Toyota Recall Avanza di Malaysia karena Masalah Pompa Bensin

05/03/2021

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Toyota Recall Avanza di Malaysia karena Masalah Pompa Bensin
Toyota recall mobil Avanza di Malaysia. Recall Toyota kali ini masih berkaitan dengan permasalahan pompa bensin yang melibatkan 5,84 juta mobil di dunia.

UMW Toyota Motor selaku distributor mobil Toyota di Malaysia baru saja mengumumkan recall karena permasalahan pompa bensin. Recall kali ini melibatkan 3.923 unit Toyota Avanza di negeri jiran tersebut. Recall Avanza kali ini melibatkan mobil kelahiran Oktober 2017 hingga Juni 2019. 

Recall Avanza ini berkaitan dengan masalah pompa bensin yang diduga bisa berhenti secara tiba-tiba disertai dengan munculnya lampu peringatan di panel instrumen mobil. Walhasil mobil bisa berhenti secara mendadak dan bisa membahayakan pengendara. 

Toyota Avanza

Belum diketahui apakah recall Toyota Avanza kali ini berlaku juga di Indonesia

>>> Toyota Recall Innova dan Fortuner karena Rem Bermasalah

Recall Avanza Juga Berlaku di Indonesia?

Ini merupakan recall lanjutan dari pengumuman sebelumnya yang melibatkan 5,84 juta mobil Toyota di dunia. UMW Toyota Motor sendiri bakal memberikan pemberitahuan kepada pemilik kendaraan terdampak untuk segara melakukan penggantian.

Belum diketahui apakah recall Avanza itu berlaku juga di Indonesia. Sekadar informasi, bila mengutip data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) nama Avanza termasuk dalam salah satu mobil yang diekspor utuh oleh PT Astra Daihatsu Motor. 

"Saya coba cek dulu ya," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dikonfirmasi, Jumat (5/3/2021). 

Sebelumnya diberitakan, Toyota recall sejumlah model mobilnya terkait permasalahan pompa bensin dan ada hubungannya dengan suplier Denso. Masalah pompa bensin ini juga sempat menghantui mobil-mobil Toyota di Indonesia. 

Tercatat Toyota recall sejumlah model karena fuel pump bermasalah dan harus menggantinya di Indonesia melibatkan Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla produksi tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, Kijang Innova, Fortuner, dan Hilux produksi tahun 2017-2019. Namun perlu digarisbawahi bahwa tidak semua kendaraan dalam rentang di atas terlibat, melainkan hanya VIN tertentu saja. 

Toyota Fortuner

Toyota recall Fortuner karena permasalahan terkait

>>> Iklan Mitsubishi Xpander di Malaysia Ejek Avanza 'Tak Cantik'

Recall Toyota Berkaitan dengan Risiko Kecelakaan

Banyak Recall Mobil di Indonesia karena Masalah Fuel Pump, Apa Dampaknya?

Pompa bensin rusak bisa berisiko kecelakaan

Permasalahan pompa bensin pada sederet mobil Toyota ini bisa diketahui dari tanda-tanda seperti lampu engine menyala, putaran mesin kasar, mesin tidak dapat menyala, hingga kendaraan mogok saat dikemudikan. 

"Adanya potensi mekanisme dari baling-baling rotor pompa bahan bakar bisa berubah bentuk seiring waktu. Hal ini dapat menyebabkan pompa bensin tidak dapat beroperasi, sehingga mesin menjadi kasar/tidak berputar dalam kecepatan rendah. Dan pada situasi yang jarang terjadi mesin dapat mati saat berkendara pada kecepatan tinggi, hal ini dapat berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan," tulis Toyota dalam laman resminya.

Toyota merekomendasikan para pemilik kendaraan Toyota yang termasuk dalam program ini untuk segera mengecek kendaraannya melalui berbagai saluran komunikasi yang disiapkan khusus demi memberikan kemudahan bagi para pelanggan. 

>>> Toyota Avanza Hybrid dan Innova Hybrid Hadir di Indonesia Tahun 2022?

Share this post:
Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top