Toyota Targetkan Produksi 9,2 Juta Unit Mobil Secara Global Tahun 2021

08/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota Targetkan Produksi 9,2 Juta Unit Mobil Secara Global Tahun 2021
Produksi mobil Toyota tahun 2021 ditargetkan bisa mencapai 9,2 juta unit. Target ini terbilang cukup ambisius mengingat lebih tinggi ketimbang tahun 2019.

Toyota berambisi untuk bisa memproduksi 9,2 juta unit mobil secara global pada tahun 2021. Angka ini bahkan melebihi 2 persen lebih tinggi dari target tahun 2019 sebelum virus corona melanda sebagian besar negara di dunia. 

Melansir Reuters, Toyota sudah menginformasikan kepada suplier utama terkait rencana produksi mobil tersebut. Ambisi Toyota untuk meningkatkan produksi mobil itu juga merefleksikan penjualan dan permintaan yang mulai pulih di Amerika Utara dan juga Jepang. 

Produksi Toyota Hanya Dipangkas 2% pada Agustus, Penjualan Mulai Pulih?

Toyota berencana produksi mobil hybrid di Indonesia mulai 2022

>>> Geser VW, Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia Tahun 2020

Optimis Setelah Ada Vaksin

Toyota juga berharap penjualan tahun 2021 secara global bisa melebihi pencapaian tahun lalu. Asa itu muncul setelah vaksin virus corona mulai didistribusikan ke beberapa negara. Sekadar informasi, meski ada pandemi pada tahun 2020 Toyota Motor Corporation berhasil menduduki tempat pertama merek mobil terlaris di dunia. 

Keberhasilan Toyota tersebut juga berkat adanya peran dari Daihatsu Motor Co dan Hino Motors Ltd sehingga ketiganya berhasil membukukan penjualan mencapai 9,53 juta unit.  

Toyota mendapat penerimaan yang cukup baik di Negeri Paman Sam AS, dimana penjualannya hanya turun sekitar 15 persen. Secara total, penjualan mobil Toyota di pasar global hanya turun 11 persen.

Padahal, sebelum tahun 2020 penjualan VW selalu melampaui Toyota sejak tahun 2015. Namun para analis berpandangan, hasil penjualan tahun 2020 itu mungkin menunjukan tren jangka panjang.

Toyota diproyeksi masih bisa terus meningkatkan penjualan hingga tahun 2025. Sedangkan VW juga bisa kembali ke posisi puncak dengan dorongan untuk memproduksi kendaraan elektrifikasi. Tetapi pertumbuhan penjualan VW tersebut bisa terhambat lantaran lockdown jilid ke dua di pasar domestik. 

>>> Pabrik Baru Hyundai Indonesia Mulai Produksi Mobil Listrik Tahun 2022

Diramalkan Masih Akan Jadi yang Teratas

Produksi mobil Toyota

Produksi mobil Toyota tak mengendur meski ada pandemi

Sementara Toyota diramalkan akan menorehkan angka penjualan positif di Jepang, Amerika, dan juga China. Produsen mobil asal Jepang itu bukan hanya menjadi yang terlaris sepanjang 2020. Prestasi Toyota lainnya adalah menjadi merek mobil yang paling bikin orang penasaran di mesin pencarian Google. 

Berdasarkan analisa yang dilakukan Compare the Market, Toyota berhasil menggeser posisi produsen mobil Jerman, BMW yang mendominasi pencarian Google pada tahun 2019. Data tersebut dianalisa dari 158 negara di dunia selama tahun 2018, 2019, dan 2020. Toyota memuncaki pencarian teratas sepertiga atau sebesar 34,8 persen dari 158 negara. Ini merupakan peningkatan sebesar 17,7 persen dibandingkan tahun lalu. Diperkirakan volume pencarian Toyota tahun 2020 sebanyak 88,02 juta. 

Satu hal yang diduga mendorong Toyota di posisi puncak adalah dengan kehadiran sejumlah model baru di masa pandemi. Di dunia, peluncuran Toyota Corolla Cross, GR Supra rupanya membuat masyarakat di dunia maya tertarik. 

>>> Modelista dan GR Hadirkan Pilihan Bodykit Toyota Camry 2021

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top