Tuntaskan Satu Lap Nordschleife, Sebuah Tuk-Tuk Cetak Rekor Nurburgring

31/05/2019
Bagi sebagian besar pabrikan mobil, rute Nordschleife menjadi ajang adu prestise dan saling mencatatkan waktu terbaiknya. Namun, bagaimana jadinya jika sebuah Tuk-Tuk ikut mematahkan rekor Nurburgring?

Jika berbicara rekor Nurburgring, hal yang pertama kali melintas di otak kita adalah deretan mobil super pemegang rekor lap seperti Lamborghini Aventador LP770-4 SVJ, Porsche 911 GT2 RS, atau Renault Megane R.S. Trophy-R, yang baru-baru ini menasbihkan diri sebagai mobil penggerak roda depan tercepat di Nordschleife.

>>> Renault Megane R.S. Trophy-R, raja baru Nurburgring

Namun, apa jadinya jika sebuah tuk-tuk, kendaraan tradisional Thailand yang hanya memiliki tiga roda, coba mencatatkan waktu di Nurburgring?

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DerNürburgring (@nuerburgring) on

 

 

Adalah Bjorn Lagercrantz, Peter Tenstorm, serta sosok pengemudi tanpa identitas yang menggunakan kostum ala The Stig, menuntaskan rute Nordschleife sepanjang 12,8 mil (setara 20,8 km) dengan waktu tempuh 31 menit 19,46 detik.

>>> Temukan mobil idaman Anda di sini

Namun, perjalanan mengitari Nordschleife dengan sebuah tuk-tuk tidaklah semudah itu. Lagercrantz mengungkapkan proyek ini telah berlangsung selama tiga tahun, saat ia membawa tuk-tuk dari Thailand dan coba membuat rekor Nurburgring untuk kendaraan roda tiga.

Ini bukanlah percobaan pertama Lagercrantz menuntaskan satu lap Nordschleife dengan tuk-tuk miliknya. Menurut seorang vlogger asal Nurburgring, Mischa Charoudin, menjelaskan bahwa mereka telah mencobanya tahun lalu, namun gagal karena mengalami kerusakan.

Tuk Tuk coba mematahkan rekor Nurburgring

Berbeda dari percobaan pertama, kali ini Tuk-tuk dapat menuntaskan satu lap Nordschleife

Tak ingin gagal lagi, Lagercrantz meminta sebuah perusahaan yang memasok komponen untuk Koenigsegg untuk membuat piston yang lebih kuat untuk tuk-tuk ini. Pencatatan waktu ini dibarengi dengan event Granturismo Track day, dan penyelenggara event membantu dalam pencatatan waktu, dan telah diverifikasi oleh staff Nurburgring.

“Menaiki tuk-tuk di Nordschleife adalah pengalaman yang sangat mengerikan, kendaraan roda tiga ini sangat ringkih dan tidak stabil. Pada beberapa tikungan, kami bahkan hanya bertumpu pada dua roda! Kita tak akan melakukan hal ini lagi, sangat mengerikan,” Lagercrantz mengomentari pengalamannya mengitari Nordschleife dengan tuk-tuk.

>>> Selalu update kabar pasar mobil di sini

“Hal paling mengerikan adalah saat pengemudi kami memacu tuk-tuk dengan kecepatan penuh dan seperti orang gila saat melintasi jalan menurun di Fuchshorhe, kami akan selamanya dihantui momen itu.”

Apakah akan ada usaha pemecahan rekor Nurburgring untuk kendaraan roda tiga? Menarik untuk melihat kelanjutannya.

>>> Berita otomotif terlengkap hanya ada di Cintamobil.com

Derry Munikartono

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain