Toyota Raize Diburu Orang Indonesia, dalam 7 Hari Sudah Dapat Ribuan SPK

07/05/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Raize tampaknya cukup dinanti oleh masyarakat Indonesia. Buktinya, sepekan setelah peluncuran 1.269 unit Toyota Raize sudah dipesan orang Indonesia.

Kehadiran Toyota Raize di Indonesia nyatanya disambut antusias oleh masyarakat. Mobil yang mengisi segmen SUV kompak itu tampaknya sudah lama dinanti oleh para pencintanya di Tanah Air. Buktinya, ribuan unit Toyota Raize sudah terpesan hanya dalam satu pekan usai peluncurannya. 

Raize memang merupakan salah satu barang buruan di negara asalnya. Dalam beberapa kesempatan, Raize kerap menjadi mobil terlaris di Negeri Sakura. Ini tentunya membuat Toyota percaya diri saat mengenalkan Raize di Tanah Air.

Di samping itu, adanya diskon Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) sebesar 100% masih menanti dan akan berakhir pada 31 Mei 2021. PT Toyota Astra Motor sendiri menargetkan bisa menjual Raize sebanyak 2.000 unit per bulan.

Toyota Raize

>>> Mesin 3 Silinder Identik Getar, Bagaimana dengan Raize?

Ribuan Unit Raize Sudah Dipesan

Saat ini, Raize hanya ditawarkan dalam satu pilihan mesin yakni 1.0L turbo. Adapun pada semester kedua varian mesin 1.2L bakal menyusul. 

"Raize sudah menerima SPK 1.269 unit dalam waktu 1 minggu. Varian GR paling diminati 80%," ungkap Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy, Jumat (7/5/2021). 

Dijelaskan Anton pemesanan Toyota Raize masih didominasi di wilayah Pulau Jawa dengan rincian sebagai berikut, Jakarta 24%, Jawa Barat 14%, dan Jawa Timur 11%. Adapun Toyota akan segera mengirim Raize ke garasi konsumen sebelum Lebaran dan dilanjutkan setelahnya. 

Toyota Raize

Pesan Raize sekarang belum tentu bisa dapat PPnBM 100%

Perlu diketahui meski memesan sekarang, konsumen belum tentu bisa mendapat diskon PPnBM 100%. Besaran diskon PPnBM tergantung nanti saat masa pengiriman. 

"Sulit ya karena PPnBM itu aturan pemerintah dan sudah diberikan waktunya. Sama dengan produk lain yang dapat PPnBM bahwa di Juni ada perubahan harga kita terpaksa PPnBM dari 100% tinggal 50%. Sama dengan konsumen di Februari saat SPK tidak ada relaksasi pas serah terima di Maret mendapat relaksasi," ungkap Anton. 

>>> Harga Beda Tipis, Toyota Raize Bakal Senggol Rush?

Tren SUV tengah Naik Daun

Toyota Raize

Raize menambah daftar SUV Toyota di Indonesia

Toyota Raize memberikan hawa segar di segmen SUV Tanah Air. Ini sekaligus menjadi pilihan baru terutama bagi generasi milenial. Mobil jenis SUV di Indonesia memang tengah naik daun. Pada tahun 2017, kontribusi SUV terhadap penjualan Toyota masih berada di angka 11,9%. Tiga tahun setelanya, komposisinya naik dua kali lipat menjadi 25,9%. 

Ini berarti 1 dari 4 mobil Toyota adalah SUV. Kehadiran Raize menambah lengkap jajaran SUV milik Toyota. Dengan begitu, kini ada 6 SUV yang dimiliki Toyota. 

"Kalau kita lihat market SUV 5 tahun ke belakang 5 dan 7 seater berkembang terus. Rasanya banyak yang meminta Toyota melengkapi line up SUV kita. Kalau dilihat dari komposisi SUV, 7-seater besar 60%, 5-seater 40%, saya rasa timing yang tepat melengkapi 5 seater model saya rasa segmennya tepat, producst size, desain, valuenya ya," jelas Anton. 

"Saya bicara total SUV dikumpulin dari bawah sampe atas itu 60% suv 7-seater. 40% nggak kecil perlu disikapi. Belakangan tren suv naik terus dan kami perkirakan dengan adanya Raize mudah-mudahan akan menambah segmen SUV dan saya nggak bisa memperediksi berubah drastis," sambung Anton. 

>>> Pilihan Mobil Bekas Seharga Toyota Raize-Daihatsu Rocky, Ada Harrier!

 

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top