Ini BL-SEV01, Motor Listrik Bergaya Cafe Racer Garapan Anak Bangsa

14/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bekerja sama dengan LIPI dan Katros Universitas Budi Luhur (UBL) luncurkan sport electric vehicle bergaya cafe racer untuk ajang balap bernama BL-SEV01.

Universitas Budi Luhur (UBL) memperkenalkan motor listrik terbaru Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01). Motor listrik untuk arena balap ini melengkapi jajaran kendaraan listrik lainnya yang sudah diperkenalkan oleh UBL sebelumnya.

>>> Deretan Mobil yang Tak Wajib Uji Emisi di Jakarta

Gambar menunjukan Motor listrik

Tampilan Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Dikerjakan oleh UBL dan Didesain oleh Katros Garage

BL-SEV01 menjadi bukti nyata dan sumbangsih UBL terhadap pengembangan ilmu pengetahuan melalui riset kendaraan listrik, yang diharapkan bisa menjadi solusi akan kebutuhan mobilitas masyarakat di masa depan. Pengembangan yang dilakukan ini sesuai dengan nilai-nilai Universitas Budi Luhur sebagai instansi pendidikan yang berkontribusi aktif terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia.

Baik pengajar dan mahasiswa Universitas Budi Luhur turut berperan mengembangkan motor listrik, baterai, dan modul yang digunakan di BL-SEV01. Ketiga komponen utama sebuah motor listrik ini sudah dikembangkan sedemikian rupa agar bisa bekerja secara optimal sesuai dengan kondisi, karakteristik, dan medan di Indonesia. 

Semua komponen yang dikembangkan ini sudah teruji dan terbukti bisa berfungsi dengan baik setelah melalui rangkaian tes di laboratorium milik LIPI Selain itu, pengembangan BL-SEV01 mendapatkan dukungan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan dibantu oleh Katros Garage untuk desain kendaraan.

>>> Cara Merawat Mesin Mobil Supaya Lulus Uji Emisi di Jakarta

Gambar menunjukan Motor listrik

Tampilan Sport Electric Vehicle 01 (BL-SEV01)

Spesifikasi BL-SEV01

Spesifikasi BL-SEV01 didukung dengan motor listrik BLDC 96 Volt dengan tenaga mencapai 16 kW, didukung oleh baterai 48Ah dan controller 96 Volt 200 Ampere. Alhasil, sepeda motor ini bisa melaju hingga 110 kilometer untuk sekali pengisian baterai, dengan waktu pengisian baterai cukup 4 jam.

Kemudian di sektor desain dipilih model Cafe Racer untuk menegaskan performa dan kemampuan BL-SEV01 sebagai sebuah motor sport yang kuat, tangguh, dan agresif. Pemilihan desain ini disesuaikan dengan performa dari BL-SEV01 yang setara dengan motor sport 300 cc.

"Kita sudah memiliki beberapa karya produk berupa mobil listrik dan motor listrik. Terbaru saat ini kita perkenalkan Sport Electric Vehicle BL-SEV01 yang sangat berbeda dari produk-produk kami sebelumnya yang diperuntukan untuk ajang balap," kata Sujono selaku Kepala Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL dalam peluncuran BL-SEV01.

>>> Cintamobil TV: Cek Fakta Lengkap Kebijakan Uji Emisi DKI Jakarta

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top