3 Mobil Buatan Lokal Beri Kontribusi Besar Bagi Penjualan Suzuki

15/01/2021

Pasar mobil

3 menit

Sebuah kebanggaan bagi Suzuki Indonesia, karena tiga produk lokal mereka yakni Suzuki Carry Pick Up, Suzuki XL7, dan Suzuki Ertiga jadi raja di negeri sendiri

Di saat pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50% pada tahun 2020, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mampu bertahan cukup baik. Suzuki mencatat penjualan wholesales sebanyak 65,9% dan retail sales 70,4%. Hal itu bisa terwujud berkat sumbangan trio produk berlogo S rakitan lokal yakni Suzuki Carry Pick Up, XL7, dan Ertiga.

Carry Mendominasi

Bila dibandingkan dengan performa periode yang sama tahun 2019, ketiga yang diproduksi di Cikarang dan Tambun ini mampu mendominasi raihan tersebut dengan kontribusi lebih dari 90% terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020. Suzuki Carry menjadi salah satu produk terlaris di Tanah Air bahkan mampu mengekor Honda Brio yang jadi mobil penumpang terlaris di Indonesia.

Gambar Suzuki New Carry Pick Up

Carry mendominasi penjualan mobil niaga selama pandemi

“Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional diler selama saat pandemi dengan Hygiene Commitment. Kontribusi produk lokal tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri,” terang Donny Saputra, selaku 4W Marketing Director PT SIS dari keterangan resmi yang diterima Cintamobil.com.

>>> Penjualan Suku Cadang Suzuki Lampaui Target

Penjualan XL7 Cukup Mengejutkan

Kendaraan produksi lokal yang berkontribusi paling tinggi pada penjualan tahun lalu adalah New Carry Pick Up dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6% sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional Suzuki. Untuk kendaraan penumpang, Extraordinary SUV, yaitu XL7, menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu backbone penjualan beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales. 

Gambar Suzuki XL7

XL7 mampu terjual secara mengejutkan

“Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk kami, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan kami yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air. Tidak hanya itu, kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan,” tutup Donny.

>>> Ubahan Suzuki New Carry Pick Up Facelift 2021 Terkuak

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com

About Arfian

Lulusan kampus Trisakti angkatan 2009 ini sebenarnya salah jurusan saat kuliah. Karena ia mengambil jurusan Ekonomi Akuntansi mengikuti kemauan ayahnya dibanding mengambil kuliah teknik maupun komunikasi yang menjadi minatnya. Namun, passion menulis dan ketertarikannya akan mobil membawanya melamar menjadi jurnalis otomotif.

Gayung pun bersambut, pada tahun 2014 di mana sebelum Arfian wisuda, ia sudah diterima bekerja di Motorplus Weekly. Motorplus Weekly adalah sebuah tabloid dwi mingguan yang mengulas tentang sepeda motor. Lho kok sepeda motor? Yes, karena saat Arfian melamar pekerjaan di anak grup Kompas Gramedia tersebut, hanya posisi itu yang tersedia.

Setelah lulus kuliah Arfian bekerja di sana selama tiga tahun sebagai reporter. Bekerja menjadi jurnalis khusus sepeda motor Arfian jalani dengan semangat dan senang hati. Tak terhitung berapa kali ia menemui narasumber, berkunjung ke bengkel maupun sekadar mencoba sepeda motor baru dari jenis scooter hingga motor besar.

Di tengah perjalanan karirnya, Motorplus Weekly memiliki satu anak usaha lagi yakni Otoplus weekly yang berpusat di Surabaya, Jawa Timur. Melihat potensi dan passion yang dimiliki Arfian, Editor in Chief Motorplus saat itu, Alm Achmad ‘Feol’ Riswan menugaskan secara khusus Arfian untuk mengisi kolom otomotif roda empat.

Arfian ditugaskan untuk test drive mobil di tabloid Otoplus tersebut mulai tahun 2016. Sampai saat ini sudah ratusan kendaraan baik berjenis truk, bus, hingga mobil sport yang Arfian coba. Kegemarannya menulis dengan detail, terstruktur dan teknis membuat ia memiliki pembaca setia dan dipercaya untuk menjadi test driver di tabloid tersebut. 

Sejak tahun 2018 Arfian bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer dan menjadi Senior Content Writer setahun kemudian. Di tahun 2021 ia dipromosikan menjadi Editor, dan dengan kinerja yang baik di tahun 2021 ini pula ia dipromosikan kembali menjadi Managing Editor untuk website ini.

Roles

Managing Editor, Cintamobil.com

Workplace

Jakarta, Indonesia

Education

2009 - 2014 Trisakti University, Bachelor Degree, Accounting

2006 - 2009 54 Senior High School

2003 - 2006 109 Junior High School

Experience

2014 - 2016 Motorplus & Otoplus, Kompas Gramedia

2018 Content Writer Cintamobil.com

2019 Senior Content Writer Cintamobil.com

2021 Managing Editor Cintamobil.com

Awards

2020 - 3rd Winner, Best Online Write Up Activity & Industry News, Warta Citra Adiwahana

2020 - 2nd Winner, Mitsubishi Journalist Writing Competition - Artikel Online Terbaik

2021 - 1st Winner, Best Online Product Review, Warta Citra Adiwahana

 
back to top