Traffication, Sistem Peringatan Bagi Pengemudi yang Suka Lawan Arah

11/02/2021

Pasar mobil

2 menit

Pabrikan asal Ceko ini memperkenalkan teknologi baru bernama Traffication, sistem peringatan berkendara baru yang berbunyi ketika pengemudi lawan arah.

Ternyata pengemudi yang melawan arah tak hanya menjadi masalah di Indonesia. Untuk mengatasi perilaku buruk di jalanan ini, Skoda melengkapi mobilnya dengan sistem peringatan baru. Dikembangkan bersama oleh Bosch, semua mobil Skoda akan mendapatkan sistem yang memperingatkan pengemudi yang lawan arah.

Sistem berkendara Traffication

Aplikasi ini disebut dengan nama Traffication. Sistem akan membawa lokasi GPS dari mobil ketika pengendara masuk atau keluar dari jalan bebas hambatan atau jalan tol. Traffication akan membandingkannya dengan arah lalu lintas di jalan tersebut. Ketika arah kendaraan berlawanan, maka sistem akan menyala dan muncul di tampilan infotainmen.

head unit Skoda dengan sistem infotainment
Sistem peringatan Traffication akan terbaca pada layar infotainment mobil

>>> Ford dan Google Kolaborasi, Adopsi Sistem Android Mulai 2023

Aplikasi ini hanya membaca data GPS pada saat mobil masuk atau keluar dari jalan tol. Peringatan ini dirancang untuk muncul dalam beberapa detik, memperingatkan pengemudi untuk mengetahui kesalahan mereka. Pengguna jalan lain yang juga memiliki aplikasi ini akan diberi tahu tentang adanya mobil yang lawan arus di depan.

“Tujuan kami adalah untuk menempatkan sistem peringatan pengemudi yang salah di setiap mobil,” kata Dr Mathias Pillin, Presiden Divisi Solusi Komputasi Lintas Domain Bosch. “Setiap kematian, setiap cedera yang disebabkan oleh pengemudi yang salah jalan sudah terlalu banyak. Semakin banyak kendaraan yang terhubung ke aplikasi peringatan pengemudi lawan arah dari Bosch, semakin erat jaring pengaman yang tak terlihat."

>>> Apple CarPlay di Mobil Honda Banyak Dikeluhkan Bermasalah

Siap dipasang tahun ini

Bukan kali ini Skoda memperkenalkan teknologi Traffication. Sistem ini sudah tersedia sebagai aplikasi smartphone di 25 negara di Eropa, termasuk Inggris, sejak tahun 2018. Skoda menyebutkan ada 2,5 juta pengguna aktif setiap bulan dengan lebih dari 4,5 juta perjalanan yang tertangkap sistem.

mobil baru facelift Skoda Superb 2021
Skoda Superb akan mendapatkan sistem peringatan ini pada awal tahun 2021

Michal Vondra, manajer produk Traffication di Skoda, menambahkan: “Meningkatkan keselamatan di jalan raya adalah tujuan penting bagi Skoda. Aplikasi baru kami yang disebut Traffication dengan peringatan lawan arah bagi pengemudi membawa kami selangkah lebih dekat untuk mencapainya.”

Aplikasi infotainment yang akan mengirimkan peringatan langsung ke head unit mobil akan tersedia pada kuartal pertama tahun ini. Model anyar Skoda Superb, Scala, Karoq, Kodiaq, dan Kamiq untuk spesifikasi teratas akan dilengkapi dengan sistem ini. Model lain akan mendapatkan Traffication sebelum akhir 2021.

>>> Dapatkan berbagai pilihan mobil baru berteknologi canggih di sini

Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

 
back to top