Turun 97 Persen, Penjualan Mobil di Inggris Terendah Sejak 1946

06/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Turun 97 Persen, Penjualan Mobil di Inggris Terendah Sejak 1946
Eropa mencatatkan penurunan penjualan terbesar pada pandemik virus Corona. Laporan terbaru mengungkapkan penjualan mobil di Inggris tercatat turun 97 persen.

Akibat wabah Corona, pasar mobil Inggris terhenti pada bulan April. Tercatat penjualan kendaraan baru turun hingga 97 persen. Catatan ini menjadi level terendah sejak akhir Perang Dunia Kedua, tepatnya pada Februari 1946, ketika Inggris mulai kembali menata perekonomian setelah perang dunia.

Terburuk sejak 74 tahun

Penjualan mobil di Inggris sempat terpuruk sebelum pandemik menyusul skandal kecurangan emisi dan ketidakpastian Brexit. Tercatat 4.321 mobil baru terjual pada bulan keempat tahun 2020 setelah pemerintah Inggris melarang diler mobil untuk beroperasi sebagai upaya untuk membatasi penyebaran Covid-19. Bandingkan dengan penjualan 161.064 unit mobil yang terjual pada bulan April 2019.

diler mobil di Inggris dengan beberapa mobil dipajang
Banyak diler dilarang beroperasi untuk mencegah penyebaran Covid-19

>>> GIIAS 2020 The Series Resmi Diundur

Dari semua segmen, penjualan mobil listrik tidak terlalu signifikan dengan penurunan 9.7 persen dibandingkan tahun lalu. Guardians menyebutkan Tesla Model 3 tercatat sebagai mobil terlaris di Inggris pada bulan April. Sedangkan Jaguar I-Pace, SUV listrik milik Jaguar Land Rover menjadi mobil terlaris kedua.

Pemerintah Inggris menetapkan lockdown sejak 23 Maret silam. Penjualan di bulan Maret pun mengalami penurunan 44 persen dibandingkan pada tahun 2019. Society of Motor Manufactures and Traders (SMMT) menyebutkan bahwa sebagian besar penjualan bulan Maret merupakan pembelian fleet yang sudah dipesan sebelumnya.

>>> Tips Mencegah Ban Mobil Rusak karena Kelamaan Parkir di Rumah

Masalah produksi mengintai

Dilansir dari Guardian, Mike Hawes selaku Kepala Eksekutif SMMT mengungkapkan, "Dengan diler di Inggris tutup pada bulan April, kinerja terburuk pasar saat ini tidak mengejutkan. Angka-angka ini (prediksi penjualan tahun 2020), bagaimanapun, masih sangat suram. Tidak terkecuali bagi ratusan ribu orang yang mata pencahariannya bergantung pada sektor ini."

puluhan mobil berwarna putih berada di parkiran
Produksi di Inggris dilaporkan mengalami penurunan karena social distancing

Masalah lainnya terletak pada komponen perakitan mobil yang lebih mahal setelah pengurangan volume produksi. Kecepatan produksi semakin lambat setelah pabrikan memberlakukan social distancing bagi pekerja pabrik. "Jika volume produksi semakin rendah, suku cadang akan lebih mahal," kata Stefan Sommer, Boss Pengadaan Volkswagen kepada Financial Times.

Tak hanya di Inggris, industri otomotif di Eropa sama-sama mengalami keterpurukan. Italia mencatatkan penurunan 86 persen, Prancis turun 72 persen, dan 69 persen penurunan terjadi di Spanyol. Sedangkan Finlandia dan Lithuania menjadi negara Eropa yang mengalami penurunan paling rendah, dengan masing-masing mencatatkan angka 1 persen.

>>> Berita otomotif yang menarik lainnya ada di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

Tak Ada Lagi Lockdown, Penjualan Wuling di China Langsung Ngegas

04/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Terbebasnya China dari wabah virus Corona (COVID-19) membawa berkah buat industri otomotif. Salah satunya penjualan Wuling langsung melonjak hingga 13,5 persen.

Lihat juga

Penjualan Mobil di India Bulan April Nihil, yang Laku Malah Traktor

04/05/2020

Pasar mobil

2 menit

Lockdown yang terjadi di India berdampak besar pada industri otomotif. April lalu, India mencatatkan tanpa penjualan untuk mobil penumpang, pertama sepanjang sejarah.

Lihat juga

Anjlok 52 Persen, Penjualan Mobil di Eropa Terparah di Seluruh Dunia

02/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pandemi virus Corona (COVID-19) membuat penjualan mobil di Eropa bulan Maret 2020 turun drastis hingga 52 persen. Itu adalah penurunan terburuk dalam 40 tahun terakhir.

Lihat juga

Diserang Covid-19, Ini Data Penjualan Mobil Global Kuartal I 2020

02/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Pasar otomotif terusik oleh pandemi virus Corona (COVID-19). Lantas berapa yang dicapai, berikut data penjualan mobil di berbagai negara pada kuartal I tahun 2020.

Lihat juga

Tips Nyetir Supercar yang Aman di Jalan

04/05/2020

Pengemudian

5 menit

Kecelakaan yang melibatkan sebuah supercar kembali mengingatkan kepada kita bertapa pentingnya pemahaman nyetir supercar yang aman di jalan. Apa saja yang perlu diperhatikan?

Lihat juga
 
back to top