Tradisi Bakar Mobil di Malam Tahun Baru Masih Berlangsung di Prancis

07/01/2021

Pasar mobil

2 menit

Tradisi Bakar Mobil di Malam Tahun Baru Masih Berlangsung di Prancis
Kejadian aneh yang sudah menjadi tradisi buruk setiap tahun terjadi di daerah pinggiran Prancis, dimana sebagian anak muda membakar mobil di Malam Tahun Baru.

Jika tahun baru identik dengan perayaan kembang api atau berkumpul bersama teman dan keluarga, hal berbeda justru terlihat di Prancis. Di tengah lockdown yang masih terjadi di berbagai negara akibat pandemi COVID-19, negara yang dikenal dengan suasana yang romantis ini memiliki tradisi aneh dan membingungkan: membakar mobil di malam Tahun Baru.

Tradisi aneh membakar mobil

Berbeda dibandingkan negara lainnya, pemerintah Prancis dari tahun ke tahun harus mengatasi masalah yang timbul ketika menyambut Tahun Baru Fenomena ini terjadi di beberapa daerah dimana anak muda melempar bom molotov dan membakar mobil pada malam pergantian tahun. Pemerintah Prancis sudah mendorong pihak berwenang untuk tidak mempublikasikan insiden ini agar tidak meluas ke daerah lain.

mobil terbakar yang terjadi di Prancis
Meskipun mengalami lockdown, ratusan mobil dibakar di Prancis

>>> Libur Tahun Baru 2021 Usai, 323 Ribu Kendaraan Kembali ke Jakarta

Menurut Badan Data Kejahatan Prancis, jumlah mobil yang dibakar tahun ini turun 20% mengingat lockdown yang masih berlangsung saat ini. Pada tahun 2019, 1.457 mobil terbakar pada Malam Tahun Baru. Bandingkan dengan 1.290 kendaraan yang terbakar pada tahun 2017.

Pada tahun 2014, Menteri Dalam Negeri Prancis Manuel Valls menginformasikan bahwa 1.067 mobil dibakar di seluruh Prancis pada Malam Tahun Baru. Tindakan pembakaran kendaraan ini telah menjadi hal yang lumrah di pinggiran kota yang miskin sejak berpuluh-puluh tahun lalu.

>>> Jalan Sudirman Thamrin Ditutup Total Saat Tahun Baru

Sejak 1980-an

Kabarnya, tradisi ini dimulai di Strasbourg, perbatasan Prancis dengan Jerman pada 1970-an dan kemudian mencapai puncaknya pada tahun 1990-an. Pada 1997, media nasional Prancis memutuskan untuk meliput insiden tersebut. Namun inilah yang mendorong anak muda dari daerah lainnya untuk membakar mobil guna merebut sorotan media.

sisa pembakaran mobil yang sudah berupa abu
Tradisi membakar mobil ini dimulai pada era 1970-an

Menurut pejabat pemerintah saat itu, Patrice Magnier, ada korelasi langsung antara meningkatnya insiden pembakaran mobil dengan keinginan masyarakat untuk diliput media. Aparat kepolisian dna badan pemerintah daerah gagal untuk menghilangkan praktik tersebut, hingga mengarah ke puncak baru dalam rentang 2005 hingga 2009.

“Meskipun angka tahunan dapat berfluktuasi, angka tersebut secara umum membengkak sejak akhir 1970-an, ketika pemuda pinggiran kota Prancis pertama kali mulai membakar mobil sebagai cara untuk menarik perhatian masyarakat, media, dan politisi,” lapor Majalah Time dalam reportasenya.

>>> Berita menarik lainnya terkait otomotif ada disini!

Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top