Tujuh Hari PSBB di Surabaya Raya, Polisi Catat 13.980 Pelanggaran

06/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Tujuh Hari PSBB di Surabaya Raya, Polisi Catat 13.980 Pelanggaran
Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mencatat 13.980 Pelanggaran dilakukan warga selama 7 hari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Surabaya Raya.

Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan wabah virus Corona (COVID-19) diberlakukan di Kota Surabaya mulai 28 April 2020. Selain melakukan razia untuk memastikan tidak ada aktivitas kerumunan warga di luar rumah, petugas juga mendirikan check poin sejumlah titik untuk mengawasi yang berlalu lalang dan memeriksa pengendara yang tidak mematuhi protokol kesehatan. Bagaimana hasilnya?

Foto menunjukkan salah satu titik Check point PSBB di Kota Surabaya

Diberlakukan PSBB untuk mengurangi penyebaran virus Corona

Belasan ribu pengendara melakukan pelanggaran

Dilansir dari NTMC Polri, (4/5/2020), dalam sepekan atau 7 hari pelaksanaan PSBB di Surabaya Raya, polisi mencatat dan menindak 13.980 pengendara yang melakukan pelanggaran. Jumlah tersebut merupakan gabungan dari pelanggaran PSBB di Kota Surabaya, Kabupaten Gresik dan Sidoarjo.

“Maka total keseluruhan sejak penetapan tanggal 28 April 2020 sampai dengan saat ini jumlah keseluruhannya adalah 13.980 penindakan selama PSBB,” tutur Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin 4 Mei 2020.

Sebagaimana wilayah lain, pelanggaran PSBB di Surabaya Raya juga didominasi pengendara tidak memakai masker, baik itu roda dua maupun roda empat. Kemudian pemotor tidak memakai sarung tangan, berboncengan tidak satu alamat, serta OJOL membawa penumpang orang. Untuk pengendara roda empat dan angkutan umum selain tidak memakai masker juga melebihi kapasitas maksimal 50 persen, suhu tubuh tinggi, tidak menerapkan physical distancing, serta melewati batas jam operasional.

>>> Jangan Sepelekan, 3 Penyakit Ringan Ini Bisa Berbahaya Buat Pengemudi

Foto menunjukkan pemeriksaan kendaraan oleh petugas Dishub Surabaya

Kendaraan yang melintas diawasi dan diperiksa secara ketat

“Untuk sepeda motor ada 5 item baik dari mulai tidak menggunakan masker, sarung tangan, roda 2 berbasis aplikasi digunakan tidak mengangkut barang kemudian kendaraan pribadi mengangkut penumpang tidak sebagaimana mestinya,” ungkap Kombes Truno. “Kemudian untuk kendaraan pribadi yang roda empat yaitu tidak menggunakan masker, suhu tubuh pengendara dan penumpang melebihi batas jumlah kapasitas penumpang kendaraan,” lanjutnya.

“Kendaraan umum tidak menggunakan masker sama suhu tubuh melebihi batas, jumlah kapasitas penumpang, tidak menjaga jarak atau physical distancing atau melebihi batas jam operasional,” kata Truno.

 

Berlakukan jam malam

Ada yang berbeda pada pelakanaan PSBB di Surabaya Raya. Pemerintah tidak hanya menutup sejumlah akses jalan dan memeriksa ketat kendaraan yang melintas, tapi juga memberlakukan jam malam. Mulai pukul 21.00 WIB hingga 04.00 WIB tidak boleh ada aktivitas warga di luar rumah, bahkan warung kopi atau lapak PKL nasi kucing yang biasa berjualan malam harus menyelesaikan kegiatannya maksimal jam 21.00 WIB. Jika pun ada yang boleh keluar hanya yang benar-benar penting dan tak bisa dihindari seperti darurat kesehatan dan kerja formal shift malam.

Keputusan ini mengacu pada arahan Kapolda Jawa Timur saat rapat di Mapolda Jatim pada 26 April 2020 lalu demi hasil maksimal pelaksanaan PSBB. Pelanggaran jam malam bakal diberikan tindakan berupa saksi teguran dan edukasi. Meski demikian tidak menutup kemungkinan untuk diproses secara hukum sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu Undang-Undang No.6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan.

>>> Jembatan Suramadu Ditutup Selama PSBB Surabaya, Benarkah?

Foto menunjukkan puluhan remaja diamankan karena melanggar aturan jam malam PSBB di Kota Surabaya

Pelanggar jam malam PSBB di Surabaya diberi teguran dan edukasi

>>> Berita aktual lainnya terkait otomotif ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Jembatan Suramadu Ditutup Selama PSBB Surabaya, Benarkah?

04/05/2020

Event - Promosi

5 menit

Selama pelaksanaan PSBB Surabaya, muncul kabar Jembatan Suramadu ditutup sementara bagi umum. Benarkah hal ini? Pihak kepolisian pun memberikan keterangannya.

Lihat juga

Ini Penyebab Macet Parah di Hari Pertama PSBB Di Kota Surabaya

29/04/2020

Pasar mobil

3 menit

Hari pertama pelaksanaan PSBB di Kota Surabaya diwarnai kemacetan parah di Bundaran Waru perbatasan Surabaya dengan Sidoarjo. Ini penyebabnya menurut polisi!

Lihat juga

Test Drive di Rumah Aja, Ini Mobil Yang Bisa Anda Jajal di Surabaya

23/04/2020

Jual beli

4 menit

Siapa bilang test drive mobil saat PSBB lebih sulit? Anda bisa melakukan test drive di rumah aja kok. Bagi Anda yang tinggal di Surabaya, mobil-mobil ini bisa Anda jajal tanpa harus meninggalkan kawasan komplek.

Lihat juga
 
back to top