Truk Otonom Level 4 Bisa Dikendarai Tanpa Pengemudi 

13/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Kerja sama Amerika Serikat dan China menghasilkan truk otonom level 4 yang mampu beroperasi secara mandiri namun tetap membutuhkan intervensi manusia

Kalau pun ada mobil yang sudah mencapai tingkat otonom penuh 100%, sebenarnya bukan sesuatu hal yang luar biasa. Karena memang tujuan akhirnya ke arah sana (teknologi otonom Level 5). Namun bagaimana kalau yang berstatus sebagai kendaraan otonom dengan Level 4 dan tanpa pengemudi itu adalah truk kelas heavy duty? Nah, inilah contoh truk otonom hasil kolaborasi dua raksasa yang kini saling bersaing untuk mendominasi dunia. 

>>>Tips Aman Mengemudi di Sekitar Truk

Kawin Silang

 gambar truk otonom

Plus menjadi pemasok teknologi otonom untuk kendaraan niaga jenis truk 

Uniknya, truk otonom Level 4 ini hasil kawin silang Amerika Serikat dan China yang saat ini sedang panas-panasan di seluruh dunia? Ya, pada satu sisi, keduanya saling berebut pengaruh dalam percaturan global. Namun pada sisi lain, mereka melakukan kerja sama yang saling menguntungkan. Salah satu contohnya ya ini, test drive untuk truk otonom Level 4.  

Dari kubu Amerika Serikat hadir pembuat teknologi  autonomous driving yang bermarkas di California, Plus, yang baru-baru menuntaskan uji coba truk tanpa pengemudi (Level 4) di jalan tol.  Ya betul,  lokasinya adalah  jalan tol  Wufengshan yang terletak di kawasan pusat ekonomi terbesar China, Yangtze Delta. Pemerintah negeri panda itu memberikan ijin khusus untuk Plus sehingga dapat melakukan pengujian tersebut.  

gambar truk otonom  

Truk FAW yang dilengkapi teknologi otonom Level 4 

Sedangkan tuan rumah  China menyediakan truk kelas berat J7L3 yang diproduksi oleh FAW. Nantinya, semua truk J7L3 buatan FAW akan dilengkapi dengan teknologi otonom PlusDrive dan segera diproduksi mulai akhir tahun 2021. Kemudian pengoperasian truk tanpa pengemudi tersebut direncanakan berlangsung pada tahun 2022.

Hasil Pengujian

gambar truk otonom

Pengujian truk dengan teknologi otonom Level 4 

Selama pengujian, truk otonom FAW J7L3 mampu bekerja dengan teknologi otonom Level 4 secara mandiri tanpa bantuan atau intervensi dari pihak luar. Sama sekali tidak ada safety driver, remote operator atau input dari manusia. Sejatinya, ini bukan pengujian pertama yang dilakukan oleh Plus. Sebelumnya pada tahun 2018,  Plus sudah melakukan demo pertama  untuk  truk otonom dengan Level 4 di pelabuhan Qingdao.

Teknologi Otonom  SAE

gambar otonom sae

Level teknologi otonom versi SAE

Society of Automotive Engineers (SAE) membagi teknologi otonom menjadi enam  tingkatan  mulai  level 0 hingga level 5.

Level 0 

Sistem  otonom  pada level ini  hanya sebatas memberikan peringatan dan melakukan intervensi  sesaat (tidak kontinyu). Fitur yang melekat antara lain automatic emergency braking, blind sport warning, lane departure warning. 

Level 1

Sistem otonom pada tingkatan ini memberikan bantuan kepada pengemudi untuk mengemudi, mengerem, menambah kecepatan dan menjaga kendaraan tetap di jalurnya. Kelengkapan fitur mencakup Level 0 ditambah antara lain lane centering, adaptive cruise control, automatic emergency braking. 


Level 2

Pada level ini, teknologi otonom sudah mampu mengatur pergerakan kendaraan dalam hal akselerasi, pengereman dan pengemudian sehingga pengemudi dapat melepas tangan dari kemudi. Kelengkapan fitur  standar berupa Lane Centering dan Adaptive Cruise Control mampu  bekerja simultan pada saat bersamaan. 

Level 3

Kemampuan Level 3 memungkinkan teknologi otonom  untuk mengemudikan kendaraan dalam kondisi terbatas dan termasuk kondisi yang membutuhkan reaksi cepat. Namun pengemudi diwajibkan untuk melakukan intervensi setiap saat jika dibutuhkan. Contoh fitur Level 3  adalah Traffic Jam Chauffeur yang memungkinkan pengemudi untuk texting atau menonton film. 

Level 4 

Masuk Level 4, teknologi otonom semakin mandiri sehingga pengemudi bisa tidur dalam kendaraan atau sama sekali tanpa pengemudi. Namun intervensi pengemudi tetap dibutuhkan dalam kondisi tertentu. Contoh Level 4 adalah  robotic taxi atau  robotic delivery service.  

Level 5

Teknologi otonom penuh dan kemudi menjadi fitur opsional serta tidak butuh intervensi manusia. Contoh Level 5 adalah kendaraan robotik yang mampu bekerja secara otomatis dalam segala cuaca, segala  kondisi dan di mana saja.

>>> Truk Otonom Bisa Tempuh Jarak Bandung - Padang dalam 14 Jam
   

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top