Mobil Berbau Sporty Naik Daun, Toyota Gazoo Racing Jadi Jawabannya

20/08/2021

Pasar mobil

3 menit

Share this post:
Toyota Gazoo Racing adalah divisi khusus dalam keluarga besar Toyota yang bertanggung jawab mengembangkan aksesori stylish dan performa serta motorsport

Memanfaatkan momen Toyota Gazoo Racing yang sedang menjadi trending topic belakangan ini, PT Toyota-Astra Motor (TAM) merilis sejumlah produk dengan sentuhan TGR secara online  pada 19 Agustus 2021. Termasuk juga peluncuran Toyota GR Yaris yang ternyata kuotanya (127 unit) untuk Indonesia sudah terpenuhi semuanya.  

>>> Toyota Beri Sentuhan Gazoo Racing ke Yaris Cross

Tinggi Peminat

gambar fortuner gr

Segmen pasar Toyota GR semakin meluas hingga mencakup LCGC dan SUV 

Dalam kesempatan jumpa pers virtual 19 Agustus 2021, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, menyinggung tingginya minat konsumen Indonesia pada produk Toyota Gazoo Racing.

“Belakangan ini stylish model (model dengan tampilan sporty), meningkat penjualannya. Kalau dulu  digemari oleh konsumen pria, sekarang semakin banyak konsumen wanita yang menyukai stylish model. Selain itu, segmen pasarnya semakin luas. Jika dulu stylish model identik dengan sedan, kini sudah melebar ke segmen pasar LCGC dan SUV,” jelas Anton Jimmi Suwandy dalam tanya jawab dengan jurnalis. 

Laku Keras 

gambar gr yaris

Toyota GR Yaris, kuota 127 unit untuk Indonesia diperebutkan oleh 615 penginden 

Tingginya minat konsumen Indonesia terhadap produk Toyota GR terutama versi performa terlihat melalui Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris yang ternyata “sold out” di luar dugaan.

“Indonesia dapat alokasi Toyota GR Supra dan semuanya sudah habis. Begitu juga Toyota GR Yaris, terpaksa kami melakukan undian untuk menentukan konsumen,” kata Anton Jimmi Suwandy yang menjabat Direktur Pemasaran TAM sejak Januari  2019.  

gambar gr supra

Jatah 12 unit untuk Indonesia sudah terjual habis    

Sebagai tambahan informasi, Indonesia menerima kuota Toyota GR Supra sebanyak 12 unit yang seluruhnya terjual. Sedangkan jatah Toyota GR Yaris untuk Indonesia sebanyak 127 unit juga telah terjual habis. Karena inden berjumlah 615 pesanan, dilakukan undian pada 20 Agustus 2021 untuk memilih konsumen.  

Toyota GR 86

gambar gr 86

Peluang hadir di Indonesia? Tunggu saja karena masih dipelajari oleh TAM 

Terkait kehadiran Toyota GR Supra dan Toyota GR Yaris, bagaimana peluang Toyota GR 86 yang sudah dirilis secara global pada April 2021 untuk pasar  Indonesia?

Menurut Anton Jimmi Suwandy, “Saya belum bisa berkomentar banyak. Intinya kami masih dalam tahap persiapan untuk Toyota GR 86, jadi tunggu saja. Beberapa hari belakangan ini saya sering lihat video YouTube Toyota GR 86 yang dicoba media di Amerika Serikat di sirkuit dan di jalan. Tahun ini kami masih fokus ke Toyota GR Yaris dulu,” jelasnya. 

>>> Punya Nama Besar, Yuk Simak Sejarah Toyota Gazoo Racing

 
 

Sudah makan asam garam jadi wartawan, mulai dari wartawan kampus sejak 1988, dan jadi wartawan bidang otomotif sejak 1995. Pernah menulis untuk beberapa media top mulai dari koran, majalah dan tabloid. Tahun 2021 ia menulis untuk Cintamobil.com.

Sejak usia 3 tahun sering diajak ayah untuk membantu mengurus mobil dinas semisal membawakan alat kerja, minyak, fluida dan suku cadang. Akhirnya otomotif menjadi bagian hidup. 
Selepas kuliah dan sebelum wisuda, bergabung menjadi reporter tabloid Otomotif yang berada dalam naungan Kelompok Kompas Gramedia dengan bidang utama penulisan roda empat. Kemudian pindah ke Liputan6 dan mengisi berita untuk desk internasional. Lalu tahun 1998 bergabung dengan majalah Mobil Motor, majalah otomotif tertua di Indonesia (terbit sejak tahun 1970). 
Kemudian tahun 2003, pindah ke majalah Motor Trend (edisi Indonesia). Tahun 2009 kembali ke majalah Mobil Motor dan tahun 2014 mudik ke majalan Motor Trend. Pada tahun 2020 mengisi Otoblitz.net dan mulai tahun 2021 menulis untuk Cintamobil.com. 

Awards

  • 2003: Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Produk) 
  • 2007:  Juara 1, Lomba Menulis General Motors Indonesia (Review Teknologi)
 
back to top