Toyota Produksi  Lagi Onderdil Toyota Land Cruiser Seri 40 

02/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Land Cruiser Seri 40 semakin panjang umurnya karena Toyota sudah mulai memproduksi kembali sejumlah suku cadang reproduksi untuk pemakaian harian

Kabar gembira untuk para pemuja Toyota Land Cruiser 40 Series. Pada 1 Agustus 2021 di Toyota City, Jepang, , Toyota Gazoo Racing secara resmi mengumumkan produksi ulang suku cadang TLC Seri 40. Pengumuman tersebut sekaligus menandai 70 tahun kelahiran  Toyota Land Cruiser  pada tahun 1951. Saat itu, Toyota Land Cruiser (BJ 1951, non diesel) melakukan demo perdana dan mampu mencapai pos ke-enam di gunung Fuji.  

>>> Modifikasi Toyota Land Cruiser FJ40 Cangkok Mesin Chevrolet V8

Toyota Land Cruiser Seri 40 

gambar toyota land cruiser

Sang legenda pembuka jalan sukses Toyota di seluruh penjuru dunia 

Secara spesifik, suku cadang reproduksi dibuat khusus oleh GR Heritage Parts Project untuk TLC Seri 40 yang diproduksi pada kurun waktu 1960-1984. Mengapa TLC Seri 40? Selain menjadi salah satu the longest running product dalam keluarga besar Toyota, SUV tersebut membuka jalan kesuksesan Toyota di seluruh penjuru benua di dunia.      

gambar toyota land cruiser

Beredar sejak tahun 1960, berhenti diproduksi tahun 1984 dan masih aktif hingga saat ini  

Walau produksinya sudah berhenti sejak tahun  1984, nyatanya banyak TLC Seri 40 yang masih terus digunakan sampai saat ini di seluruh dunia. Wajar kalau para pemilik mengeluhkan kelangkaan suku cadang dan berita itu sampai ke Toyota. Alasan tersebut mendorong Toyota Gazoo  Racing untuk membuat suku cadang reproduksi versi genuine parts (suku cadang asli) yang paling banyak dibutuhkan dalam waktu cepat oleh konsumen. 

gambar mesin toyota

Mungkinkah mesin 1FZ diproduksi kembali? 

Setelah melakukan survei di seluruh dunia, Toyota GR membuat  suku cadang reproduksi pada  sektor  driving, turning, and braking untuk TLC Seri 40. Nantinya suku cadang reproduksi tersebut akan dipasarkan sebagai "genuine heritage parts" yang mencakup  mesin, driveline dan sistem knalpot. Toyota GR siap memasok komponen tersebut mulai awal tahun 2022 melalui jalur khusus dengan produsen suku cadang terpilih.

Lebih jauh, Toyota Gazoo Racing telah menyiapkan kolom khusus dalam website-nya terkait permintaan konsumen untuk kebutuhan suku cadang. Berdasarkan isian dan masukan jajak pendapat tersebut, Toyota Gazoo Racing akan memilih dan menentukan suku cadang reproduksi yang dibutuhkan konsumen.  

Suku Cadang Reproduksi

gambar onderdil reproduksi

Salah satu suku cadang reproduksi (master kopling atas) Toyota Supra A70

Sejauh ini, Toyota Gazoo Racing telah membuat suku cadang reproduksi (heritage parts) untuk Toyota Supra (A70 dan A80) serta Toyota 2000GT. Setelah proyek suku cadang reproduksi TLC Seri 40, Toyota Gazoo Racing punya rencana untuk meneruskan  pembuatan suku cadang reproduksi pada  Toyota Land Cruiser Seri selanjutnya.  

>>> [INFOGRAFIK] Sejarah Toyota Land Cruiser: 10 Juta Unit di 150 Negara
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top