Toyota, Hadangan Baru Tesla untuk Kendaraan Listrik di Masa Depan

02/01/2018

Pasar mobil
Share this post:
Toyota, Hadangan Baru Tesla untuk Kendaraan Listrik di Masa Depan
Tesla sepertinya tidak akan melangkah dengan mudah dalam persaingan mobil listrik untuk tahun depan. Meskipun telah memimpin dalam beberapa langkah, Toyota akan menjadi pengganggu serius dalam persaingan ini. Toyota Motor Corp telah membuat komitmen serius untuk mengembangkan armada kendaraan listriknya.

Toyota mengumumkan pada tanggal 18 Desembar lalu bahwa mereka akan menawarkan versi listrik dari setiap model kendaraannya pada tahun 2025. Rencana ini untuk mencapai target penjualan kendaraan 5.5 Juta listrik pada tahun 2030. Penjualan ini mencakup 1 Juta kendaraan tanpa emisi, kendaraan berbaterai listrik, dan kendaraan dengan bahan bakar sel, mirip dengan Toyota Mirai.

Toyota Mirai berwarna biru yang sedang melaju di jalanan

Toyota Mirai, mobil flagship berbahan bakar hidrogen

Rencana ini memutuskan semua anggapan yang beredar selama ini yang mengatakan bahwa Toyota akan menghindar dari persaingan kendaraan listrik. Beberapa waktu lalu, Toyota sepertinya tidak begitu tertarik dengan semua produsen mobil lain yang menunjukan sikap sebagai pesaing Tesla, seperti yang telah ditunjukan Volvo beberapa waktu lalu.

>>> Baca Juga, Volvo Memperkenalkan Polestar sebagai pesaing Tesla

Pada 2025, konsumen bisa memiliki setiap model Toyota dan Lexus yang tersedia sebagai kendaraan listrik atau memiliki opsi listrik. Pilihan elektrik juga termasuk all-electric, plug-in hybrid, fuell cell, atau mobil hybrid. Toyota juga akan memperkenalkan lebih dari 10 model kendaraan listrik pada awal 2020an.

Logo Toyota Environmental Challenge 2050 untuk memperkecil efek rumah kaca dan emisi

Logo Toyota Environmental Challenge 2050

Perubahan sikap Toyota ini terkait dengan Toyota Environmental Challenge 2050 yang menangani masalah pemanasan global, polusi udara dan sumber daya serta pasokan energy yang terbatas. Kendaraan listrik unuk penumpang dan komersial akan diperluas mulai dari akhir 2020. Mobil hybrid akan mendapatkan pengembangan lebih lanjut melalui Toyota Hybrid System II.

>>> Baca juga berita seputar otomotif dunia disini

Toyota sebenarnya sudah menempatkan diri terhadap perkembangan otomotif saat ini. Hal ini bisa dilihat dari semua basis dan teknologi yang telah dikembangkan oleh Toyota, berupa baterai listrik, plug-in hybrid, sel bahan bakar hidrogen atau hybrid seperti yang ada pada Toyota Prius.

Review Toyota Prius yang menjadi andalan mobil hybrid Toyota

Pembuat mobil asal Jepang ini telah mengambil langkah untuk mempercepat penggabungan produknya. Pada akhir 2016, presiden dan CEO Toyota, Akio Toyoda, mengumumkan bahwa dia akan memimpin sebuah kelompok eksekutif yang mengawasi peluncuran kendaraan elektrik. Kabar ini akan memperjelas arah Toyotda dalam membuat kendaraan elektrik yang lebih kompetitif di mata konsumen.

Toyota tampaknya mengambil filosofi bisnis klasik dari Jepang, “kaizen”. Jika diterjemahkan, “kaizen” adalah pengembangan perbaikan terus menerus dalam produk dan teknologi perusahaan. Toyota, yang telah bertahun-tahun menjadi salah satu raksasa dunia otomotif, ingin mengambil strategi realistis dan hemat biaya untuk menjadi kompetitor Tesla.

>>> Untuk berita perkembangan mobil lainnya, klik disini

Share this post: