Transjakarta Uji Coba Bus Listrik Higher, Gratis Selama 3 Bulan

11/09/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Transjakarta melakukan uji coba bus listrik Higer dengan rute Blok M - Balaikota (EV!). Pelanggan bisa menikmatinya secara gratis hingga 3 bulan ke depan.

PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan uji coba penggunaan bus listrik sebagai armada baru. Bersama dengan PT Higer Maju Indonesia (HMI) satu unit bus listrik Higer disediakan untuk melayani pelanggan rute Blok M – Balaikota (EV1).

“Alhamdulillah, hari ini kita sudah bisa melakukan uji coba bus listrik dengan mengangkut pelanggan yang akan melayani masyarakat untuk rute Blok M – Balaikota (EV1).” kata Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony Tjitrokusumo dalam acara pelepasan uji coba di kantor pusat Transjakarta di Cawang Jakarta Timur, Jum’at (10/9/2021).

Foto uji coba bus listrik Higer untuk Transjakarta

Transjakarta jajal bus listrik lagi

Dukung Program Percepatan Kendaraan Listrik

Dikutip dari laman resmi Transjakarta, proses uji coba ini lakukan sebagai salah satu tahapan dalam upaya merealisasikan rencana penggunaan kendaraan bus listrik berbasis baterai yang ramah lingkungan.

Dalam hal ini, semua armada konvensional Transjakarta secara bertahap akan beralih menggunakan armada listrik.

Kegiatan uji coba bus listrik juga dalam rangka mendukung program percepatan kendaraan bermotor listrik (KBLBB) di tanah air, sebagaimana PP Nomor 55 Tahun 2009, serta untuk mengurangi pencemaran udara di ibu kota sebagaimana Instruksi Gubernur DKI nomor 66 tahun 2019 mengenai Pengendalian Kualitas Udara di Jakarta.

>>> Bus Listrik Higer Bakal Jadi Armada Baru TransJakarta

Gratis Selama 3 Bulan

Bus listrik Higer akan beroperasi selama 3 bulan. Penumpang tidak dipungut biaya alias gratis. Meski demikian, untuk kapasitas dibatasi mengingat suasana masih pandemi Covid-19 serta harus mematuhi protokol kesehatan.

Foto Interior bus listrik Higer Transjakarta

Naik Transjakarta berlaku protokol kesehatan Covid-19

“Ujicoba akan dilakukan selama 3 (tiga) bulan ke depan tanpa dikenakan biaya atau gratis. Untuk saat ini kami tetap melakukan pembatasan pelanggan yakni maksimal diisi oleh 25 orang pelanggan termasuk yang berdiri,” ujar Jhony.

Transjakarta bukan kali ini saja mencoba bus listrik sebagai armada. Pertengahan 2020 Transjakarta mencoba dua unit bus listrik BYD melalui agennya di tanah air, PT Bakrie Autoparts. Rutenya juga sama Blok M – Balaikota (EV1).

Transjakarta akan terus membuka kesempatan selebar-lebarnya kepada penyedia bus lainnya untuk bekerja sama dalam upaya menghadirkan bus listrik yang aman dan nyaman.

>>> Bus Listrik Rupanya Sudah Ada Sejak 50 Tahun Silam

Foto Bus listrik Higer Transjakarta dari samping belakang

Tranjakarta dukung program percepatan kendaraan bermotor listrik di tanah air

>>> Cara Pakai LinkAja untuk Pembayaran TransJakarta

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top