Toyota Tawarkan Sekat Partisi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

22/03/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Tawarkan Sekat Partisi untuk Cegah Penyebaran Virus Corona
Toyota menawarkan sekat partisi pada Hiace untuk mencegah penyebaran virus corona. Sayangnya, sekat partisi ini baru tersedia untuk masyarakat di Jepang.

Banyak cara yang dilakukan para pabrikan guna menekan angka penyebaran virus corona. Ada yang menawarkan layanan purna jual berupa fogging kendaraan dengan desinfektan, menambahkan fitur filter udara kabin, atau menjual sekat seperti yang dilakukan oleh Toyota. 

Toyota baru saja memperkenalkan sekat pemisah yang dipasang pada Hiace. Sekat partisi ini dipasang di belakang jok pengendara dan penumpang di baris depan.

Toyota reveals Hiace droplet shield – RM1,035 in Japan Image #1263775

Dilengkapi resleting agar mudah dibuka dan dibersihkan

>>> Pemprov Jakarta Dapat 2 Daihatsu Gran Max yang Dimodif Jadi Klinik Berjalan

Baru Ditawarkan di Jepang

Sekat partisi tersebut bisa dipasang pada Hiace lansiran 2013 hingga model terbarunya dan berlaku untuk seluruh varian mulai dari Grand Wagon, Commuter, wheelchair-accesible, dan lainnya. 

Sekat partisi ini baru ditawarkan Toyota di Jepang dengan harga 27.500 yen atau kalau dirupiahkan setara Rp 3,6 jutaan. Sekat pemisah ini terbuat dari bahan vinyl berwarna transparan dan bisa dicopot sewaktu-waktu untuk dibersihkan. Di samping itu, Toyota juga membekalinya dengan resleting agar mudah dibuka dari sisinya masing-masing. 

Bagi konsumen yang berminat untuk memasang sekat pemisah tersebut guna membatasi sirkulasi dalam mobil sekaligus juga mengurangi kekhawatiran akan penyebaran virus corona, bisa langsung mendatangi dealer setempat. Tapi ingat, sekat pemisah ini baru ada di Jepang. 

Toyota reveals Hiace droplet shield – RM1,035 in Japan Image #1263771

Baru tersedia di Jepang

Sebelum diproduksi massal dan ditawarkan pada Hiace, Toyota terlebih dulu mengenalkannya dalam bentuk prototipe. Prototipe itu diunggah ke salah satu laman medis untuk mendengarkan masukan dari konsumen. Setelah menghimpun seluruh masukan, barulah Toyota menerapkan proses 'Kaizen' yang juga dilakukan pada seluruh mobilnya. 

>>> Pandemi Belum Berakhir, Penjualan Mobil Online Bakal Jalan Terus

Ada Modifikasi Hiace untuk Pasien Covid-19

Toyota memang cukup konsen untuk memerangi penyebaran virus corona dan sebisa mungkin berkontribusi dalam mencegah penyebarannya. Sebelum membuat sekat partisi, Toyota juga diketahui menyulap Hiace menjadi alat transportasi untuk melayani pasien Covid-19 dengan kondisi kritis. 

Toyota Hiace

Hiace untuk pasien Covid

Dalam laman resminya Toyota menyebut mobil memiliki fitur pengendali sirkulasi droplet yang punya kompartemen interior untuk memisahkan kabin depan dengan belakang. Desain kendaraan yang baru dikembangkan ini cukup sederhana. Sebuah kipas ditempatkan di pembatas interior untuk terus mengeluarkan udara ke kompartemen belakang. Hal ini mencegah udara yang terkontaminasi menembus kabin.

Mobil Hiace yang sudah dimodifikasi ini disumbang Toyota ke Rumah Sakit Universitas Showa, Tokyo. Selain Hiace, ada juga 11 mobil lain yang sudah dimodifikasi untuk pasien corona yakni Sienta dan JPN Taxi.

>>> Ini Grin Smile, Masker Elektrik Anti Virus Corona Buatan Lokal

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top