Fortuner Facelift dan Hilux Dapat Lima Bintang saat Lakoni Uji Tabrak

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Fortuner Facelift dan Hilux Dapat Lima Bintang saat Lakoni Uji Tabrak
ASEAN NCAP baru-baru ini melakukan uji tabrak terhadap dua mobil baru Toyota yakni Fortuner facelift dan juga Hilux. Keduanya berhasil mendapatkan lima bintang.

Lembaga pemeringkat New Car Assesstment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) baru-baru ini merilis hasil uji tabrak terbaru yang melibatkan dua mobil bongsor Toyota. 

Kedua mobil Toyota yang baru melakoni uji tabrak ASEAN NCAP itu adalah Hilux dan Fortuner Facelift. Baik Fortuner Facelift dan juga Hilux sama-sama diganjar lima bintang dalam uji tabrak itu. 

>>> Toyota Bakal Rilis Innova dan Fortuner Facelift 2020 Berbarengan

Uji Tabrak Kedua untuk Hilux dan Fortuner

Toyota Fortuner

Fortuner model terbaru yang sudah mengaspal di Thailand

Mengutip Paultan, Selasa (13/10/2020), ini merupakan uji tabrak kedua yang didapatkan oleh Hilux. Sedangkan untuk uji tabrak pertama dilakukan pada tahun 2015. Untuk Hilux yang diuji tabrak baru-baru ini merupakan varian 2.8D, dibekali dengan tiga airbag. 

Pada konfigurasi ini, pick-up Hilux meraih skor 83,42 poin dan cukup untuk mendapat lima bintang. Lebih spesifik lagi, Hilux mendapat skor 32,93 poin dari maksimal 36 untuk perlindungan dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). 

Toyota Hilux

Hasil dari uji tabrak pada Hilux

Kemudian untuk perlindungan penumpang anak skornya 44,09 poin dan juga 10,95 dari keseluruhan 18 poin pada kategori Safety Assist Technologies. Bila ditotal secara keseluruhan, Hilux meraup skor sebesar 83,42 poin. 

Di Malaysia, Hilux ditawarkan dalam lima varian. Dimana dua varian teratas dibekali dengan tujuh airbag termasuk di sisi samping dan juga jendela untuk keamanannya. Selain itu, ada juga fitur Blind Sport Monitor dengan Rear Cross Traffic Alert. 

>>> Mungkinkah Toyota Produksi Hilux di Indonesia?

Hasilnya Tak Berbeda Jauh

Senada dengan Hlilux, ini juga merupakan uji tabrak ASEAN NCAP kedua bagi Toyota Fortuner Facelift setelah yang pertama dilakukan pada tahun 2016. 

Toyota Fortuner

Uji tabrak Toyota Fortuner

Toyota Fortuner Facelift mendapatkan skor sebesar 87.46 poin secara keseluruhan, dengan rincian 47.27 poin untuk perlindungan dewassa, 22.13 poin perlindungan penumpang anak, dan 18.06 poin untuk fitur keselamatannya. Sebenarnya hasil uji tabrak Fortuner Facelift amat identik dengan Hilux. 

Namun Fortuner lebih unggul dalam hal proteksi kepala penumpang. Bila Fortuner meraih skor 3.5, Hilux hanya 2.4. 

Uji tabrak Fortuner Facelift memang memungkinkan untuk dilakukan, pasalnya SUV berkapasitas tujuh penumpang itu sudah mengaspal di Thailand. Ada dua jenis mesin yang ditawarkan pada Fortuner Facelift di Thailand yakni 2.4 dan 2.8 diesel. Varian tertingginya yakni Legender sudah dibekali dengan fitur canggih yang masuk dalam Toyota Safety Sense. 

>>> Toyota Recall Innova dan Fortuner karena Rem Bermasalah

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top