Transportasi Loyo, Uber Fokus ke Jasa Pengiriman Makanan

13/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
 Transportasi Loyo, Uber Fokus ke Jasa Pengiriman Makanan
Uber dikabarkan akan membeli saham mayoritas Grubhub. Akuisisi ini diyakini akan membuat Uber kendalikan 55% dari pasar pengiriman makanan di pasar AS.

Uber perusahaan jaringan transportasi asal California dikabarkan sedang dalam proses negosiasi untuk mengakuisisi Grubhub. Bila nantinya terjadi kesepakatan maka perusahaan akan memiliki kontrol atas mayoritas bisnis pengiriman makanan di AS. Sebagai informasi, Grubhub merupakan perusahaan yang bergerak pada jasa layanan pengiriman makanan.

>>> Penjualan Peugeot di Indonesia Meroket Hingga 228% Gara-gara Ini

Gambar menunjukan Uber Eats

Jasa pengiriman makanan meningkat di tengah pandemi Covid-19

Melalui kombinasi dari Uber Eats dan Grubhub akan kemungkinan keduanya mengendalikan 55% dari pasar pengiriman makanan di AS. Sementara itu pesaing utama keduanya DoorDash akan mengendalikan sekitar 35% dari pasar tersebut.

“Ini akan menjadi langkah agresif untuk mengeluarkan pesaing utama Uber Eats dan semakin mengkonsolidasikan posisi pangsa pasarnya, terutama karena pandemi Covid-19 terus menggeser lebih banyak fokus ke pengiriman barang dibandingkan jasa transportasi.” kata seorang analis, Ives dalam sebuah catatan menanggapi rencana akuisisi ini seperti dikutip dari Abcnews.

>>> 4.772 Kendaraan Diminta Putar Balik pada Operasi Ketupat Kalimaya 2020

Gambar menunjukan Uber Eats

Uber berniat akuisisi Grubhub untuk kuasai pasar pengiriman makanan di AS

Jasa pengiriman makanan sendiri telah mengalami kesulitan menghasilkan laba meskipun permintaan untuk layanan meningkat, sebagian karena persaingan yang ketat telah memaksa perusahaan untuk menawarkan penawaran dengan harga yang rendah. Perusahaan pada bidang ini saat ini juga membebaskan biaya untuk restoran-restoran yang bisnisnya mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.

Uber mengatakan minggu lalu bahwa pendapatan dalam bisnis pengiriman makanan Uber Eats tumbuh 53% menjadi $ 819 juta pada kuartal pertama, tetapi melaporkan kerugian sebanyak $ 313 juta. Sedangkan pendapatan kuartal pertama Grubhub naik 12% menjadi $ 363 juta, tetapi juga melaporkan kerugian $ 33,4 juta.

>>> Tahan Rindu Kampung Halaman, Jangan Mudik Demi Kebaikan Bersama

Pandemi yang terjadi saat ini kemungkinan akan memperluas pasar pengiriman makanan, mungkin juga secara permanen. Hal itu diyakini membuat Grubhub sangat menarik bagi Uber dan sesegera mungkin untuk bisa menggabungkan kedua layanan menjadi satu di tengah meroketnya layanan pengiriman makanan.

"Virus corona menjadi titik terang bagi perusahaan penyedia jasa layanan jemput makanan, Uber Eats." kata CEO Uber Dara Khosrowshahi.

>>> Berita otomotif dan lalu lintas lainnya ada di sini

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Soal Larangan Mobil Tua Beroperasi di DKI, Gaikindo Dukung Gubernur

10/08/2019

Pengemudian

3 menit

GAIKINDO menyatakan dukungannya kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang melarang mobil berusia 10 tahun ke atas mengaspal di Jakarta mulai 2025 mendatang. Apa alasannya?

Lihat juga

Alfa Romeo Racing: Nama Baru Sauber F1 Team Pembawa Nilai Historis Sekaligus Pertegas Koneksi dengan Ferrari

08/02/2019

Event - Promosi

Hadirnya Alfa Romeo Racing menggantikan nama Sauber F1 Team menandai dua hal penting dalam dunia Formula 1.

Lihat juga

Wacana Ganjil Genap Jadi Permanen, Hanya Gubernur Yang Bisa Memutuskan

22/10/2018

Pasar mobil

Ada wacana perluasan ganjil genap di Jakarta yang saat ini sudah diperpanjang hingga 31 Desember 2018 bisa jadi permanen. Namun, semuanya terserah Gubernur sebab hanya Gubernur yang bisa memutuskan kebijakan ini.

Lihat juga

Gubernur Anggap Tak Efektif, Polisi Justru Berharap Ganjil Genap Dipermanenkan

13/10/2018

Pasar mobil

Dengan berakhirnya even olah raga Asian Para Games 2018 yang tinggal menunggu waktu penutupan beberapa jam lagi menandai berakhirnya perluasan ganjil genap di Jakarta yang yang telah diterapkan sejak Asian Games 2018 Agustus lalu. Meski demikian polisi mengusulkan agar perluasan ganjil genap ini bisa dipermanenkan.

Lihat juga

Gubernur Sulawesi Selatan Sambangi Booth DFSK

21/08/2018

Pasar mobil

Orang nomor Satu di Sulawesi Selatan Ini mengunjungi Booth DFSK pada event GIIAS 2018 Makassar Autoshow.

Lihat juga
 
back to top