Anti Rusak! Toyota Hilux Terjun Bebas Dari 10.000 Kaki, Kondisinya?

19/06/2021

Pasar mobil

3 menit

Apa jadinya jika Toyota Hilux dilemparkan pada ketinggian 10.000 kaki. Kira-kira jadi apa bentuknya sekarang?

Youtuber WhistlinDiesel yang dikenal sering melakukan hal-hal gila dalam menguji mobil kemarin (6/18) baru saja melakukan hal ekstrim untuk menguji ketangguhan Toyota Hilux. Tidak tanggung-tanggung Youtuber tersebut melemparkan pikap tersebut dari ketinggian 10.000 kaki ke tanah.

>>> Lelang Bea Cukai Mercedes-Benz Estate Laku Segini, Fantastis!

Apa yang Terjadi?

Pada prosesnya tim WhistlinDiesel mengaitkan Hilux ke helikopter angkat berat Kaman K-Max untuk membawa pikap tersebut berada di ketinggian 5.000 kaki untuk penurunan pertama. Dalam video yang diunggah di akun Youtubenya pikap tersebut  mendarat dengan posisi kap mesin terlebih dahulu, dan hasilnya pikap tersebut terlihat buruk. Tetapi bagian kaki-kaki terlihat masih baik dan tidak ada bagian mobil yang terlepas.

Sayangnya, tidak ada kesempatan untuk memeriksa apakah mesin masih menyala karena menyewa helikopter untuk aksi ini menurut keterangan tim WhistlinDiesel menghabiskan biaya $ 100.000 per menit atau sekitar Rp 1,4 juta. Sungguh biaya yang tak main-main! Terniat.

Gambar menunjukan Hilux

Kondisi saat dilempar pada ketinggian 5.000 kaki

Karena memakan banyak biaya dalam prosesnya tim WhistlinDiesel kemudian mengaitkan kembali pikap tersebut ke helikopter dan pilot mulai naik ke ketinggian 10.000 kaki dari tanah. Kira-kira sekarang apa yang akan terjadi?

Dari helikopter dengan ketinggian tersebut pikap membutuhkan waktu 29 detik untuk jatuh ke tanah. Dampaknya luar biasa pikap tersebut sudah tidak berbentuk lagi! “Saya tidak berpikir Anda dapat mengemudikannya setelah ini. Saya tidak tahu!” kata tim WhistlinDiesel merespon bentuk Hilux dalam percobaaan di ketinggian terakhir.

>>> Honda Mobilio Berhenti Produksi di Filipina, Indonesia Ikutan?

Uji Hilux Tarik Excavator dan Ford F-450  

Sebelum melemparkan Hilux dari ketinggian 10.000 kaki. Youtuber WhistlinDiesel dalam video sebelumnya buat uji coba Hilux tarik Excavator dan Ford F-450 dengan total berat 13.607 kg. Dalam aksi gila lainnya ini apa yang terjadi? Bobot yang berat akhirnya membuat bagian belakang Hilux bengkok.

Gambar menunjukan Toyota Hilux

Kondisi saat dilempar pada ketinggian 10.000 kaki

Tetapi luar biasnya, Toyota berwarna merah itu masih mampu berjalan membawa semua beban yang disematkan. Dengan apa yang dilakukan akun YouTube WhistlinDiesel terhadap Toyota Hilux bukanlah hal yang baru. Serangkaian video yang dibuat tersebut bertujuan untuk membuat ulang eksperimen Top Gear dalam mencoba menghancurkan truk pikap Toyota Hilux.

>>> Mitos-mitos Ban yang Perlu Anda Ketahui

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top