Toyota Gazoo Racing Ternyata Punya 4 Kasta

24/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Gazoo Racing bukan hanya membuat mobil balap dan turunannya, juga memproduksi mobil standar harian dengan sentuhan sporty dan komponen pendukung

Berdiri secara resmi pada April 2015, Toyota Gazoo Racing (TGR) menjadi rumah besar untuk mewadahi semua aktivitas motorsport Toyota yang selama ini tersebar melalui Gazoo Racing, Toyota Racing dan Lexus Racing. Melalui filosofi “Roads Build People and People Build Cars”, TGR punya misi khusus untuk meningkatkan performa mobil dan mengasah kemampuan para SDM yang terlibat di program tersebut.   

Selanjutnya, pengalaman di arena motorsport (terutama rally & Nürburgring) menjadi acuan untuk mengembangkan mobil baru. Belakangan TGR semakin melebarkan sayap bisnisnya. Jadi  bukan hanya mengembangkan mobil balap, juga membuat mobil “normal” dan produk lainnya yang menjadi line-up tersendiri malalui nama merek GR (Gazoo Racing). 

>>> Segini Biaya Servis Berkala Toyota Rush GR Sport 2021

Empat Kasta 

gambar toyota gr 

Tersedia empat kelompok pilihan produk mengikuti kebutuhan dan selera konsumen  

Dalam keluarga besar Toyota GR, terdapat klasifikasi produk yang terbagi menjadi empat kelompok alias kasta sesuai dengan kebutuhan konsumen. Dengan demikian, konsumen dapat menentukan sendiri pilihan yang paling tepat. Apakah hanya ingin sekadar tampil sporty atau memang berhasrat mempunyai spors car tulen.    

Toyota GRMN 

gambar toyota yaris

Toyota Yaris GRMN, hanya dibuat 400 unit saja untuk pasar Eropa

Kasta paling tinggi adalah Toyota GRMN (Toyota Gazoo Racing Master of Nürburgring) berupa mobil utuh yang dirancang khusus dan dikembangkan langsung oleh TGR. Memiliki  spesifikasi teknis terbaik untuk memberikan pengalaman mengemudi yang paling menyenangkan. Selain punya spesifikasi istimewa, Toyota GRMN paling eksklusif karena hanya diproduksi dalam jumlah terbatas untuk pasar Jepang dan Eropa. Saat ini semua model Toyota GRMN sudah habis terjual dan tidak diproduksi lagi. 

Model Tahun dan Produksi Pasar
86 GRMN 2016 (100 unit) Jepang
Century GRMN 2018 (2 unit, hitam dan putih, tidak dijual) Jepang
iQ GRMN 2009 (100 unit)   Jepang
iQ GRMN Supercharger  2012 (100 unit) Jepang
Mark X GRMN   2015 (100 unit), 2019 (350 unit)   Jepang
Vitz GRMN Turbo 2013 (200 unit) Jepang
Vitz GRMN 2018 (150 unit) Jepang
Yaris GRMN 2018 (400 unit) Eropa

Toyota GR

gambar toyota gr

Toyota GR Yaris dibuat sebanyak 25.000 unit 

Di bawah kasta TGMN ada model Toyota GR. Secara teknis, Toyota GR mengikuti konsep TGMN dalam hal pengembangan produk dengan metode reverse engineering berdasarkan pengalaman dalam ajang motorsport. Ada   tiga model Toyota GR—Toyota GR 86, Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris. Untuk model  Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris sudah habis terjual. Saat ini PT Toyota-Astra Motor sedang mempelajari semua aspek yang berkaitan  dengan Toyota GR 86. Jadi tunggu saja!  

Model Tahun Pasar
GR Supra 2019 Global
GR Yaris 2020   Jepang, Eropa, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Thailand, Malaysia, Indonesia, Philippines, Meksiko, Argentina, Taiwan
GR 86   2021     Global
                                 


Toyota GR Sport  

gambar toyota fortuner

Fortuner kini menjadi salah satu anggota keluarga Toyota GR Sport  

Toyota GR Sport menjadi "kasta" berikutnya setelah Toyota GR. Pada dasarnya, Toyota GR Sport tidak dikembangkan dari mobil balap atau mobil rally karena "bahan bakunya” berasal dari mobil versi produksi standar. Sentuhan TGR membuat Toyota GR Sport menjadi sporty car yang tampil lebih sporty dan dinamis,  juga terkesan eksklusif dan menarik perhatian di jalan.  

Model  Tahun  Pasar
Agya GR Sport 2021 Indonesia
Avanza Veloz GR Limited   2021 Indonesia
Camry GR Sport   2021 Rusia, Kazakhstan
Copen GR Sport 2019 Jepang  
Corolla/Corolla Altis GR Sport   2019 Eropa, Thailand, Taiwan, Brazil, Argentina
C-HR GR Sport   2019   Jepang, Eropa, Australia
Fortuner GR Sport   2021   Indonesia
Hilux GR Sport 2019 Afrika Selatan, Amerika Selatan 
Land Cruiser GR Sport 2021   Jepang, Timur Tengah, Australia, Afrika Selatan 
Noah/Voxy GR Sport   2017 Jepang  
Prius PHV GR Sport   2017 Jepang  
Raize GR Sport   2021   Indonesia
Rush GR Sport 2021   Indonesia
Vios GR-S 2021 Malaysia, Vietnam, Philippines
Yaris GR Sport (XP150) 2021 Indonesia

Toyota GR Part 

gambar oli tgr

 Toyota GR Part yang komprehensif untuk berbagai kebutuhan   

Toyota GR Part tersedia dalam berbagai pilihan seperti  komponen aero kit,  chassis kit, motor oil, chemical, coat series, injector cleaner, racing recorder. Tidak menutup kemungkinan pengembangan produk seperti apparel, merchandise yang dulu dilakukan oleh TRD. Komponen tersebut berlaku untuk model Toyota Gazoo Racing lama maupun model Toyota Gazoo Racing baru   

>>> Selain Avanza-Fortuner, Mobil Toyota Lainnya Bakal Punya Varian GR?

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top