Truk ODOL Penyumbang Angka Kecelakaan Lalu Lintas Paling Fatal di 2019

09/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Truk ODOL Penyumbang Angka Kecelakaan Lalu Lintas Paling Fatal di 2019
Truk ODOL ternyata menjadi penyumbang kecelakaan lali lintas paling fatal selama 2019. Bahkan setiap satu kejadian kecelakaan yang melibatkan truk, bisa menewaskan seluruh anggota keluarga.

Konsentrasi semua pihak terkait untuk menindak tegas truk dengan Over Dimension Over Load (ODOL) terus ditingkatkan. Beberapa operasi razia pun digelar oleh sejumlah pihak demi meniadakan truk-truk yang kelebihan beban muatan ini.

Karena ternyata truk ODOL menjadi salah satu penyumbang jumlah kecelakaan di jalan raya selama 2019. Demikian disampaikan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kakorlantas Polri), Irjen Pol Istiono.

>>> Dump Truck di Jabodetabek Paling Banyak Melanggar Aturan Truk ODOL

Satu Kejadian Kecelakaan Bisa Tewaskan Satu Keluarga

truk dengan kelebihan muatan berpotensi bahaya amat tinggi

Korban jiwa kecelakaan akibat truk kelebihan muatan bisa amat fatal

>>> Promo mobil baru dengan Dp dan cicilan ringan ada disini

Isiono menyebutkan kalau truk ODOL menjadi penyumbang angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia sepanjang 2019. Tercatat ada 90 kasus kecelakaan di jalan raya yang disebabkan truk dengan spesifikasi ODOL ini.

Ia mencatat, sepanjang 2019 ada sekitar 25.000 korban jiwa akibat kecelakaan di jalan raya, atau rata-rata per bulan 200 jiwa, rata-rata per hari 71 jiwa, tiap jam 3-4 jiwa melayang karena kecelakaan di jalan. "Sumbangsih ODOL 90 kejadian, tapi ini kecelakaan fatal. Kalau kejadian bisa satu keluarga habis. Kadang tabrakan beruntun," katanya seperti dikutip Cintamobil.com dari NTMC Polri.

Tindak Tegas Truk yang Masih "Nakal"

razia terhadap truk ODOL

Razia terhadap truk yang kelebihan muatan terus digalakkan

>>> Temukan mobil bekas impian Anda yang masih berkualitas dengan harga termurah disini

Karena itulah, kata Istiono, Polri menghimbau kepada para pengusaha truk untuk tidak lagi memaksakan truk dengan ODOL beroperasi. Tindakan terhadap truk ODOL yang masih nekat beroperasi di jalan pun semakin digalakkan.

Misalnya yang dilakukan Senin (09/03/2020) di Gerbang Tol Tanjung Priok 1, Jakarta Utara. Korlantas Polri bersama Kemenhub, Kementerian PUPR, dan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) melakukan operasi penindakan truk kelebihan muatan.

Razia truk Over Dimension Over Load juga dilakukan di pintu masuk Tol Cikarang Timur hingga Bandung, serta di ruas Tol BSD - Serpong. Pengendara yang terjaring akan ditilang dan dikenakan pasal 307 jo 169 (1) tentang tata cara pemuatan barang tidak mematui ketentuan.

>>> Berita otomotif paling update bisa dibaca disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top