Ulang Tahun ke-100, Bentley Goda Edisi Khusus Terinspirasi Le Mans 24 Jam

26/01/2019
Dibentuk pada 18 Januari 1919 lalu, Bentley saat ini sedang merayakan ulang tahun ke-100 perusahaan. Untuk itu, sebuah mobil edisi khusus sudah dipersiapkan dengan sebuah video teaser menunjukan mobil balap tersebut mengambil inspirasi dari kejayaan masa lalu Bentley di Le Mans 24 Jam.

Bentley mengumumkan pada hari Rabu (23/1) lalu bahwa mereka akan mengungkapkan model khusus untuk peringatan 100 tahun pada bulan Maret di Geneva Motor Show. Meskipun belum ada detail khusus tentang mobil ini, beberapa sumber menyebutkan bahwa Bentley akan menggunakan nama Speed 9 untuk edisi ulang tahun tersebut.

Video teaser mobil edisi spesial ulang ke-100 Bentley

Dilansir dari The Drive, kendaraan tersebut digambarkan sebagai mobil yang terinspirasi oleh “model balap ikonik’ perusahaan asal Inggris tersebut, tanpa menentukan mobil apa yang disebut. Bersamaan dengan pengumuman itu, Bentley merilis sebuah teaser pendek dari ujung depan model yang menunjukan gril depan dimana nomor “9” ditampilkan.

>>> Peringati Enam Dekade, MINI Luncurkan MINI Cooper S 60 Years Edition

Tidak banyak yang bisa kita lihat dari video tersebut. Namun sebagai gantinya, petunjuk yang mungkin didapatkan tentang kendaraan yang mengilhami model ini dapat ditemukan pada nomor yang tercantum di gril kendaraan, yaitu angka sembilan. Angka ini dapat menunjukan bahwa model tersebut akan dinamai Speed 9, sesuai dengan mobil balap Speed 6 dan Speed 8, dimana keduanya pernah memenangkan Le Mans 24 Jam.

Salah satu dari dua tahun kemenangan Speed 6 di Le Mans adalah tahun 1929, ketika Bentley mengunci posisi finis empat besar dengan Speed 6 dan tiga Bentley 4½ Liter. Mobil 4½ Liter dari mobil ini adalah mobil nomor sembilan, yang juga bisa digunakan oleh model perayaan Bentley. Atau, nama Speed 9 bisa berasal dari Bentley Speed 8 yang lebih baru ketika memenangkan Le Mans pada tahun 2003.

>>> Berita mobil baru lainnya bisa Anda dapatkan di sini

mobil balap Bentley Speed 8 berwarna hijau

Bentley Speed 8 yang memenangkan Le Mans 2003

Namun yang bisa sedikit dilihat dari kendaraan edisi spesial ini sepertinya tidak akan meniru bentuk dan tampilan dari prototipe Speed 8. Beberapa sumber menyebutkan bahwa modelnya akan meniru Continental GT edisi terbatas. Tetapi untuk detail yang lebih jelas, sepertinya kita harus menunggu Geneva Motor Show 2019 yang akan dimulai pada 7 Maret mendatang.

>>> Berita terlengkap dari dunia otomotif hanya ada di Cintamobil.com

Padli Nurdin

Ulasan anda

berita lain

Review mobil terbaru