Toyota Gencar Bangun Fasilitas Pengisian Daya Bahan Bakar Hidrogen

06/04/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota mendorong maju mobil berbahan bakar hidrogen dengan mendirikan pusat produksi dan pengisian daya bahan bakar terbarukan tersebut di Australia.

Toyota telah menjual Mirai bertenaga hidrogen di Jepang dan AS selama tujuh tahun belakangan. Tapi kalau untuk ekspansi ke pasar Australia masih terbatas karena kurangnya infrastruktur. Atas dasar itulah Toyota akhirnya akan mendirikan pusat produksi dan pengisian bahan bakar hidrogen di Australia untuk kembali mempopulerkan mobil fuel cell tersebut.

>>> Harga Toyota Fortuner dan Kijang Innova Setelah Dapat Diskon PPnBM

Gambar menenjukan Fasilitas produksi bahan bakar hidrogen

Fasilitas tersebut berada di Altona sebelah barat Melbourne

Sejalan dengan Tujuan Toyota

Pusat produksi dan pengisian bahan bakar hidrogen terbaru itu berada di Altona sebelah barat Melbourne. Menurut raksasa pembuat mobil asal Jepang tersebut, mobil hidrogen akan memainkan peran kunci dalam mengisi bahan bakar kendaraan ramah lingkungan. 

“Secara global, Toyota berkomitmen untuk mencapai nol CO2 dari kendaraan dan pabriknya di bawah Toyota Environmental Challenge 2050 dan commissioning fasilitas pengisian bahan bakar  hidrogen kami di sini hari ini adalah langkah penting untuk mencapai tujuan itu,” kata Mr. Matthew Callahor, presiden dan CEO dari Toyota Australia seperti dikutip dari laman Carscoops.

Fasilitas baru tersebut diharapkan dapat menghasilkan sebanyak 80 kg hidrogen per hari, yang akan disimpan di bank tabung penyimpanan pada tekanan sedang dan tinggi. Nantinya bahan bakar yang dihasilkan akan dibeli konsumen Mirai di Negeri Kanguru tersebut.

>>> Ini Alasan Kenapa Harus Gunakan Suku Cadang Asli pada Mobil

Gambar menunjukan Toyota Mirai

Toyota Mirai bertenaga hidrogen

Toyota Mirai Generasi Kedua

Toyota Mirai kini jauh lebih besar dari pendahulunya generasi pertama, berukuran panjang 4.975 mm (+85 mm), lebar 1.885 mm (+70 mm), dan tinggi 1.470 mm (-65 mm) dengan jarak sumbu roda 2.920 mm (+140 mm). Generasi kedua ini juga telah menggunakan platform Toyota New Global Architecture.

Mirai Generasi kedua juga telah dibekali dengan tiga tangki untuk penyimpanan hidrogen yang memungkinkan jangkauan hingga 850 km, naik dari 650 km yang sebelumnya ditawarkan oleh Mirai generasi pertama dengan dua kapasitas tangki bahan bakar. Mirai terbaru juga dapat berfungsi sebagai pasokan listrik melalui dengan menghubungkan stop kontak catu daya eksternal mobil ke catu daya DC eksternal.

>>> Efek Diskon PPnBM Penjualan Toyota Bulan Maret Naik Drastis

Rahmat menjadi jurnalis otomotif media daring sejak 2014 silam. Tercatat Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019 hingga saat ini. 

Lulusan jurusan Sastra Indonesia ini sejak awal kuliah memang bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sebelum berkiprah di media yang berfokus di Industri otomotif, Rahmat terlebih dulu menulis untuk sebuah majalah sebuah media lokal di Kota Tangerang Selatan.

Setelah setahun lamanya menulis untuk sebuah majalah lokal akhirnya ia berpindah menulis untuk sebuah media daring otomotif. Tepatnya di tahun 2014 ia mulai menulis berkaitan dengan industri otomotif nasional dalam dan juga luar negeri. 

Setelah lulus kuliah di tahun 2017 ia memutuskan untuk keluar dari dunia kewartawanan yang selama ini menghidupinya. Ia mencoba peruntungan dunia marketing mobil bekas. Tak lama berselang ia mencoba peruntungan bekerja di Cintamobil.com pada posisi yang sama. Tak lama setelah itu Rahmat dipindahkan ke tim redaksi Cintamobil.com

Orang bijak pernah berkata rumah bukan sebuah tempat, melainkan perasaan. Sejauh manapun Anda melangkah rumah adalah tempat untuk kembali. Kira-kira seperti itulah yang menggambarkan nasib Rahmat yang akhirnya bisa kembali ke dunia penulisan. 

 
back to top