Transjakarta Berhenti Beroperasi Sementara Gegara Ada Demo

13/10/2020

Pasar mobil

3 menit

Transjakarta Berhenti Beroperasi Sementara Gegara Ada Demo
PT Transjakarta memutuskan untuk berhenti beroperasi sementara karena ada aksi demo. Ini dilakukan untuk menjaga fasilitas publik dari sasaran oknum demo.

PT Transjakarta mengumumkan untuk berhenti beroperasi sementara waktu. Langkah ini diambil sehubungan dengan adanya kegiatan aksi unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Istana Presiden, Monas, dan sekitarnya. 

Kondisi massa yang mulai memadati lokasi, membuat Transjakarta berhenti beroperasi sementara hingga nantinya kondisi kondusif kembali. Ini berlaku untuk semua layanan Transjakarta di Ibu Kota Jakarta sejak 10.30 WIB. 

Bus Transjakarta

Bus Transjakarta stop melayani untuk sementara waktu

>>> Sudah Beres Uji Coba, Kapan Bus Listrik Transjakarta Beroperasi?

Transjakarta Berhenti Beroperasi Sementara

Langkah Transjakarta berhenti beroperasi sementara diambil sebagai antisipasi untuk menjaga fasilitas publik agar tidak menjadi sasaran dari aksi oknum unjuk rasa yang tidak bertanggung jawab. Harapannya agar baik seluruh pelanggan maupun petugas kami yang berada di sekitar lokasi aksi terjaga keamanannya.

Transjakarta bekerjasama dengan Polda Metro jaya untuk memastikan keamanan serta mendapatkan update dan informasi terkini di lokasi kejadian.

"Mengingat situasi yang tidak kondusif, mohon maaf, saat ini seluruh layanan Transjakarta sementara tidak dapat melayani pelanggan," tulis Transjakarta dalam laman instagramnya, Selasa (13/10/2020). 

Untuk itu, Transjakarta menghimbau bagi para pelanggan yang masih beraktivitas untuk selalu berhati-hari di jalan dan selalu utamakan keselamatan diri dan keluarga. Layanan akan kembali beroperasi normal, saat kondisi telah memungkinkan untuk dilalui armada bus.

Transjakarta menghimbau seluruh pelanggan untuk berhati hati, waspada dan selalu mengedepankan keselamatan diri dan keluarga. Tetap dirumah namun jika harus keluar rumah dan menggunakan layanan Transjakarta selalu pastikan 3M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak).

Seperti diketahui, beberapa halte Transjakarta memang menjadi bulan-bulanan para demonstran pada Kamis (8/10/2020) lalu. Banyak halte dirusak dan beberapa justru dibakar hingga mengalami kerugian hingga puluhan miliar rupiah. 

Bus Transjakarta

Penerapan protokol kesehatan di dalam bus Transjakarta

>>> Toyota Hiace Disulap Jadi Angkot Mikrotrans di Jakarta

Transjakarta Rugi Rp 65 Miliar karena Halte Dirusak

Atas insiden tersebut Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Sardjono Jhony Tjitrokusumo menyampaikan, setidaknya sebanyak 46 (empat puluh enam) halte terdampak dengan total kerugian diperkirakan hingga mencapai Rp 65 milliar.

Namun perlahan-lahan halte-halte transjakarta akan difungsikan kembali. Namun halte-halte tersebut belum bisa difungsikan secara total dan baru difungsikan dengan pola 'Minimum operation'. Begitu juga dengan Halte Bundaran HI yang merupakan salah satu dari tiga halte dengan kerusakan berat, sudah bisa digunakan mulai besok.

Hanya saja, bagi pelanggan yang ingin menggunakan halte ini diarahkan untuk mengakses halte Bundaran HI melalui stasiun bawah tanah Mass Rapid Transit atau Moda Raya Terpadu (MRT).

Selanjutnya, Transjakarta dibantu oleh Pemprov DKI Jakarta, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bersama dengan TNI Polri akan menjaga ketat pergerakan di seluruh area publik temasuk transportasi.

>>> Transjakarta Raih Penghargaan Perusahaan Dengan Kinerja Terbaik

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top