Tesla Model Y Raih Skor Sempurna saat Diuji Tabrak

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Tesla Model Y meraih skor sempurna dalam uji tabrak yang dilakukan lembaga keselamatan lalu lintas di AS, NHTSA. SUV listrik itu dapat bintang 5 di semua kategori.

Lembaga keselamatan lalu lintas jalan raya Amerika Serikat, National Highway Traffic Safety Administration (NTHSA) mempublikasikan hasil uji tabrak Tesla Model Y yang dilakukan pertengahan November 2020 lalu. Dan diketahui SUV listrik buatan Elon Musk tersebut meraih bintang 5 sebagai mobil listrik yang sangat aman untuk digunakan.

Skor sempurna

Raihan bintang 5 didapat Model Y untuk seluruh kategori pengetesan, yaitu Frontal Crash, Side Crash, dan Rollover.

Foto Uji Tabrak Tesla Model Y

Uji tabrak untuk mengetahui seberapa aman mobil dikendarai

Dari arah depan uji tabrak dilakukan dengan melajukan kendaraan d kecepatan 35 mil/jam atau sekitar 56 km/jam. Mobil kemudian menabrak media secara frontal. Hasil dari pengetesan arah depan adalah bintang 5 untuk keselamatan pengemudi dan penumpang depan.

Dari sisi samping uji kecelakaan dilakukan dengan 2 metode. Kendaraan disimulasikan sebagai objek berhenti kemudian ditabrak kendaraan lain dengan kecepatan 38,5 mil/jam atau sekitar 62 km/jam. Kemudian yang satunya kendaraan disimulasikan sebagai kendaraan bergerak yang menabrak objek berhenti seperti tiang listrik atau pohon.

Hasil dari pengujian bagian samping ini adalah bintang 5 di seluruh bagian. Struktur kendaraan sangat membantu meminimalkan risiko fatal penumpang. Yang terakhir uji rollover atau uji guling juga menghasilkan skor bintang 5. Risiko fatalitas rollover hanya 7,9 persen dari total 100 persen.

>>> Model Y Standard Range Kini Tersedia Pilihan 7 Seater

Foto menunjukkan Hasil uji tabrak NHTSA untuk Tesla Model Y

Skor sempurna untuk Model Y dari uji tabrak NHTSA

Fitur keselamatan maksimum

The Insideevs, (12/1/2021) mengomentari raihan bintang 5 di atas. Menurutnya itu bukan sesuatu yang mengherankan. SUV listrik tersebut telah dibekali dengan fitur keselamatan maksimal seperti Forward Collision Warning, Lane Departure Warning, Crash Imminent Braking, dan Dynamic Brake Support.

Selain memberikan skor sempurna, NHTSA juga merilis beberapa catatan ‘kekurangan’. Tesla Model Y pernah dua kali dilakukan recall karena 2 masalah yang berbeda. Recall pertama pada 17 November 2020 yaitu masalah pada Baut lengan kendali yang longgar. Recall kedua pada 30 September 2020 karena Lampu Rem Trailer Tidak Beroperasi

Tesla juga mendapatkan 25 keluhan dari pelanggan untuk beberapa komponen Model Y, seperti power train, struktur, roda, suspensi, dan yang lain. Meski demikian, dari sisi penjualan tetap moncer. Digabung dengan Model 3, penjualan Model Y tahun 2020 mencapai 454.932 atau naik 50% dibanding tahun 2019.

>>> Review Tesla Model Y 2019: Penantang Baru SUV Kompak Bertenaga Listrik

Foto Tesla Model Y tampak samping

Model Y kini tersedia pilihan 7 seater

>>> Berita otomotif terbaru hanya ada di Cintamobil.com

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top