Toyota Ingin Mobil Hidrogen Lebih Terjangkau di Pasar China

08/06/2020

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Ingin Mobil Hidrogen Lebih Terjangkau di Pasar China
Toyota bersama lima produsen asal China ingin hadirkan mobil berteknologi hidrogen bisa lebih murah sehingga dapat bersaing dengan mobil berteknologi listrik.

Toyota dilaporkan telah bekerja sama dengan lima perusahaan asal China termasuk Beijing Automobile Group Co dan China FAW Corp untuk mengembangkan kendaraan komersial bertenaga hidrogen. Kemitraan ini bertujuan untuk mendorong lebih pasar China untuk sumber energi alternatif.

>>> Larangan Mudik Berakhir, Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Dibuka Lagi

Gambar menunjukan Mesin mobil hidrogen

Toyota ingin mobil bertenaga hidrogen lebih terjangkau di pasar China

Tiga perusahaan lainnya termasuk Beijing SinoHytec Co, Dongfeng Motor Corp dan Guangzhou Automobile Group Co. Kemitraan ini akan berbasis di Beijing menjadi pusat penelitian dan pengembangan United Fuel Cell System dan saham mayoritasnya akan dimiliki 65 persen oleh Toyota dengan investasi awal 5 miliar yen ($ 46 juta).

"Keenam perusahaan akan mencoba mengembangkan sistem sel bahan bakar murah sambil meningkatkan kinerja penggerak, efisiensi bahan bakar dan daya tahan." kata kemitraan ini. 

Toyota sejatinya merupakan salah satu produsen mobil global yang percaya bahwa hidrogen dapat menjadi sumber energi setara kendaraan listrik atau bahkan lebih baik. Kemitraan baru ini juga menggarisbawahi minat berkelanjutan Toyota pada sel bahan bakar, terutama untuk kendaraan komersial seperti bus dan truk. 

>>> Program Midyear Festival 2020, Beli Suzuki XL7 Bonus iPhone 11

Gambar menunjukan Pengisian daya hidrogen

Salah satu yang harus dihadapi mobil beteknologi hidrogen ialah masih minimnya stasiun pengisian daya

Meskipun didukung oleh Toyota dan raksasa industri lainnya mempromosikan manfaat kendaraan sel bahan bakar hidrogen melalui pengisian bahan bakar lebih cepat dan cocok untuk berkendara jarak jauh daripada kendaraan listrik. Tetapi sayangnya teknologi alternatif tersebut masih tidak cukup menarik karena harganya yang mahal. 

"Pasar kendaraan listrik sel bahan bakar, terutama untuk kendaraan komersial, tumbuh pada kecepatan yang tidak terlihat di tempat lain di dunia," kata Toyota dalam pernyataannya.

Pemerintah China sendiri menginginkan 1 juta kendaraan sel bahan bakar hidrogen di jalan dalam satu dekade ke depan dan menginvestasikan banyaj dana untuk memacu penelitian dan pengembangan serta mensubsidi pembelian. Meski begitu menurut proyeksi pemerintah jalan tersebut masih sangat panjang. Tahun depan saja jumlah kendaraan sel bahan bakar hidrogen di jalan baik penumpang dan komersial diperkirakan hanya akan mencapai angka 5.000 unit.

>>> Simak terus berita mobil terlengkap dan terupdate hanya di Cintamobil.com

Share this post:
Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top