Uber Bersedia Akuisisi Free Now Usaha Patungan Daimler dan BMW

22/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Uber Bersedia Akuisisi Free Now Usaha Patungan Daimler dan BMW
Tawaran Uber untuk mengakuisisi Free Now yang merupakan usaha patungan antara Daimler dan BMW kini telah melampaui lebih dari $ 1,2 miliar. BMW menolaknya?

Free Now merupakan pesaing utama Uber di London yang merupakan pasar Eropa terbesar untuk bisnis penyedia layanan mobilitas. Guna memaksimalkan bisnisnya di segmen layanan mobilitas ini, Uber telah menawarkan lebih dari $ 1,2 miliar untuk membeli saingannya Free Now yang merupakan usaha patungan Daimler dan BMW.

>>> Uber Tawarkan Layanan Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19

Gambar menunjukan Setir  mobil

Free Now merupakan usaha patungan sesama raksasa otomotif Jerman Daimler dan BMW

Daimler Siap Melepas

Daimler tampaknya siap menjual bisnis taksinya ke Uber, sementara Chief Executive BMW Oliver Zipse lebih ragu-ragu dan sedang mempertimbangkan untuk menawarkan Uber saham dalam bisnis tersebut. Akuisisi Free Now ini nantinya akan memperkuat dominasi Uber di pasar taksi dan berbagi tumpangan Eropa.

Free Now adalah bagian dari bisnis besar yang disebut Your Now. Ini adalah kombinasi dari lima unit ridesharing yang dioperasikan secara kolektif dijalankan bersama oleh Daimler, pemilik Mercedes, dan sesama raksasa otomotif Jerman BMW yang kemudian  digabungkan menjadi satu pada tahun 2019. Free Now telah beroperasi di lebih dari 100 kota di Eropa dan memiliki taksi konvensional dan kendaraan pribadi, seperti yang disewa melalui Uber, tersedia untuk pengguna melalui aplikasinya.

Sebuah laporan Bloomberg yang diterbitkan bulan lalu mengatakan bahwa Uber bertujuan untuk membeli Your Now secara keseluruhan, yang sebelumnya dinilai Daimler hanya $ 720 juta. Kini Uber dikabarkan bersedia membeli Free Now hingga $ 1,2 miliar.

>>> Dimodifikasi dan Jadi Taksi Online Bisa Bikin Asuransi Mobil Gugur?

Gambar menunjukan aplikasi Uber

Uber bisa terus beroperasi di London

Uber Menangkan Peradilan untuk Perpanjang Operasi di London

Uber telah kembali mendapatkan sertifikasi untuk terus beroperasi di pasar Eropa terbesarnya di Inggris setelah hakim London memberikan perpanjangan lisensi 18 bulan kepada layanan ride-hailing perusahaan. Sebelumnya Uber sempat bermasalah karena gagal memverifikasi identitas pengemudi dan melindungi penumpang.

Uber mulai beroperasi di London pada tahun 2012 dan sekarang memiliki 45.000 pengemudi berlisensi di kota tersebut. Uber mengatakan aplikasinya secara teratur digunakan oleh sekitar 3,5 juta warga London dan mengatakan kepada pengadilan di persidangan bahwa itu menjadi bagian tak terpisahkan dari cara banyak orang memilih untuk berkeliling kota dan mendapatkan penghasilan.

>>> Temukan informasi mobil menarik lainnya hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top