Melirik Tren Pasar Mobil Bekas Selama PPKM Level 4

28/07/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Country Head Carsome Indonesia, Delly mengatakan bahwa selama PSBB hingga PPKM Level 4 banyak orang menahan diri untuk menjual dan membeli mobil bekas.

Kurva kasus positif Covid-19 di Indonesia belum juga menunjukan tanda-tanda melandai. Bahkan belum lama ini terjadi peningkatan kasus yang membuat Pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Langkah yang dilakukan pemerintah itu jelas untuk menurunkan penyebaran pandemi Covid-19 yang semakin masif.

>>> Orang Kaya Mulai Beralih Beli Mobil Mewah Bekas, Kenapa Ya?

Gambar menunjukan PPKM

Pembatasan mobilitas masyarakat dijaga petugas selama PPKM Level 4

Banyak Orang Enggan Keluar Rumah untuk Menjual Mobil

Selama berlakunya PSSB hingga aturan PPKM Level 4 tak dipungkiri menimbulkan dampak terhadap sejumlah bisnis. Salah satunya mobil bekas. Seberapa besar dampaknya? Lebih banyak yang menjual mobil pribadinya atau justru lebih banyak yang membeli mobkas?

Country Head Carsome Indonesia, Delly mengatakan bahwa dengan adanya program PSBB hingga PPKM yang dicanangkan oleh Pemerintah Indonesia membuat industri penjualan mobil bekas cukup terdampak dan mengalami penurunan signifikan. 

“Jadi jika kita lihat selama PPKM ini lebih banyak orang jual mobil  bekas atau beli mobil  bekas sebenarnya dampak di market itu berdampak pada keduanya. Jadi jika kita melihat dari sudut pandang Carsome orang yang mau jual mobil jadi penurunan bukan karena mereka tidak mau tapi karena menahan dulu karena proses menjual mobil itu tidak semua orang nyaman selama masa PPKM ini,” ungkap Delly, dalam konferensi pers secara virtual, Senin (27/7/2021).

“Misalnya harus ketemu dengan inspector kita harus bertatap muka walaupun ada jarak dan protokol kesehatan. Dan ini telah diutarakan oleh customer-customer kita yang akhirnya mau bertemu. Custom kita menuturkan bahwa mereka tadinya ragu-ragu karena mereka tadinya ingin menunda dulu,” tambahnya.

>>> Arief Muhammad Permak Nissan March Busuk, Dijual Laku Rp 500 Juta!

Gambar menunjukan Mobil bekas

Mobilitas yang Terbatas Membuat Konsumen Menahan untuk Beli Mobil  bekas

Konsumen Menahan untuk Beli Mobil Bekas

Delly juga menuturkan bahwa hal yang sama juga terjadi dengan pembeli mobil bekas. Karena mobilitas yang terbatas membuat banyak orang mengurungkan niatnya untuk membeli mobil  bekas.

“Begitu juga dengan pembeli mobil selama PPKM ini juga sama saja. Seperti yang kita tahu untuk pasar mobil bekas ini kembali lagi kebutuhan. Selama PPKM orang juga cenderung akan menahan kenapa saya harus beli sekarang karena juga sekarang saya belum butuh karena mobilitas terbatas. Ada yang tadinya niat untuk membeli jadi tertunda dulu selama PPKM ini,” sambung Delly.

Delly mengatakan bahwa kondisi ini telah berulang beberapa kali dan pihaknya juga sudah beradaptasi. Namun ia menegaskan bahwa kondisi saat ini bukanlah hal yang baik.

“Sebenarnya situasi ini sama dengan kondisi sebelumnya dan telah berulang beberapa kali dan memang sudah kita maklumi. Kondisi saat ini sedang tidak baik-baik saja karena konsumen lebih memilih menahan niatnya baik untuk menjual ataupun membeli mobil,” tutupnya.

>>> Cuma Punya Duit Rp 30 Jutaan, Bisa Beli Mobil  Bekas Apa?

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top