Tujuan Petugas SPBU Pasang Cone di Depan Mobil Saat Mengisi BBM

01/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Bukan tanpa tujuan petugas SPBU pasang cone pengaman di depan mobil saat sedang mengisi BBM. Hal itu tak sekadar bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP).

Sering mengisi BBM di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Pertamina, pengendara pasti menjumpai petugas SPBU pasang penghalang di depan mobil. Ada yang berwujud cone ada juga yang berupa stick. Hal itu bukan tanpa alasan dan tujuan.

Sesuai SOP

Menurut Unit Manager Communication, Relationship & CSR PT Pertamina (Persero), Eko Kristiawan, memasang cone di depan mobil merupakan bagian dari Standar Operasional Prosedur (SOP) pengisian BBM, khususnya di SPBU Pertamina.

Foto menunjukkan mobil sedang mengisi BBM di SPBU

Petugas SPBU wajib memasang safety cone di depan mobil saat proses pengisian BBM

Hal itu terkait dengan beberapa fungsi keselamatan saat proses pengisian. Misalnya pengemudi lalai menginjak pedal rem atau menarik rem tangan sehingga mobil bergerak saat pengisian. Selain itu juga menjadi penanda tengah dilakukan proses pengisian BBM ke kendaraan.

>>> Pertamina Ingatkan Konsumen Utamakan Keselamatan di SPBU

Untuk keamanan

Alasan lainnya untuk keamanan. Sudah maklum jika SPBU menjadi tempat layanan publik untuk seluruh lapisan masyarakat. Potensi tindakan merugikan bisa saja dilakukan pelanggan yang tidak bertanggung jawab dengan melarikan diri sebelum pembayaran dilakukan.

Seperti yang baru-baru terjadi dan viral di media sosial dimana sebuah mobil BMW putih kabur usai mengisi BBM tanpa membayar. Peristiwa yang terekam kamera CCTV itu terjadi di SPBU Kodam Bintaro 34-12304 di Jalan Bintaro Permai Raya, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Jumat (30/7/2021).

Menurut si petugas, BMW itu selesai mengisi BBM Pertamax Turbo hingga penuh dan menanyakan pembayaran menggunakan kartu debit. Saat ditinggal mengambil mesin EDC di tiang pom lain, kendaraan tiba-tiba kabur dan tidak terkejar. Aksi kaburnya terbilang mulus karena di depan mobil tidak dipasang cone oleh si petugas.

Walhasil kerugian sebesar Rp 602.000 untuk 61 liter BBM harus ditanggung petugas beserta temannya yang berjaga malam itu.

>>> Dampak Buruk Mobil Diisi BBM dengan Oktan Rendah, Bisa Turun Mesin!

Foto BMW mengisi BBM di SPBU sebelum kabur

Tidak dipasang penghalang, BMW kabur tanpa membayar setelah isi BBM

Pada akhirnya kasus ini selesai dengan damai karena keluarga si pengemudi kembali dan membayarkan tagihan kepada pihak SPBU. Namun itu menjadi pembelajaran berharga akan pentingnya memasang cone di depan mobil saat mengisi BBM di SPBU.

“Cone itu untuk menandakan sedang melakukan proses pengisian BBM,” kata Eko kepada awak media, Sabtu (31/7/2021). “Dan sekaligus bisa mencegah terjadinya kejadian seperti pengemudi BMW tersebut terjadi,” lanjutnya.

>>> Irit, Konsumsi BBM Daihatsu Rocky 1.2L Tembus 19 Kilometer Per Liter!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top