Toyota Jadi Merek Global Terbaik versi Otomotif

22/10/2020

Pasar mobil

2 menit

Share this post:
Toyota Jadi Merek Global Terbaik versi Otomotif
Kembali mengukuhkan eksistensinya sebagai pabrikan otomotif paling kuat di dunia, Toyota tercatat menjadi merek global terbaik pada tahun 2020 versi otomotif.

Di tengah masa sulit bagi sebagian besar perusahaan di seluruh dunia, Toyota masih kokoh memuncaki Best Global Brand atau Merek Global Terbaik tahun 2020. Penelitian yang diluncurkan oleh Interbrand ini menganalisa kekuatan brand dan loyalitas konsumen. Menariknya, ada nama Tesla yang kembali masuk setelah keluar dari posisi 100 besar sejak tahun 2017.

Kembali dipimpin Toyota

Tahun 2020 bisa dibilang menjadi tahun yang cukup sulit bagi sebagian besar perusahaan, tak terkecuali pabrikan otomotif. Namun masalah pandemi dan penurunan penjualan habis-habisan akibat lockdown maupun pembatasan sosial dan ketidak pastian ekonomi membuat semua pabrikan harus beradaptasi dengan kenormalan baru.

logo Toyota berwarna biru
Toyota berada di puncak daftar Best Global Brand 2020

>>> Sekolah Kaki Kanan Innova Community Cara Unik Sosialisasikan Eco Driving

Dilansir dari berbagai sumber, laporan tahunan dari Interbrand ke-21 bernama The Decade of Possibility mengalanisis perusahaan dari berbagai sektor bisnis. Hasil laporan tersebut menggunakan tiga poin kunci dalam metodologi penelitiannya, diantaranya

  • Kinerja keuangan dari sebuah produk maupun layanan,
  • Peran sebuah merek dalam keputusan pembelian konsumen,
  • Kekuatan kompetitif sebuah merek dan kemampuannya menciptakan loyalitas konsumen yang akhirnya menghasilkan permintaan dan keuntungan yang berkelanjutan di masa depan.

Hasil riset tersebut menunjukkan Toyota kembali memenuhi syarat sebagai merek otomotif dengan peringkat tertinggi dari daftar 100 merek teratas berdasarkan Interbrand. Di antara semua merek dari semua bisnis di seluruh dunia, perusaaan asal Jepang tersebut memegang posisi ketujuh dengan penilaian $ 51.595 juta. Tepat di bawah Toyota ada Mercedes-Benz dengan valuasi $ 49.268 juta, disusul BMW di posisi ketiga dalam sektor otomotif dengan valuasi $ 39.756 juta.

>>> Hyundai Motor Company Tempati Peringkat Lima Global Brand Ranking Interbrand 2020

Masuknya Tesla

Nama-nama besar pabrikan yang sudah puluhan tahun bergelut di pasar otomotif dengan sejarah yang panjang serta memiliki pelanggan yang loyal memang sudah semestinya masuk ke daftar teratas. Tapi jauh di bawah daftar ini ada nama Tesla yang kembali masuk sebagai salah satu brand otomotif paling berharga di dunia.

Tesla Model X berwarna putih
Tesla masuk ke posisi-40 pada tahun 2020

Perusahaan milik Elon Musk ini masuk ke posisi ke-40 dari total 100 brand. Dengan kemunculan mobil listrik yang semakin terjangkau, Tesla mampu meraih valuasi $ 12.758 juta dari Interbrand. Terakhir kali Tesla muncul di tabel Merek Global Terbaik adalah pada tahun 2017. 

Di luar bisnis otomotif, perusahaan dan merek teknologi masih mendominasi posisi teratas. Apple masih mengakuisisi tempat pertama. Disusul oleh Amazon yang mendapatkan kenaikan 60% pada tahun 2020. Selanjutnya ada Microsoft yang menggeser Google sebagai Merek Global Terbaik ketiga saat ini.

>>> Berbagai pilihan mobil Toyota baru maupun bekas bisa Anda dapatkan di sini

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top