Toyota Hiace Disulap Jadi Angkot Mikrotrans di Jakarta

09/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Share this post:
Toyota Hiace Disulap Jadi Angkot Mikrotrans di Jakarta
PT Transjakarta baru saja meluncurkan angkot Mikrotrans terbarunya yang diklaim lebih nyaman. Kali ini Transjakarta menggunakan Toyota Hiace sebagai armadanya.

Kendaraan umum di Jakarta perlahan-lahan mengalami peningkatan. Belum lama ini, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) meluncurkan angkutan kota alias angkot berupa The All New Mikrotrans

Berbeda dengan armada mikrotrans sebelumnya, layanan terbaru ini dirancang lebih nyaman karena dilengkapi AC. 

>>> Jauh Lebih Mewah, Kembaran Toyota Hiace Resmi Dijual di Jepang

Gunakan Toyota Hiace sebagai Armada

Transjakarta menggunakan Toyota Hiace sebagai uji coba armada mikrotrans di Ibu Kota. Di samping itu, kapasitas mobil juga lebih besar sehingga bisa menampung hingga 15 penumpang di dalamnya. 

"The All New Mikrotrans ini dirancang lebih nyaman karena dilengkapi dengan air conditioner (AC) serta lebih lega karena memiliki kapasitas yang lebih banyak yakni 15 orang saat kondisi normal. Selama pandemi dioperasikan dengan kapasitas sebesar 50 persen dari kapasitas normal atau maksimal tujuh orang," ujar Direktur Pelayanan PT Transjakarta, Achmad Izul Waro dikutip dari situs pemberitaan resmi Pemprov DKI Jakarta. 

Toyota Hiace Mikrotrans

Menggunakan Toyota Hiace sebagai armadanya

Selain itu, digunakan sebagai armada Mikrotrans Hiace juga dibekali sederet fitur lain seperti pintu sliding otomatis, buka dan tutup pintu dari pramudi, AC double (ducting), tv widescreen, kursi penumpang berbahan busa yang nyaman, CCTV dengan empat kamera + DVR, running text ada monitor, dan OBU (onboard unit). Kemudian terdapat pula fasilitas APAR, sabuk keselamatan, dan palu pemecah kaca. 

Saat ini, baru ada satu unit prototpe Mikrotrans yang tengah diuji coba selama enam bulan ke depan hingga Maret 2021. 

Mikrotrans Hiace ini beroperasi mulai pukul 05.00-10.00 dan penumpangnya tak dikenakan biaya. 

>>> Sejarah Toyota HiAce, Dari Pikap Hingga Bisnis Tour dan Travel nan Ekonomis

Diharap Jadi Daya Tarik untuk Masyarakat

Kehadiran Mikrotrans sendiri telah sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 29 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Umum dengan trayek yang mewajibkan pemakaian Air Conditioner (AC) dalam kendaraan dan pelayanan prima.

Toyota Hiace

Model baru Toyota Hiace

Menurut Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, dengan dioperasionalkannya layanan Mikrotrans, Pemprov Jakarta berhasil memprioritaskan aspek kenyamanan, keselamatan, keamanan, kerterjangkauan dan kesetaraan yang menjadi prinsip-prinship pemenuhan transportasi umum yang telah ditetapkan.

"Mikrotrans ini akan menjadi moda andalan warga dalam beraktivitas. Karena dengan adanya Mikrotrans, warga dari rumahnya dapat melangkah, melanjutkan aktivitas dari satu feeder ke feeder lainnya, ke halte yang sudah disiapkan Transjakarta maupun oleh MRT dan KRL," ujar Syafrin. 

Diharapkan kehadiran angkutan terbaru ini bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk masyarakat pengguna transportasi umum. 

>>> Klik sini untuk baca berita otomotif terbaru lainnya  

Share this post:
Dina Rayanti
Penulis
Dina Rayanti
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020

Berita lain

Rame-Rame ke Paris van Java, Berapa Harga Sewa Toyota HiAce di Bandung?

08/10/2019

Jual beli

4 menit

HiAce dari dulu memang identik sebagai kendaraan tour dan travel. Khususnya jika Anda berkeliling ke Paris van Java, harga sewa Toyota HiAce di Bandung bisa diperhitungkan jika Anda ingin mengangkut penumpang lebih dari 10 orang.

Lihat juga

Versi Mewah Hiace Resmi Diluncurkan Dengan Nama Toyota Majesty, Tampilan Mirip Alphard

20/08/2019

Mobil baru

3 menit

Menyusul peluncuran Toyota Hiace Premio di ajang GIIAS 2019, Toyota Motors Corp meluncurkan line up terbaru Toyota Majesty sebagai versi paling mewah dari Toyota Hiace di Thailand dengan tampilan mirip Toyota Alphard.

Lihat juga

Pilihan Mobil Bisnis Travel: Toyota Hiace 2017 vs Hyundai Starex Mover 2017

28/05/2019

Jual beli

5 menit

Bagi Anda pengusaha travel yang sedang mencari armada baru, kami memiliki dua pilihan mobil untuk bisnis Anda, Toyota Hiace 2017 dan Hyundai Starex Mover 2017. Mana yang lebih baik?

Lihat juga

Toyota Hiace 2017 Indonesia

07/02/2018

Editor rate:

PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan mobil Toyota Hiace pada ajang GIIAS 2017 silam. Mobil komersial generasi keenam besutan Toyota ini dihadirkan dengan kemampuan spesifikasi yang jauh lebih mumpuni dan memiliki tampilan desain yang berbeda dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak lupa mobil ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur penunjang di dalam kabin mobil. Review Toyota Hiace 2017 Indonesia secara lengkap akan dijabarkan dibawah ini.

Lihat juga

Review Toyota Hiace 2015

01/03/2018

Editor rate:

Pasar mobil MPV komersial di Indonesia memang cukup menjanjikan karena kebutuhan mobilitas masyarakat saat ini bisa dibilang cukup tinggi. Peluang pasar ini rupanya tidak ingin Toyota lepaskan begitu saja kepada pesaingnya. Dengan menggunakan Toyota Hiace sebagai MPV komersial, Toyota berusaha mengejar pasar yang selama ini lebih banyak dikuasai oleh mibil sejenis yang lebih murah. Seperti apa sebenarnya mobil yang mampu menampung 15 orang ini? Review Toyota Hiace 2015 bisa dibaca di bawah ini

Lihat juga