Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona

13/03/2020

Pasar mobil

5 menit

Transjakarta Rutin Bersihkan Halte dan Bus untuk Mencegah Virus Corona
Ada beberapa tindakan yang dilakukan pihak Transjakarta untuk mencegah virus corona menyebar terlalu banyak di Indonesia. Diantaranya dengan rutin bersih-bersih bus dan halte.

Anda mungkin sudah mengetahui adanya informasi jika penyebaran virus corona sudah sampai ke Indonesia. Kabar terakhir menyebut jika ada 27 kasus ditemukannya pasien yang terinfeksi virus corona.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sendiri memang telah terang-terangan menyebut, jika virus ini akan mudah menyebar pada lingkungan yang dikerumuni banyak orang. Cairan dari penderita virus corona yang keluar dari mulut atau hidung, maka akan menginfeksi orang lain. Dan satu dari sekain banyak lokasi rawan penyebaran virus corona adalah transportasi umum.

Untuk itulah PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan beberapa kegiatan untuk mencegah penyebaran virus corona di kalangan masyarakat Indonesia.

"Sejak awal Februari 2020 lalu, Perseroan melakukan sosialisasi rencana pencegahan dan penanganan virus corona ini ke mitra operator bus, petugas lapangan dan seluruh karyawan kantor pusat dan Depo," tulis keterangan resmi Transjakarta yang dikutip Cintamobil.com.

>>> 4 Cara Jasa Marga Mencegah Virus Corona di Rest Area Jalan Tol

Sediakan Hand Sanitizer di Halte

hand sanitizer di halte Transjakarta

Hand sanitizer disediakan di halte dan petugas menggunakan masker serta sarung tangan

Pihak Transjakarta menilai, langkah untuk mencegah virus corona semakin meluas adalah dengan meningkatkan kebersihan di lingkungan perusahaan beserta jaringannya. Karena itulah di 80 halte Transjakarta saat ini sudah disediakan hand sanitizer.

Selain itu setiap petugas yang berjaga di halte dan unit bus termasuk pramudi Transjakarta juga dibekali dengan masker serta sarung tangan. Kemudian di setiap unit kerja Transjakarta pun sudah dilengkapi alat deteksi suhu tubuh. Ini untuk memastikan jika ada masyarakat yang terdetesi terinfeksi virus corona.

>>> Ini Cara Menghindari Tertular Virus Corona di Transportasi Umum

Rutin Bersih-bersih Bus dan Halte

halte Transjakarta

Bus dan halte rutin dibersihkan dengan desinfektan

>>> Klik sini untuk lanjut simak semua berita hot terkait pasar mobil di Indonesia dan di dunia

Tindakan lainnya yang dilakukan oleh pihak Transjakarta dalam upaya mencegah virus corona adalah selalu membersihkan bus. Bus-bus ini dicuci dengan desinfektan khusus pada saat sebelum dan sesudah bus beroperasi.

Tak cuma itu, bagian-bagian pada bus tersebut juga selalu rutin untuk dibersihkan, diantaranya bagian pegangan pintu. Untuk petugas di halte Transjakarta, diwajibkan membersihkan tangan dengan cairan hand sanitizer sebelum menjalankan tugas. Lalu alat Tap On Gate pun dibersihkan dengan desinfectan secara berkala.

Dengan berbagai manajemen penanganan virus corona ini, pihak Transjakarta berharap masyarakat bisa tetap menikmati layanan Transjakarta dengan nyaman.

>>> Jangan tinggalkan berita otomotif yang hot lainnya di sini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top