Toyota Perkuat Ekosistem EV, Kini Jaringan Charging Tersebar di 111 Titik

08/07/2024

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Perkuat Ekosistem EV, Kini Jaringan Charging Tersebar di 111 Titik
Toyota terus merambah kehadiran EV Charging (SPKLU) di diler, rest area, dan mal, yang kini telah memiliki 111 titik, terakhir fasilitas serupa tersedia di Gandaria City Mal Jakarta.

​​​​​​​PT TAM meresmikan titik charging station baru di Gandaria City Mal
PT TAM meresmikan titik charging station baru di Gandaria City Mal

PT Toyota-Astra Motor (TAM) kembali menambah fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot, kini di Gandaria City Mal, Jakarta Selatan. Fasilitas ini menambah jumlah total ultra fast charging Toyota menjadi 4 titik.

Sebelumnya, fasilitas serupa telah hadir di beberapa area publik dengan lokasi strategis yaitu di ASHTA Mall Jakarta, Rest Area KM 456A, dan Rest Area KM 695A. Selain di area publik tersebut, ada juga 111 diler dengan charging spot termasuk 3 yang menggunakan Ultra Fast Charger di cabang Toyota wilayah Semarang, Yogyakarta, dan Banda Aceh.

Dengan total 115 titik di diler dan area publik, fasilitas charging spot Toyota yang semakin lengkap dan terhubung di berbagai lokasi pilihan yang strategis, dimaksudkan agar masyarakat pengguna Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) Toyota dapat berkendara tanpa khawatir daya baterai habis di jalan.

Dengan 4 spot charging terbaru di Gandaria City Mal, tersedia 1 unit UFC 120 kW (dengan 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO & AC Type 2 (22 kW)) dan 1 unit AC Charger Type 2 22 kW yang dapat dimanfaatkan secara gratis selama pelanggan shoping atau hangout di mal. Selain itu, terdiri atas 3 titik parkir, Privilege Parking Spot merupakan area parkir dedicated yang disediakan khusus untuk semua jenis kendaraan elektrifikasi Toyota dan Lexus.

>>> Pengen beli mobil Toyota baru atau bekas? Dapatkan pilihannya di sini

Charging Spot di Lokasi Strategis

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan, charging spot dibangun supaya pelanggan BEV dan PHEV Toyota serta Lexus tidak perlu khawatir akan range anxiety atau rasa khawatir daya baterai habis sebelum mencapai tujuan.

"Fasilitas charging spot di dealer resmi Toyota berusaha melayani pelanggan di wilayah perkotaan, ditambah fasilitas serupa di Rest Area Jalan Tol Trans Jawa untuk mobilitas antar kota, bersama Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di mal besar di Jakarta untuk melayani area lifestyle," kata Anton Jimmi, dikutip dari siaran pers, Minggu (6/72024).  

Charging spot dibangun agar pelanggan BEV dan PHEV Toyota dan Lexus tidak khawatir
Charging spot dibangun agar pelanggan BEV dan PHEV Toyota dan Lexus tidak khawatir

Dia mengungkapkan TAM akan terus menghadirkan fasilitas charging spot di berbagai lokasi strategis untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan kendaraan elektrifikasi. Sejalan strategi Multi Pathway, PT TAM menghadirkan opsi lengkap kendaraan elektrifikasi (xEV) jenis Hybrid Electric Vehicle (HEV), Battery Electric Vehicle (BEV) dan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dalam upaya menuju netralitas karbon.

Karena itu, PT TAM juga menyediakan fasilitas charging spot di berbagai lokasi ramai lalu lintas sebagai pendukung mobilitas BEV dan PHEV Toyota untuk memberikan peace of mind.  

>>> Mobil Baru Toyota Via Trade-In jadi Solusi Wacana Pembatasan Usia Kendaraan Jakarta

111 Titik Charging Spot

Lokasi jaringan dealer resmi Toyota yang berada di lokasi strategis di setiap kota memudahkan pelanggan mengakses fasilitas charging spot gratis tanpa biaya. Saat ini, charging spot di outlet resmi Toyota sudah terdapat di 111 titik di berbagai wilayah dengan perincian 16 titik di Pulau Sumatera, 85 titik di Pulau Jawa, 1 titik di Pulau Kalimantan, 7 titik di Pulau Sulawesi, dan 2 titik di Pulau Bali dan Nusa Tenggara.

Jumlah tersebut sudah mencakup 34 persen dari total 329 dealer resmi Toyota di seluruh Indonesia. Masing-masing outlet memiliki 1 unit AC Charger berdaya 22 kW, sementara DC Ultra Fast Charging (UFC) berdaya 120 kW tersedia di dealer resmi Toyota Nasmoco Bantul Yogyakarta, Nasmoco Majapahit Semarang, dan 150kW di Dunia Barusa, Banda Aceh.

Toyota Bz4x
Toyota Bz4x

Rencananya, Toyota akan terus menambah fasilitas charging spot di banyak area lain, mengingat antusiasme masyarakat yang kian meningkat seiring semakin populernya xEV Toyota. Untuk menunjang mobilitas antar kota pelanggan serta menambah daya jelajah BEV dan PHEV lebih jauh lagi lagi, Toyota mengoperasikan UFC di Rest Area KM 456A Salatiga-Surabaya berkolaborasi dengan PLN dan Rest Area KM 695A Jombang-Surabaya Jalan Tol Trans Jawa. Fasilitas yang disediakan berupa 1 unit Ultra Fast Charging yang dilengkapi 3 jenis gun charger tipe CCS2, CHAdeMO dan AC Type 2 (22 kW) yang dapat dimanfaatkan oleh pelanggan Toyota.

Teranyar, setelah menyediakan fasilitas Privilege Charging Spot dan Privilege Parking Spot di ASHTA Mal Jakarta, PT TAM menghadirkan fasilitas serupa di Gandaria City Mal Jakarta. Pemilihan mal tersebut karena adanya persamaan visi dengan Toyota yakni fokus pada lingkungan dan berada di pusat keramaian.  Privilege Charging Spot merupakan fasilitas isi ulang baterai xEV, eksklusif untuk BEV dan PHEV Toyota serta Lexus.

>>> Wisata Hijau, Toyota dan The Stones Bali Hadirkan Shuttle EV

Menggeluti dunia Jurnalistik sejak 2013, berbagai desk berita umum telah dilakoninya. Mulai dari kriminal dan metropolitan, seleb dan gaya, kesehatan dan lingkungan, ekonomi bisnis, serta kepemerintahan. Terakhir, yakni di 2020 mulai jatuh cinta dengan Otomotif. Kata siapa perempuan nggak
 
back to top