Toyota Land Cruiser Seri 70 Listrik, Fosil Hidup Untuk Tambang Bawah Tanah

24/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Toyota Land Cruiser Seri 70 Listrik menjadi salah satu upaya mempertahankan sang kuda beban sejati agar tetap bisa berdinas dalam tambang bawah tanah

Afrika, Australia dan Timur Tengah menjadi wilayah pasar terbesar di dunia untuk Toyota Land Cruiser Seri 70 yang melanjutkan tradisi Seri 40 sebagai Toyota Land Cruiser versi heavy duty dan tradisional. Sesuai posisi produknya, Toyota Land Cruiser Seri 70 memang disiapkan sebagai kuda pekerja sejati untuk beban kelas berat sehingga tersedia dalam pilihan pick-up, double cabin pick-up, hardtop dan station wagon 5 pintu.

>>> SVI MAX 3, Modifikasi Toyota Land Cruiser Jadi Mobil Militer Tahan Peluru

Secara volume penjualan, Toyota Land Cruiser Seri 70 tidak sebanyak TLC lainnya yang dijual di seluruh dunia. Namun tingginya permintaan dari tiga wilayah tadi menyebabkan Toyota tetap mempertahankan produksi TLC Seri 70 sejak tahun 1984 hingga saat ini. Lantas, bagaimana kisah SUV Toyota yang dikonversi jadi EV (Electric Vehicle) ini? Simak kisahnya yang dirangkum tim Cintamobil.com berikut ini.

Konversi Listrik

Sejalan perkembangan mobil elektrifikasi dan tingginya populasi TLC Seri 70 mendorong sebuah perusahaan asal Australia, VivoPower, menjalin perjanjian dengan Toyota Australia untuk membuat kit konversi mobil listrik.

gambar toyota

Paket konversi listrik untuk Toyota Land Cruiser Seri 70

Paket tersebut ditujukan untuk konversi TLC Seri 70 terutama generasi lama menjadi mobil listrik sehingga memenuhi regulasi emisi gas buang dan bisa digunakan lebih lama lagi. Jika  perjanjian tersebut disetujui oleh kedua belah pihak, VivoPower akan menyediakan paket electric powertrain yang dibuat oleh  Tembo e-LV BV asal Belanda untuk TLC Seri 70 selama kurun waktu lima tahun plus opsi dua tahun.  

Mobil Tambang

Secara spesifik, paket konversi mobil listrik ini disiapkan untuk TLC Seri 70 yang dipakai sebagai kendaraan operasional tambang bawah tanah. Tujuannya agar para pekerja tambang bawah tanah tidak terus menerus menghirup  asap gas buang mesin diesel sehingga mengurangi risiko masalah kesehatan. Mengingat kondisi kerja dalam tambang bawah tanah tergolong ekstrem, paket electric powertrain buatan Tembo e-LV mempunyai spesifikasi IP67 sehingga semua sistem tahan air.

gambar toyota

Toyota Land Cruiser Seri 70 Listrik, kuda pekerja untuk tambang bawah tanah

Perangkat inverter 100 kW dan motor listrik  110/65 kW menghasilkan  torsi 250 Nm dan jarak tempuh 160-200 km untuk mendukung kerja berat dalam tambang bawah tanah. Tidak lupa sistem pengisian dengan metode 3-fase 208 Volt atau 3-fase 600 Volt sehingga memudahkan proses pengecasan baterai di mana saja. O iya, sebelumnya paket konversi mobil listrik ini sudah diterapkan pada Toyota Hilux.   

>>> Toyota Konversi Land Cruiser 70 Series EV, Untuk Keperluan Tambang

Penulis
Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.
 
back to top