Tunggu Diskon PPnBM, Konsumen Tunda Beli Mobil Bulan Februari

18/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Diskon PPnBM sejak Maret 2021 rupanya ditunggu para konsumen di Indonesia. Hal itu dialami oleh PT MMKSI yang mencatat adanya penundaan pembelian pada Februari.

Diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) yang diberikan pemerintah sejak 1 Maret hingga 31 Desember 2021 rupanya cukup disambut antusias masyarakat Indonesia. Terbukti mereka yang minat untuk membeli mobil memilih untuk menunda hingga periode diskon PPnBM berlaku. 

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), distribusi wholesales pada Februari tercatat menurun 7% dibandingkan bulan Januari.

>>> Penjualan Mobil di Indonesia Mulai Terkerek Berkat Diskon PPnBM

Konsumen Tunggu Diskon PPnBM

pajak mobil baru dari Kementerian Perindustrian Indonesia

2 mobil Mitsubishi dapat diskon PPnBM

Sedangkan untuk distribusi dari ke dealer ke konsumen (retail sales) mencapai 46.943 unit. Angka ini turun sebesar 13 % dibanding bulan sebelumnya (Januari) yang terkirim sebanyak 53.996 unit dan turun sebesar 39,7% dibanding bulan Februari 2020 yang terkirim sebesar 77.865 unit.

Namun demikian, salah satu produsen mencatat torehan positif. Adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). 

"Pada bulan Februari trend menahan pembelian oleh konsumen terjadi karena menunggu pelaksanaan kebijakan relaksasi insentif PPnBM. Namun MMKSI berhasil menjaga angka penjualan dan pangsa pasar dengan baik," ungkap President Director PT MMKSI Naoya Nakamura dalam siaran pers yang diterima Cintamobil, Rabu (17/3/2021). 

"Kami berharap konsumen dapat memanfaatkan kesempatan pelaksanaan kebijakan relaksasi insentif PPnBM ini dengan baik dan segera melakukan pembelian mobil Mitsubishi Motors yang telah diidamkan dengan dukungan serta kemudahan layanan terbaik dalam keseluruhan proses kepemilikan kendaraan Mitsubishi Motors,” sambung Nakamura. 

Mitsubishi sendiri sudah merasakan adanya efek dari diskon PPnBM tersebut dengan mengungkap adanya peningkatan jumlah pesanan. Tercatat ada dua produk Mitsubishi yang mendapatkan Insentif PPnBM, yaitu Xpander dan Xpander Cross.

“Jumlah SPK minggu pertama Maret 2021 terjadi peningkatan yang cukup signifikan untuk Xpander, jika dibandingkan periode yang sama di Februari 2021,” kata Irwan Kuncoro, Director of Sales & Marketing Division MMKSI.

Tanpa adanya diskon PPnBM, Mitsubishi mengumumkan menorehkan catatan positif penjualan retail kendaraan penumpang dan kendaraan niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia untuk bulan Februari 2021 dengan total 5.842 unit.

Torehan ini sekaligus membuat Mitsubishi mampu mempertahankan pangsa pasar 13,9%, yang menjadi pangsa pasar pada tahun fiskal 2020 (April 2020 – Februari 2021) dan dalam situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PPKM) pandemi Covid-19.

Mitsubishi Xpander

Xpander dapat relaksasi PPnBM

>>> Mesinnya di Bawah 1.500cc, Deretan Mobil Ini Tak Dapat relaksasi PPnBM

Beberapa Model Mitsubishi Jadi yang Terlaris

Lebih mendetail lagi segmen kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan 3.289 unit, dan di segmen kendaraan niaga ringan MMKSI mencatat penjualan 2.553 unit.

Model Mitsubishi Xpander (termasuk varian Xpander Cross) mendominasi kontribusi terhadap keseluruhan penjualan MMKSI dengan 41,3%. Mitsubishi L300 berkontribusi 34,9% dan Mitsubishi Pajero Sport dengan kontribusi 14,5%.

Adapun beberapa model Mitsubishi masuk dalam daftar 20 mobil terlaris seperti L300, Xpander, dan juga Pajero Sport. 

>>> Sudah Dapat Relaksasi PPnBM Duluan, Simak Harga Mobil LCGC Terbaru

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019

 
back to top