Toyota Masih Enggan Buka Suara Soal Pemesanan Raize di Dealer

24/02/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota masih enggan buka-bukaan soal peluncuran Raize di Indonesia. Pun demikian soal pemesanan Raize yang kabarnya sudah mulai dibuka di dealer-dealer Toyota

Toyota masih memilih untuk menutup mulut menanggapi peluncuran Raize di Indonesia. Nama Toyota Raize sendiri belakangan kembali hangat menjadi bahan perbincangan setelah diduga terdaftar di lampiran Permendagri Nomor 1 tahun 2021 tentang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB). 

Dalam lampiran tersebut, nama Toyota Raize tak tertulis dengan jelas. Melainkan hanya, A250RA-GBVVJ 1.0T, A250RA-GMXVJ 1.0T, A251RA-GBXFJ 1.2, dan A251RA-GMXFJ 1.2 yang diduga kuat sebagai kode dari Toyota Raize. 

Toyota Raize

Tampang Raize dari depan

>>> Kembaran Daihatsu Rocky Dijual di Malaysia, Harga Mulai Rp 200 Jutaan

Kabar Peluncuran Raize Masih Abu-abu

Harga mobil yang diduga sebagai Raize itu memiliki NJKB mulai Rp 146 juta hingga yang termahal Rp 198 juta. Tapi ini bukanlah patokan harga jual Raize nantinya, mengingat ada sejumlah pajak yang harus disetor dan berpengaruh terhadap peningkatan harga. 

Belum habis sampai di situ. Baru-baru ini tim Cintamobil mendapatkan kabar bahwa Toyota Raize segera diluncurkan pada April 2021. Jelang peluncuran di bulan keempat tersebut, salah seorang pramuniaga mengatakan bahwa SUV yang mengisi segmen SUV sub 4-meter itu sudah bisa dipesan. 

Toyota Raize

Kabarnya dealer Toyota di Jakarta sudah bisa terima pesanan Raize

Pramuniaga yang namanya dirahasiakan itu juga menyebut besaran uang muka alias Down Payment (DP) untuk pembelian Toyota Raize. 

"Ini sih baru perkiraan aja ya, harganya berkisar  Rp 160 hingga Rp 220 juta," jelas pramuniaga tersebut. 

PT Toyota Astra Motor pun masih enggan bicara akan peluncuran Raize di Indonesia. Pun Direktur Marketing PT TAM Anton Jimmi Suwandy masih ogah berkomentar tentang pemesanan Raize yang disebut sudah bisa dilakukan di dealer Toyota. 

"Saya belum bisa komen untuk produk baru ya," kata Anton saat dikonfirmasi Cintamobil baru-baru ini. 

>>> Intip Kisi-kisi Harga Daihatsu Rocky-Raize

Bakal Ramaikan Segmen SUV Sub-4 meter

Kehadiran Toyota Raize bisa menjadi angin segar di segmen SUV. Peluncurannya di Indonesia tentu banyak dinanti para penggemarnya. Dengan pilihan mesin yang ditawarkan dan juga berpatokan dengan harga jual di Jepang, Toyota Raize menyasar segmen SUV di bawah Rush-Terios. 

Toyota Raize

Segmen SUV bakal makin ramai

Saat ini segmen tersebut sudah diisi oleh KIA Sonet dan juga Nissan Magnite. Jika yang tercantum dalam lampiran Permendagri tersebut adalah Raize maka akan ada dua pilihan mesin yang ditawarkan yakni 1.0 L turbo dan 1.2 L. Untuk pilihan mesin 1.0 L, Raize sudah harus siap berhadapan dengan Nissan Magnite yang meluncur pada Desember 2020. 

Namun soal kepastian peluncuran, harga, dan juga pilihan mesin tentunya Anda harus bersabar sedikit ya hingga nanti ada pengumuman resmi dari pihak Toyota. 

>>> Daihatsu Rocky Hybrid Siap Mengaspal 2021, Pakai Teknologi Toyota

Penulis
Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor. Roles Sebagai Editor di Cintamobil.com, Dina berperan menulis sekaligus mengedit tulisan agar lebih enak untuk dibaca dan juga mengontrol pemberitaan yang lebih layak. Di samping itu, tetap memantau pergerakan berita di industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. Specialities Memantau pergerakan berita di industri otomotif sekaligus menulisnya dengan cepat Mengedit berita Experience - GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019 - IIMS 2017, 2018, 2019 - IMOS 2016, 2018 - Geneva International Motor Show 2017 - Tokyo Auto Salon 2019
 
back to top