TransJakarta Hentikan Layanan Khusus Tenaga Rumah Sakit

30/06/2020

Pasar mobil

3 menit

TransJakarta Hentikan Layanan Khusus Tenaga Rumah Sakit
Mempertimbangkan situasi yang berangsur normal, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menghentikan layanan khusus Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas.

Masa transisi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota masih berlangsung. Dan grafik COVID-19 menunjukkan tanda-tanda penurunan. Jika sebelumnya DKI Jakarta menjadi episentrum penyebaran virus di tanah air, kini tidak lagi.

Situasi ini cukup menggembirakan. Setidaknya sejumlah perusahaan mulai mempersiapkan diri menyambut fase harapan baru yang lebih baik dengan kelonggaran yang lebih luas. Seperti yang dilakukan PT Transportasi Jakarta alias Transjakarta.

Persiapan babak baru

Selaku perusahaan yang bertanggungjawab terhadap operasional angkutan umum kebanggaan warga Jakarta, Transjakarta melakukan berbagai persiapan. Di dalamnya meliputi kelengkapan perangkat teknis, keselamatan dan kesehatan maksimal.

>>> Panduan Naik Transjakarta Selama PSBB Transisi

Foto menunjukkan bus Transjakarta sedang beroperasi

Transjakarta siap menyambut new normal

Disebut dalam rilis resminya, Transjakarta mengintruksikan kepada seluruh mitra untuk melakukan pengecekan seluruh armada meliputi perawatan kendaraan, sterilisasi armada, hingga pemasangan rambu jarak aman dan hand sanitizer pada setiap kendaraan yang akan beroperasi.

Sedangkan dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM) Transjakarta melakukan sosialisasi kepada operator dan pramudi untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dalam rangka menghadapi babak baru ini, tanpa mengesampingkan kehandalan, kesehatan dan keselamatan warga.

>>> Klik sini untuk update semua berita hot dari Cintamobil.com di Google News

Hentikan layanan khusus Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas

Mempertimbangkan situasi yang berangsur normal, Transjakarta memutuskan menghentikan layanan khusus Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas. Sejumlah awak yang sebelumnya mendapatkan penugasan khusus tersebut kini sudah diistirahatkan. Mereka dipersiapkan untuk kembali melayani warga secara umum tanpa membeda-bedakan profesi.

Foto beberapa armada Royaltrans Transjakarta

RoyalTrans, armada Transjakarta yang digunakan untuk layanan khusus TRS

Begitu pula dengan sejumlah armada yang sebelumnya digunakan untuk layanan khusus ini, kini dipersiapkan untuk melayani masyarakat umum. Seluruh rute layanan yang jumlahnya mencapai 19 rute dihentikan sepenuhnya, namun dilakukan secara bertahap.

Tahap pertama ada 4 (empat) rute TRS beroperasi untuk yang terakhir pada Minggu (28/6/2020) sebelum kemudian dihentikan. Keempatnya yaitu:

1. TRS2 (Poris Plawad – Blok M)
2. TRS6 (Bogor – Jatinegara RS Premiere)
3. TRS7 (Bulak Kapal – Summarecon Bekasi – Blok M)
4. TRS8 (Bekasi Timur – RSUD Tebet – Puskesmas Setiabudi)

Sebagai informasi, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai menyediakan layanan khusus Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas pada April 2020. Tujuannya memberi kemudahan kepada mereka dalam menjalankan tugas sehari-hari.

>>> Dapat Layanan Khusus, Tenaga Medis Bisa Naik TransJakarta Hingga Malam

Gamber berbagai Perlengkapan naik Transjakarta di masa PSBB Transisi

Protokol kesehatan Transjakarta tetap berlaku

Dengan layanan khusus tersebut, para Tenaga Rumah Sakit (TRS) dan Puskesmas meliputi para dokter, perawat, OB, hingga cleaning service yang bertugas hingga malam tetap bisa pulang dari tempat kerjanya. Armada Transjakarta dengan layanan ini beroperasi hingga pukul 23.30 WIB. Berbeda dengan layanan reguler yang hanya beroperasi hingga pukul 18.00 WIB.

Dengan dihentikannya layanan khusus ini, para pelanggan Transjakarta yang sebelumnya menggunakan layanan khusus tersebut bisa beralih menggunakan moda transportasi umum lain yang kini sudah diizinkan beroperasi.

>>> Berita otomotif terlengkap lainnya bisa Anda temukan di Cintamobil.com 

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top