Ujian Teori SIM Bakal Bisa Dilakukan Online

09/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Ujian teori SIM tengah disiapkan agar bisa dilakukan secara online. Tapi sayang, ini belum diikuti oleh ujian praktik dimana calon pemohon tetap harus datang.

Digitalisasi menjadi salah satu fokus yang bakal dikembangkan oleh kepolisian dalam pengembangan sistemnya. Hal ini terlihat dari adanya wacana untuk penindakan hukum dalam berlalu lintas secara elektronik. Saat ini sebagian wilayah sudah menerapkan tilang elektronik tersebut.

korlantas

Kakorlantas Irjen Istiono

Sedangkan bagi daerah yang belum terdapat sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) masih melakukan penilangan secara manual. Adanya tilang elektronik diharapkan bisa mengurangi kemacetan di jalan. Ini lantaran jumlah petugas yang berada di jalan bisa diminimalisir.

>>> Pembuatan dan Perpanjangan SIM Bisa Gratis? Begini Penjelasannya

Ujian Teori SIM Online Bakal Segera Diterapkan

Tapi pengembangan digital terutama di bidang lalu lintas pada tubuh kepolisian tak berhenti sampai di situ. Pembuatan serta perpanjangan SIM pun disebut bakal bisa dilakukan secara online. 

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono mengatakan perkembangan pelayanan SIM dibidang IT juga akan disiapkan dengan adanya ujian online bagi pemohon SIM.

“Ujian SIM teori kedepan bisa dilakukan dengan online, tetapi untuk ujian praktek harus tetap hadir, karena ini merupakan kompetensi dari pemohon SIM,” ungkap Istiono dalam laman Korlantas dilihat Cintamobil, Selasa (9/2/2021).

Sebelum akhirnya bisa mendapatkan SIM, pemohon memang harus melalui serangkaian ujian. Ujian teori SIM menjadi rintangan pertama yang harus ditempuh. Selama ini ujian teori untuk membuat SIM memang masih dilakukan secara manual. Manual di sini maksudnya calon pemohon SIM harus tetap pergi ke kantor polisi dan melakukan tes dengan perangkat yang sudah disediakan. 

Pelayanan SIM, STNK, dan BPKB Sudah Dibuka Lagi

Ujian teori pembuatan SIM bakal diterapkan online

>>> Setelah Smart SIM, Siap-siap STNK Elektronik Segera Berlaku

Bisa Berlatih Dulu

Jangan salah, meski terdengarnya sepele tak sedikit calon pemohon yang tak lulus ujian teori SIM ini. Maka dari itu ada baiknya, sebelum melakukan ujian teori pembuatan SIM, Anda bisa berlatih terlebih dahulu di situs Korlantas Polri dengan tahapan sebagai berikut. 

1. Membuka laman www.korlantas.polri.go.id
2. Pilih menu "Pelayanan" lalu pilih "SIM"
3. Pilih menu "Persiapan Ujian" dan menu "Soal soal".
4. Pilih Daftar Soal sesuai dengan tipe SIM yang akan Anda buat. Soal-soal terdiri atas pertanyaan seputar peraturan lalu lintas dan keselamatan jalan. Misalnya untuk Soal SIM A, terdiri atas 174 pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda.
5. Pilih "Simulasi Ujian" untuk uji coba ujian teori pembuatan SIM. Karena disini ada 30 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 30 menit

>>> Syarat Perpanjangan SIM Lengkap Terbaru – SIM A, SIM B, SIM C Hingga SIM D

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top