case standar, ide kreatif Daniel membutuhkan lebih banyak ketelitian dan pengerjaan yang lebih rumit.

Daniel memasang beberapa kipas yang tidak biasa; membutuhkan pemasangan khusus dan dibuat menggunakan printer 3D. Sistem pendingin air yang sederhana menjadi rumit karena kebocoran. Namun ia dan der8auer berhasil mengatasi masalah tersebut,

Hasil akhirnya pun terlihat keren dan tentu saja lebih unik dibandingkan case komputer lainnya. Detail yang terlihat melalui port USB-C khusus yang dipasang melalui logo ABT pada bagian tengah velg tersebut. Performanya pun tak kalah, dengan CPU AMD 16 core dan MSI GeForce RTXTM 3080 TI Suprim X 12G.

>>> Dapatkan harga mobil terbaru dan promo terbaik tahun 2021 di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Pertemuannya dengan Cintamobil terjadi pada Oktober 2017, kala Auto Portal sedang mencari penulis-penulis baru untuk mengisi laman berita dan tips di website Cintamobil.com. Masih berkutat dengan kepenulisan, ia mencoba ranah baru; yaitu menulis di bidang otomotif dengan pengetahuan yang bisa dibilang minim.
Mempelajari dunia otomotif memang bukan hal mudah. Tapi sedikit demi menggali informasi dan mulai mengenal penggiat dan media otomotif yang selalu memberi masukan, hingga akhirnya ia mengarungi lebih dalam dunia ‘petrolhead’ ini. Dan bulan demi bulan berlalu. Dari feelance, Padli akhirnya resmi bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Content Writer pada bulan Desember 2018.
Berkenalan dengan nama-nama ‘gaek’ di ranah otomotif Tanah Air, ia mulai ditantang dengan lajur baru; fokus pada SEO (Search Engine Optimization) guna meningkatkan trafik dan kualitas website menjadi ‘mainan’ baru. Sampai saat ini, titelnya sebagai SEO Editor di Cintamobil.com menjadi tantangan terbaru mulai digeluti pemuda yang juga menyukai film dan buku ini.

 
back to top