Toyota Pangkas Produksi Lexus karena Corona, Suplai ke RI Masih Aman

11/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Toyota Pangkas Produksi Lexus karena Corona, Suplai ke RI Masih Aman
Toyota dikabarkan akan memangkas produksi mobil mewahnya bermerek Lexus untuk sementara waktu. Meski begitu, impor mobil Lexus di Indonesia tak terpengaruh akan hal tersebut.

Toyota dikabarkan akan memangkas produksi mobil mewahnya bermerek Lexus untuk sementara waktu. Langkah pemangkasan produksi Lexus ini diambil Toyota mengingat penjualan di salah satu pasar terbesarnya yakni China merosot. 

Kabarnya Toyota akan memangkas sekitar enam persen produksi Lexus di dua pabrik domestik Toyota di Jepang. Melansir Nikkei Asian Review, Rabu (11/3/2020), pemangkasan produksi tersebut baru akan dilakukan Toyota pada Senin mendatang hingga akhir Maret 2020. 

>>> Siap Mengaspal, Lexus LM300h Dibuat Khusus untuk Konsumen Indonesia

Penjualan Lexus di China Merosot Tajam

Secara keseluruhan, penjualan Toyota di China merosot tajam hingga 70 persen pada Februari menjadi 23.800 unit. Penyebaran virus Corona yang secara cepat meluas disebut-sebut membuat konsumen mengurungkan niatnya untuk membeli mobil. Hal itu memicu kekhawatiran bahwa dibutuhkan waktu hingga penjualan bisa pulih kembali sehingga berdampak pada pengurangan produksi Lexus. 

Toyota pangkas produksi Lexus

Lexus NX

"Saya pikir orang-orang di China tak memiliki keinginan untuk membeli mobil saat ini," ujar seorang sumber dekat Toyota yang namanya tak disebutkan. 

>>> Perdana, Mobil Listrik Lexus UX300e Resmi Debut Di China

Walhasil, Toyota memutuskan untuk memangkas produksi Lexus di pabrik Miyata, sebelah selatan perfektur Fukuoka dan juga pabrik Tahara yang terletak di pusat perfektur Aichi serta meniadakan lembur. Selama paruh kedua bulan Maret, kedua pabrik tersebut akan memproduksi sekitar 1.000-2.000 unit mobil Lexus sesuai dengan 0,2% penjualan Lexus per tahun secara global.  

Toyota masih menanti kondisi perkembangan di China. Jika imbas penyebaran virus Corona ini terus memburuk maka Toyota akan memangkas lebih banyak produksi mobil Lexus. 

Impor Lexus di Indonesia Masih Normal

Pemangkasan produksi mobil Lexus akibat penyebaran virus Corona di Jepang rupanya tak berimbas ke Indonesia. Impor mobil Lexus di Indonesia disebut masih berjalan seperti biasa. 

"Pada saat ini impor Lexus ke indonesia masih normal," sebut Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy saat dihubungi Cintamobil.com, Rabu (11/03/2020). 

Impor mobil Lexus di Indonesia belum terpengaruh virus corona

Impor mobil Lexus di Indonesia belum terpengaruh virus Corona

>>> Cegah Virus Corona Bersarang di Kabin Mobil dengan Teknik Fogging

Pun demikian dengan model lain Toyota yang diimpor. Penyebaran wabah virus Corona belum berdampak signifikan terhadap impor mobil-mobil Toyota. 

Sekadar informasi, tahun lalu ada 765.000 unit mobil Lexus yang terjual di seluruh dunia. 202.000 unit diantaranya laris manis di China. China juga merupakan pasar terbesar kedua Lexus setelah Amerika Utara. Toyota sendiri telah merilis mobil listrik pertama Lexus di China. Tapi adanya virus Corona ini cukup mengganggu aktifitas penjualan Lexus di Negeri Tirai Bambu tersebut. 

>>> Berita otomotif terbaru dan terlengkap bisa Anda temukan di sini

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top