Toyota Rangkul Joby Aviation Dalam Pengembangan Mobil Terbang Elektrik

18/01/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Toyota Rangkul Joby Aviation Dalam Pengembangan Mobil Terbang Elektrik
Moda transportasi udara menjadi alternatif jitu di masa depan. Toyota pun aktif dalam pengembangan mobil terbang elektrik

Toyota sangat serius dalam mengembangkan teknologi mobil terbang sebagai alternatif moda transportasi di masa depan. Hal tersebut tercermin ketika raksasa otomotif asal Jepang tersebut mengumumkan telah berinvestasi sebesar US$ 394 Juta pada sebuah perusahaan pembuat mobil terbang asal California, Joby Aviation. Salah satu wujud pengembangannya adalah merancang dan membangun sebuah kendaraan elektrik dengan spesifikasi All-Electric Vertical Take-Off and Landing (eVTOL).

Gambar menunjukkan ilustrasi kerja sama Toyota

Toyota serius dalam mengembangkan moda transportasi udara yang ramah lingkungan untuk perkotaan yang padat

>>> Toyota Fortuner Facelift 2020 Tertangkap Kamera Sedang Dites Jalan, Indikasi Segera Meluncur?

Kerjasama antara Toyota dan Joby Aviation dinilai akan menjadi salah satu terobosan revolusioner untuk menjawab kebutuhkan akan sebuah kendaraan yang mampu melakukan mobilitas dengan lebih efisien, ramah lingkungan dan bebas dari kemacetan. Menurut beberapa kalangan, kendaraan atau mobil terbang ini kemungkinan besar akan diperkenalkan terlebih dahulu sebagai taksi yang dapat digunakan pada kota megapolitan yang padat.

Gambar menunjukkan bahwa Joby Aviation eVTOL aircraft

Toyota merangkul Joby Aviation dalam pengambangan eVTOL aircraft elektrik

>>> Pamer Diskon, Ini Dia 3 Mobil Keluarga Terbaik Toyota Keluaran 2019

Joby Aviation sendiri sudah memiliki prototipe mobil terbang elektrik yang dikenal dengan istilah eVTOL aircraft. Kendaraan ini sepenuhnya menggunakan sumber tenaga dari motor listrik dan baterai yang mampu terbang sejauh 241 kilometer dengan kecepatan puncak mencapai 322 km/jam, dalam sekali pengisian daya. Menurut Joby Aviation, eVTOL aircraft mereka 100 kali lebih hening ketika lepas landas dan mendarat ketimbang helikopter konvensional dan nyaris tanpa suara ketika sedang terbang.

Gambar menunjukkan Joby Aviation eVTOl Aircraft sedang terbang di atas langit

Joby Aviation eVTOl Aircraft dapat terbang sejauh 241 kilometer dengan kecepatan puncah 322 km/jam dalam sekali pengisian daya

>>> Berbasis Yaris, Crossover Kompak Toyota Siap Diproduksi di Prancis

Dengan kerja sama dengan Toyota, maka perusahaan asal Jepang tersebut akan menyumbangkan ekspertise mereka dalam proses produksi, kontrol kualitas dan perencanaan dana dalam pengembangan dan komersialisasis dari Joby Aviation eVTOL aircraft. “Transportasi udara sedah menjadi long-term goal dari Toyota. Dengan kerjasama ini, kami dapat menentukan fokus pengembangan kendaraan masa depan, salah satunya adalah mobil terbang yang ramah lingkungan,” ujar Akio Toyoda, president dan CEO Toyota Motor Corporation.

Sementara menurut JoeBen Bevirt, founder dan CEO of Joby Aviation, kerja sama dengan perusahaan otomotif asal Jepang tersebut akan menjadi salah satu bentuk komitmen yang serius dalam fokus pengembangan mobil terbang. “ Tak ada yang meragukan kualitas dan reliability dari Toyota. Tentunya akan menjadi modal berharga bagi kami dalam proses pengembangan produk kami,” sahut JoeBen. 

>>> Berita terkini lainnya di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Meski Sudah Berumur, Ini Alasan Toyota Kijang Kapsul Bekas Masih Banyak yang Cari

16/01/2020

Jual beli

5 menit

Usia Toyota Kijang Kapsul bekas sudah diatas 20 tahun, namun masih banyak peminat mobil ini. Harga mobil bekasnya pun terbilang bertahan dan perputarannya cepat. Apa alasan dibalik larisnya mobil ini?

Lihat juga

Tips Modifikasi Toyota Calya yang Murah dan Tak Merusak Garansi

22/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Berikut ini kami berikan tips dan trik bagaimana modifikasi Toyota Calya dengan dana minim dan tak merusak garansi. Cukup sedikit sentuhan, mobil Anda akan tampil beda dengan Calya lainnya.

Lihat juga

Diam-Diam, Toyota Siapkan Generasi Terbaru Land Cruiser

16/01/2020

Mobil baru

4 menit

Sudah lebih dari satu dekade beredar di Pasar, diam-diam Toyota menyiapkan generasi terbaru Land Cruiser dan akan diperkenalkan pertengahan 2020. Bukan hanya itu, SUV ikonik itu juga akan mendapat varian hybrid.

Lihat juga

Toyota Kembangkan Merek Kinto untuk Berbagai Layanan, Termasuk Leasing

15/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Toyota telah meluncurkan merek Kinto di Eropa yang akan fokus pada layanan mobilitas, termasuk car-sharing, layanan berlangganan, dan transportasi swakemudi.

Lihat juga

Maret 2020, Toyota Supra 2.0L Hadir di Pasar Eropa

16/01/2020

Mobil baru

3 menit

Setelah sebelumnya hanya untuk pasar Jepang, Toyota Supra 2.0L dengan mesin empat silinder turbocharger 2.000cc mulai ekspansi ke Eropa. Dan akan dijual bersamaan dengan varian enam silinder yang terlah lebih dulu beredar.

Lihat juga